KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMRAH ANGKATAN 2019 DALAM PERKULIAHAN DARING

Penulis

  • Ridho Rama Putra Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Isnaini Leo Shanty Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Siti Habibah

DOI:

https://doi.org/10.31629/jermal.v2i1.3679

Kata Kunci:

Gaya belajar, mahasiswa, perkuliahan daring, covid-19

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakterisitk gaya belajar yang dilakukan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Umrah angkatan 2019 dalam perkuliahan daring selama masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata, pendapat yang menggambarkan bagaimana karakter gaya belajar mahasiswa selama perkuliahan daring. Sumber data dalam penelitian ini merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Umrah angkatan 2019 dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket atau kuisoner kepada sampel mahasiswa, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini didapatkan gaya belajar mahasiswa selama perkuliahan daring lebih cenderung pada gaya belajar visual.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Status Pendekatan Praktik. Jakarta: Aneka Karya.

Hardiansyah. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung.

Intan, Astuti Dewi. 2017. Gaya Belajar Mahasiswa Keperawatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar. Skripsi tidak dipublikasikan. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar. Makasar.

Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Papilaya, Jeanete Ophilia., Huliselan, Neleke. 2016. Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip 15(1): 56-63. FKIP Pattimura. Semarang.

Subini, Nini. 2011. Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Yogyakarta: Javalitera.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tung, Khoe Yang. 2015. Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: Indeks.

Wahyuni, Yusri. 2017. Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal JPPM 10, no.2:128-132.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-04

Cara Mengutip

Putra, R. R., Shanty, I. L., & Habibah, S. (2021). KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMRAH ANGKATAN 2019 DALAM PERKULIAHAN DARING. Jermal, 2(1), 184–192. https://doi.org/10.31629/jermal.v2i1.3679