PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING BERBANTU MEDIA ANIMASI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Indah Nor Inayah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Nurul Septiana
  • Nanik Lestariningsih
Keywords: ACTIVE LEARNING, media animasi, keaktifan siswa

Abstract

ABSTRACT. This study aims to determine the effect of Active Learning model on the liveliness and learning outcomes of syudents in class XII MIPA MAN Kota Palangka Raya material cell division. Active Learning is a learning that can encourage avtive learners to ask and argue. Activeness is needed in learning activities because of the participation of the deeper undedrstanding. Observations and interviews with teacher of MAN Kota Palangka Raya obtained information that learners tend to be passive and replication value of cell division material under KKM. The situation is deemed necessary to be by applying the Active Learning model to determine its influence on the liveliness and learning outcomes. The sample was taken using puposive sampling technique. Based on the results of this study note that the Active Learning model can increase the liveliness of learners with the percentage of 84,90%in the experimental class and 58,85% in the control class. This model also affect the increase of students’ learning outcomes with average N-gain in the experimental class of 0,70 which is high while the control class is 0,44 whichis claaified as N-gain is. The conclusion of this research is the influence of Active Learning on the activity and learning outcomes of students of class XII MIPA MAN Kota Palangka Raya material of cell divisoin.

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Active Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA MAN Kota Palangka Raya materi pembelahan sel. Active Learning merupakan pembelajaran yang dapat memacu peserta didik aktif bertanya dan berpendapat. Keaktifan sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran karena dengan adanya partisipasi maka pemahaman lebih mendalam. Hasil observasi dan wawancara dengan guru MAN Kota Palangka Raya diperoleh informasi bahwa peserta didik cenderung pasif dan nilai ulangan materi pembelahan sel dibawah KKM. Keadaan tersebut dirasa perlu diselesaikan dengan menerapkan model Active Learning untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keaktifan dan hasil belajar. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa model Active Learning dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dengan persentase 84,90% dikelas eksperimen dan 58,85% dikelas kontrol. Model ini pun berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar peserta didik dengan rata-rata N-gain dikelas eksperimen sebesar 0,70 yang tergolong tinggi sedangkan dikelas kontrol sebesar 0,44 yang tergolong N-gain sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh model Active Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA MAN Kota Palangka Raya materi pembelahan sel.

References

Abdullah dan Husnawati. 2014. Analisis Teknik Bertanya Calon Guru Biologi dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Peserta didik untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Biologi Edukasi Edisi 13, 6(2):48.

Aksoy,Gokhan. 2013. Effect of Computer Animation Technique on Students Comprehensive of Solar System and Beyond Unit in the Science and Technology Course. Melvana International Journal of Education (MIJE), 3(1):40.

Al-Albani, M. Nashiruddin. 2008. Sifat Shalat Nabi SAW. Jakarta:Gema Insani.

Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2000. Media Pengajaran. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

Asiah, Nur. 2017. Analisis kemampuan Praktik Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Raden Intan Lampung.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1):23.

Astari, Chairunnisa. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Aktif (Active Leraning) Tipe Learning Start With a Question (LSQ) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XG SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

ER, Mustafa, Ugur Ultunay dan Irfan Yurdabakan. 2012. The Effect of Learning on Foreign Language Self-Concept and Reading Comprehension Achievement. International Journal on New Trends in Educstion and Their Implication,3(4):44-45.

Fadliyanur. 2017. Penerapan Strategi Active Learning dalam Pembelajaran Qur’an Hadits di MTs Al-Istiqomah Pengambangan Kota Banjarmasin. Tarbiyah Islamiyah,7(2):2.

Fadllan, Andi. 2010. Strategi Peningkatan Keterampilan Calon Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Aktif melalui MEI (Modelling, Enganging, and Integrating). Jurnal Kependidikan Dasar,1(1):23.

Fadliyanur. 2017. Penerapana Strategi Active Learning dalam Pembelajaran Qur’an Hadits di MTs Al-Istiqomah Pengambangan Kota Banjarmasin. Tarbiyah Islamiyah,7(2):2.

Falvo, David.A. 2008. Animation and Simulation for Teaching and Learning Molecular Chemistry. International Journal of Technology in Teaching and Learning,4(1):68.

Hamdani, Dedy, Eva Kurniati dan Indra Sakti. 2012. Pengaruh Model pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, X(1):82.

Haviluddin. 2010. Active Learning Berbasis Teknologi Informasi (ICT). Jurnal Informatika Mulawarman, 5(3):28-29.

Ismatulloh, A.M. 2015. Metode Dakwah dalam Al-Qur’an (Studi Penafsiran Hamka terhadap Q.S. An-Nahl:125).Lentera,IXX(2):165-166.

Jubaedah., Aris dan Yeti Nurizzati. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Planted Question untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII B MTsN 2 Kota Cirebon. Jurnal Edueksos,V(2):149.

Killian, Mark dan Hara Bastas. 2015. The Effect of an Active Learning Strategy on Students Attitudes and Students Performance in Introductory Sociology Classes. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning,15(3):54.

Kumara, Amitya. 2004. Model Pembelajaran Active Learning Mata Pelajaran Sains Tingkat SD Kota Yogyakarta Sebagai Upaya Peningkatan Life Skill. Jurnal Psikologi,(2):65.

Kusumawardani, Wahyu., Maridi dan Muzayyinah. 2016. Peningkatan Keaktifan Bertanya melalui Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Bio-Pedagogi,5(2):4.

Muhammad, Abdullah Bin. 2005. Tafsir Ibnu Katsir. Bogor:Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Mustolehudin. 2011. Tradisi Baca Tulis Dalam Islam Kajian Terhadap Teksi Al-Qur’an Surah Al-Alaq Ayat 1-5. Jurnal Analisa,XVIII(1):45-46.

Nurmala, Desy Ayu.,Lulup Endah Trialupi dan Naswan Suharsono. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha,4(1):7

Pradana, Lingga Nico. 2016. Keefektivan Metode Learning Start with a Question pada Pembelajaran Geometri. Profesi Pendidikan Dasar,3(1):14.

Rosida, Postalina dan Titin Suprihatin. 2011. Pengaruh Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas 2 SMU. Proyeksi,6(2):90.

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Peserta didik Aktif. Bandung: Nusamedia.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susatyo, Eko Budi dan Restu Yuliawati. 2009. Penggunaan Model Learning Start With A Question dan Self Regulated Learning Pada Pembelajaran Kimia,3(1):406-407.

Syafei, Febrianda Yenni., Suherman dan Yusmet Rizal.2012. Metode Active Learning Tipe Learning Start with a Question pada Pembelajaran Matematika di SMPN 33 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika,1(1):70.

Tarigan, Octapin A., Inu H. Kusumah dan Uli Karo Karo. 2016. Penerapan Model Active Learning Type Quiz Team untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1):124-125.

Utami, Dina. 2011. Animasi dalam Pembelajaran. Majalah Ilmu Pembelajaran,7(1):44-45.

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yigal, Rosen. 2009. The Effect of an Animation Based On-lineLearning Environment on Transfer of Knowledge and on Motivation for Science anad Technology Learning. Journal of Educational Computing Research, 40(4):3.

Published
2019-01-29