THE EFFECT OF THE ACTIVE LEARNING MODELS ASSISTED ANIMATED MEDIA TOWARD ACTIVITY AND PARTICIPANTS LEARNING RESULT

PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING BERBANTU MEDIA ANIMASI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Indah Nor Inayah Mahasiswa
Keywords: ACTIVE LEARNING

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Active Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA MAN Kota Palangka Raya materi pembelahan sel. Active Learning merupakan pembelajaran yang dapat memacu peserta didik aktif bertanya dan berpendapat. Keaktifan sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran karena dengan adanya partisipasi maka pemahaman lebih mendalam. Hasil observasi dan wawancara dengan guru MAN Kota Palangka Raya diperoleh informasi bahwa peserta didik cenderung pasif dan nilai ulangan materi pembelahan sel dibawah KKM. Keadaan tersebut dirasa perlu diselesaikan dengan menerapkan model Active Learning untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keaktifan dan hasil belajar. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa model Active Learning dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dengan persentase 84,90% dikelas eksperimen dan 58,85% dikelas kontrol. Model ini pun berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar peserta didik dengan rata-rata N-gain dikelas eksperimen sebesar 0,70 yang tergolong tinggi sedangkan dikelas kontrol sebesar 0,44 yang tergolong N-gain sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh model Active Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA MAN Kota Palangka Raya materi pembelahan sel.

 

Kata Kunci: Active Learning; Media Animasi; Hasil Belajar.

 

Published
2019-01-29