PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 TANJUNGPINANG

Penulis

  • Rina Setiawati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Indah Pujiastuti Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Dian Lestari Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/jermal.v2i1.3677

Kata Kunci:

Pembelajaran Daring Berbantuan LKPD, Hasil Belajar Daring Siswa

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk melihat pengaruh pembelajaran daring berbantuan LKPD terhadap hasil belajar daring siswa kelas VII pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 12 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring berbantuan LKPD dan hasil belajar daring siswa kelas VII pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 12 Tanjungpinang Tahun 2020/2021. Hal ini terbukti dari hasil penghitungan analisis regresi linear sederhana yang diperoleh dari koefisien determinasi yaitu R square = 0,152 x 100% = 15,2%.

Referensi

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bambang, Prasetyo dan Jannah, Lina Miftahul. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PBH, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fadhilaturrahmi. 2018. Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 2 No. 2 (Hlm. 62).

Juniartini, NME dan Rasna, IW. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Google Meet dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara untuk Pembelajaran Bahasa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa, Vol. 9. No. 2 (138).

Kadir. 2015. Statistika Terapan:Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Diseases (Covid-19). Jakarta.

Hasyim, M. 2014. Penerapan Fungsi Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Auladuna, Vol. 1 No. 2 (Hlm. 271).

Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran:Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.

Prastowo. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putria, Hilna., Maula, Luthfi Hamdani., dan Uswatun, Din Azwar. 2020. Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 4 No. 4 (hlm. 863).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, M. Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Sutikno, M. Sobry. 2014. Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-02

Cara Mengutip

Setiawati, R., Pujiastuti, I., & Lestari, D. . (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 TANJUNGPINANG. Jermal, 2(1), 152–163. https://doi.org/10.31629/jermal.v2i1.3677