KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMRAH ANGKATAN 2019 DALAM PERKULIAHAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.31629/jermal.v2i1.3679Kata Kunci:
Gaya belajar, mahasiswa, perkuliahan daring, covid-19Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakterisitk gaya belajar yang dilakukan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Umrah angkatan 2019 dalam perkuliahan daring selama masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata, pendapat yang menggambarkan bagaimana karakter gaya belajar mahasiswa selama perkuliahan daring. Sumber data dalam penelitian ini merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Umrah angkatan 2019 dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket atau kuisoner kepada sampel mahasiswa, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini didapatkan gaya belajar mahasiswa selama perkuliahan daring lebih cenderung pada gaya belajar visual.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Status Pendekatan Praktik. Jakarta: Aneka Karya.
Hardiansyah. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung.
Intan, Astuti Dewi. 2017. Gaya Belajar Mahasiswa Keperawatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar. Skripsi tidak dipublikasikan. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar. Makasar.
Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Papilaya, Jeanete Ophilia., Huliselan, Neleke. 2016. Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip 15(1): 56-63. FKIP Pattimura. Semarang.
Subini, Nini. 2011. Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Yogyakarta: Javalitera.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tung, Khoe Yang. 2015. Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: Indeks.
Wahyuni, Yusri. 2017. Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal JPPM 10, no.2:128-132.