KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA
DOI:
https://doi.org/10.31629/jermal.v2i1.3681Kata Kunci:
Struktur, dinamika, kepribadian, nilai pendidikan karakterAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh utama, dan nilai pendidikan karakter yang ditanamkan tokoh utama Guru Desi dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Penelitian ini menggunakan pendekatan Psikologis dengan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Jenis pendekatan kualitatif dengan teori pendekatan psikologis sastra. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa informasi yang disusun dalam kata-kata untuk menggambarkan tindakan serta kutipan yang berkaitan dengan struktur, dinamika, kepribadian dan nilai karakter yang ditanamkan Guru Desi. Sumber data yang digunakan untuk meneliti yaitu novel Guru Aini karya Andrea Hirata diterbitkan oleh PT. Bentang Pustaka tahun 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik baca simak dan catat hasil yang diperoleh dari penelitian ini terdapat kepribadian Guru Desi yaitu berkemauan keras, idealis, bersemangat, sensitif, optimis, bersahabat, disiplin, tegas dan berani, cerdas, kreatif, mandiri, sarkastis dan kerja keras. Kepribadian ditemukan dari saling berpengaruhnya struktur kepribadian (id, ego, superego) dengan dinamika kepribadian (insting hidup, insting mati dan kecemasan). Selain itu, terdapat nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Guru Desi yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, gemar membaca dan tanggung jawab.
Referensi
Chomaira, Nurul. Tes Kepribadian Remaja Muslim. Surakarta: Al-Qudwah.
Darmiatun, Suryatri dan Bintoro. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Leoni, Tessa Dwi. 2017. Telaah Prosa Fiksi. Tanjungpinang: UMRAH Press.
Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: PT Perca.
Malik, Abdul. 2018. Materi Kuliah Penalitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Tanjungpinang: FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Narwanti, Sri. 2014. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Inti Media
Minderop, Albertine. 2011. Psikologi Sastra“Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus.â€ÂÂ. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Ricma. 2018. Dimensi Psikologis Manusia. Kudus: PT. Bumi Angkasa.
Sjarkawi. 2016. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Siyoto, Sandu dan Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter (Landasan, Pillar, dan Implementasi). Jakarta: Prenamedia Group.