PENGARUH PENERAPAN STRATEGI WRITING IN THE HERE AND NOW TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 1 DANAU KEMBAR
DOI:
https://doi.org/10.31629/jermal.v2i2.4163Kata Kunci:
Strategi writing in the here and now, Kemampuan, PuisiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi writing in here and now terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA N 1 Danau Kembar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan rancangan penelitian posstest only experimental design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMAN 1 Danau Kembar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Danau Kembar yang berjumlah 50 orang. Hasil penelitian kemampuan menulis puisi siswa tanpa menerapkan strategi writing in the here and now pada siswa kelas X SMAN 1 Danau Kembar memperoleh nilai rata-rata 61,33 berada pada tingkat penguasaan 56-65% berkulifikasi cukup. kemampuan menulis puisi siswa dengan menerapkan strategi writing in the here and now pada siswa kelas X SMAN 1 Danau Kembar memperoleh nilai rata-rata 71,73 berada pada tingkat penguasaan 66-75% berkualifikasi lebih dari cukup. . berdasarkan uji-t terdapa pengaruh penerapan startegi writing in the here and now terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMAN 1 Danau kembar Berdasarkan hasil uji-t, bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk = n1+n2-2 karena thitung > ttabel (4,39>1,68). Kemudian terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi writing in the here and now terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMAN 1 Danau Kembar.
Referensi
Andri Yanti Rosita, 2020. “Penerapan Strategi Writing In The Here And Now Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa di Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Negeri 014 Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto KamparAryanandaâ€ÂÂ. Skripsi. . Riau: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA Riau
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi Leni Mastuti. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi: Studi Deskriptif Pelaksanaan Pembelajaran, Factor Pendukung, dan Upaya Mengatasi Kendala. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora. Malang: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Hermansyah. 2018. Pengaruh Strategi Writing Int The Here And Now Terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMK Madyatama Palembang. Jurna Wahana Didaktika. Palembang: Dosen Universitas PGRI Palembang. Vol. 16.No. 3.
Komaruddin, N. 2012. Active Learning 101 strategi. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Silbermen, Melvin. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Media.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: aflabeta.
Priliyantari, N. W. S. 2014. Penerapan Teknik Ladang Kata dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Semarpura.E-jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, undiksha.Vol. 2.No. 1.
Ramadhani. 2020. Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Pangeran Antasari Medan Tahun Pembelajaran2020. Jurnal Bina Gogik. Sumatera Utara: STKIP Pangeran Antasari. Vol. 7.No. 1.
Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.
Tsalisatul Maulidah. 2020. Peningkatan keterampilan menulis dengan media gambar. Lamongan: Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Billfath. Vol. 2. No. 1.