Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI periode 2012-2015)

Authors

  • Kiki Wulandari Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/bi.v5i2.4560

Keywords:

Profitabilitas, Efisensi Modal Kerja, CCC (cash convention cycle), Perputaran Piutang, Likuiditas, Leverage Ukuran Perusahaan

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk menguji beberapa faktor yang mempengaruhi Profitabilitas Perusahaan yaitu efisiensi modal kerja, likuiditas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas perusahan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2012 hingga 2015.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk menentukan sampel penelitian, sehingga didapat 9 perusahaan yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian menunjukkan untuk model regresi 1 bahwa variabel (1) efisiensi modal kerja (CCC) berpengaruh negative terhadap profitabilitas perusahaan. (2) Likuiditas berpengaruh positif terhadap profitabilitas perusahaan (3) Leverage tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan (4) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Sedangkan hasil untuk model regresi 2 menunjukkan bahwa variabel (1)efisiensi modal kerja (perputaran piutang) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. (2) efisiensi modal kerja (perputaran persediaan) berpengaruh positif terhadap profiabilitas perusahaan. (3) Likuiditas berpengaruh positif terhadap profitabilitas perusahaan. (4) Leverage berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. (5) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Wulandari, K. (2022). Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI periode 2012-2015). Bahtera Inovasi, 5(2), 129–138. https://doi.org/10.31629/bi.v5i2.4560