PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 TANJUNGPINANG

  • Rina Setiawati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Indah Pujiastuti Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Dian Lestari Universitas Maritim Raja Ali Haji

Abstract

The background of this research is to see the influence of lkpd-assisted online learning on the online learning outcomes of grade VII students in Bahasa Indonesia subjects at SMP Negeri 12 Tanjungpinang Year 2020/2021. This type of research is quantitative research. The method used in this study is the ex post facto method. Data collection techniques used were questionnaire instruments and documentation. The data analysis techniques was done by using normality test, homogeneity test and simple linear regression test. The results of this study showed that there is significant influence between online learning assisted by LKPD and online learning outcomes of grade VII students in Bahasa Indonesia Subjects at SMP Negeri 12 Tanjungpinang Tahun 2020/2021. Proven from the results of simple linear regression analysis calculation obtained from the coefficient of determination Rsquare = 0.152 x 100% = 15.2%.

References

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bambang, Prasetyo dan Jannah, Lina Miftahul. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PBH, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fadhilaturrahmi. 2018. Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 2 No. 2 (Hlm. 62).

Juniartini, NME dan Rasna, IW. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Google Meet dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara untuk Pembelajaran Bahasa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa, Vol. 9. No. 2 (138).

Kadir. 2015. Statistika Terapan:Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Diseases (Covid-19). Jakarta.

Hasyim, M. 2014. Penerapan Fungsi Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Auladuna, Vol. 1 No. 2 (Hlm. 271).

Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran:Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.

Prastowo. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putria, Hilna., Maula, Luthfi Hamdani., dan Uswatun, Din Azwar. 2020. Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 4 No. 4 (hlm. 863).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, M. Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Sutikno, M. Sobry. 2014. Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Published
2021-09-02
How to Cite
Rina Setiawati, Pujiastuti, I., & Lestari, D. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 TANJUNGPINANG. Jermal, 2(1), 152-163. https://doi.org/10.31629/jermal.v2i1.3677