PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.31629/ph.v2i2.834Keywords:
Virtual Laboratory, Saintifik, BiologiAbstract
ABSTRACT. This research is to describe the result of the development of scientific based virtual laboratory for Biology subject at Senior High Schools, Indragiri Hilir, Riau. The type of this research is research and development (R&D), which intentionally and systematically is to discover, formulate, fix, develop, produce, test product efectivity, model, method/ strategy, service, certain superior procedures, the latest, effective, efficience, productive, and meaningful. The results of the research prove the use of scientific based virtual laboratory is practically employed for teacher (3.5) and students (3,28), validity (3.20), and effectiveness (70.7). Accordingly, virtual laboratory plays a vital role to overcome limited laboratory as a learning resources. Besides, virtual laboratory is one of effective learning media – illusion laboratory – which helps students in practical work so they achieve a good competence.
ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil pengembangan virtual laboratory berbasis pendekatan saintifik untuk mata pelajaran Biologi di SMA Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) yang secara sengaja, sistematis, bertujuan/diarahkan untuk mencari temuan, merumuskan, memperbaiki, mengembangkan, menghasilkan, menguji keefektifan produk, model, metode/strategi/cara, jasa, prosedur tertentu yang lebih unggul, baru, efektif, efisien, produktif, dan bermakna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan virtual laboratory berbasis pendekatan saintifik dinilai sangat praktis oleh guru (3, 5) dan peserta didik (3, 28), Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kehadiran Virtual laboratory sangat berperan baik untuk mengatasi keterbatasan labor sebagai sumber daya pembelajaran, selain itu Virtual Laboratory juga merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif mengingat fungsinya sebagai laboratorium maya yang sangat membantu peserta didik dalam pelaksanaan praktikum sehingga mampu mencapai kompetensi yang baik.
References
Amelia, T. 2013. Pengembangan Virtual laboratory Pada Materi Bioteknologi Untuk Peserta didik Kelas XII. Thesis. Universitas Negeri Padang.
Domingues, L., I. Rocha., F. Daurado, et al. 2010. Virtual laboratories in (bio) chemical engineering education. Elsevier Education For Chemical Engineers. 5 (2010): e22–e27.
Jaya, H. 2012. Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum Dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter Di. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 1: 89.
Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan BIOLOGI Indonesia. JPII 3 (1): 31.
Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Tatly, Z & A. AlBiologisa. 2013. Effect of a Virtual Chemistry Laboratory on Students’ Achievement. Educational Technology & Society, Vol. 16 (1): 159.
Tuysuz, C. 2010. The Effect of the Virtual laboratory on Students’ Achievement and Attitude in Chemistry. International Online Journal of Educational Sciences, ISSN: 1309-2707 VOL, 2 (1) : 39-40.