PEMBELAJARAN ONLINE BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19: PERSPEKTIF SISWA SMP NEGERI 24 TEBO JAMBI

Penulis

  • Arlina Arlina SMP Negeri 24 Tebo

DOI:

https://doi.org/10.31629/jermal.v2i2.4118

Kata Kunci:

COVID-19, Pembelajaran Online, Bahasa Indonesia, Sekolah Menengah Pertama.

Abstrak

Studi penelitian ini mengkaji sikap siswa Sekolah Menengah Pertama di Indonesia terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama secara digital dan pembelajaran jarak jauh di tengah Coronavirus (COVID-19). SIswa kelas I-III disurvei untuk menemukan perspektif mereka tentang pembelajaran bahasa Indonesia secara online di Indoensia. Temuan penelitian ini menyoroti bahwa pembelajaran online pada pelajaran bahasa Indonesia tidak dapat memberikan hasil yang diinginkan di negara berkembang seperti Indonesia, dimana sebagian besar siswa tidak dapat mengakses internet karena masalah teknis dan keuangan. Kurangnya interaksi tatap muka dengan pengajar, waktu respon yang kurang dan tidak adanya sosialisasi di kelas adalah beberapa masalah lain yang disoroti oleh siswa Sekolah Menengah Pertama dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Referensi

Agung, I. M. (2020). Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 68-84.

Almuttaqi, A. I. (2020). Kekacauan Respons terhadap COVID-19 di Indonesia. Thc Insigjts, 13.

Amaliah, R. F., & Sudana, D. (2021). Menyelidiki Hubungan Guru-Siswa dan Bagaimana Korelasinya dengan Performa Menulis Siswa selama Pembelajaran Online. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 142-155.

Astuti, N. P., Nugroho, E. G. Z., Lattu, J. C., Potempu, I. R., & Swandana, D. A. (2021). Persepsi Masyarakat terhadap Penerimaan Vaksinasi Covid-19: Literature Review. Jurnal Keperawatan, 13(3), 569-580.

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.

Audie, N. (2019, May). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Batubara, D. S. (2018). Kompetensi teknologi informasi dan komunikasi guru sd/mi (potret, faktor-faktor, dan upaya meningkatkannya). Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 48-65.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta, Universitas Terbuka.

Bernard*, R. M., Brauer, A., Abrami, P. C., & Surkes, M. (2004). The development of a questionnaire for predicting online learning achievement. Distance education, 25(1), 31-47.

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis pembelajaran online masa wfh pandemic covid-19 sebagai tantangan pemimpin digital abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.

Dewi, N. P. (2020). Problematika Pembelajaran Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(1), 1-10.

Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi synchronous dan asynchronous dalam e-learning pada masa pandemic covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2).

Fathoni, A. (2019). Dampak Covic 19 dan Kebijakan PSBB Pemerintah terhadap UMKM di Wiyung Surabaya. Dinar: Jurnal Prodi Ekonomi Syariah, 3(1), 30-69.

Fitrian, R., & Dewi, R. (2021). Ragam Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Daring. Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Matematika), 118.

Hartati, I. (2020). Strategi Pembangunan SDM Kementerian Keuangan Republik Indonesia dalam Menghadapi Tantangan Era Disrupsi 4.0. Jurnal BPPK: Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan, 13(1), 109-129.

Ibnu Muttaqin, M. E. (2021). Komparasi Penggunaan Digital Tools pada Perkuliahan Daring di Masa Pandemi. JURUS JITU, 85.

Iskandar, A., Sudirman, A., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., Wahyuni, D., ... & Simarmata, J. (2020). Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK. Yayasan Kita Menulis.

Ladjar, M. A. B. (2021). OPTIMALISASI PEMAHAMAN MAHASISWA MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN DARING. AKADEMISI DAN JURUS JITU PEMBELAJARAN DARING, 49.

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100.

Majir, A. (2019). Blended Learning dalam Pengembangan Pembelajaran Suatu Tuntutan Guna Memperoleh Keterampilan Abad ke-21. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(28), 103-117.

Nofriansyah, D., Prayudha, J., Nurarif, S., Zulkarnain, I., & Syahril, M. (2021). Pemanfaatan Web and Mobile Based Test Untuk Optimalisasi Ujian Online dan Metode Multi RNG Sebagai Pola pengacakan Soal Di SMAIP Adzkia Dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid-19. ABDIMAS IPTEK, 1(1).

Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Chamidah, D., ... & Cecep, H. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Rokhani, C. T. S. (2020). Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 424-437.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.

Simarmata, J., Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., ... & Salim, N. A. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis.

Statistik Covid-19 diakses pada https://covid19.go.id/

Suryadi, A. (2020). Teknologi dan media pembelajaran jilid i. CV Jejak (Jejak Publisher).

Suryati, S. (2017). Sistem manajemen pembelajaran online, melalui e-learning. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 1(1).

Taufiqurrochman, T., Indrajit, R. E., & Fauzi, M. (2017). Penerapan Business Intelligence Dalam Pengambilan Keputusan Akademik Yang Tepat Untuk Perguruan Tinggi, Dengan Memanfaatkan Aplikasi Feeder PDDIKTI (Studi Kasus Pada Universitas Muhammadiyah Jakarta). Prosiding Semnastek.

Ulum, M. S., & Pamungkas, J. (2020). Analisis Kritis Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Online di Madrasah Ibtidaiyah Masa Pandemi COVID 19 (Solusi Menyelamatkan Masa Depan Anak-Anak Indonesia). MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 2(1), 17-35.

Usman, U., Budi, S., & Sari, D. N. A. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 11(2), 258-264.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-26

Cara Mengutip

Arlina, A. (2022). PEMBELAJARAN ONLINE BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19: PERSPEKTIF SISWA SMP NEGERI 24 TEBO JAMBI. Jermal, 2(2), 237–245. https://doi.org/10.31629/jermal.v2i2.4118