EFEKTIVITAS LKS IPA TERPADU BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KOGNITIF SISWA SMP KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.31629/ph.v2i2.833Keywords:
Efektivitas, LKS, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, problem based learningAbstract
ABSTRACT. One of the goals Curriculum 2013 is to form students are able to perform troubleshooting. In fact the problems found in the junior high school in Pekanbaru the problem solving and critical thinking of students have not been able to be trained optimally. Based on these problems need to be developed worksheets that trains student’s problem-solving ability. This research aims to know effectivity of Integrated Science student worksheet oriented Problem Based Learning model to cognitive of junior high school Class VII. This research was a quasi experimental research. The trial subject of the research were grade VII studens of SMP Negeri 23 Pekanbaru. The class used in the worksheet trial was chosen by looking at the normality dan homogenity of student test result. Hypothesis test was done using SPSS 16. The results of this research indicated that student’s cognitive learning outcome have value Sig 0,018. The conclusion of this research was Integrated Science student worksheet oriented Problem Based Learning model effective on student’s cognitive learning outcome.
ABSTRAK. Salah satu tujuan Kurikulum 2013 yaitu untuk membentuk siswa yang mampu melakukan pemecahan masalah. Kenyataannya, permasalahan yang ditemukan pada SMP di Pekanbaru kemampuan pemecahan masalah dan berfikir kritis siswa belum mampu dilatih secara maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dikembangkan LKS yang melatih kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas LKS IPA Terpadu Berorientasi model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap konitif siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Kelas yang digunakan dalam uji coba LKS dipilih dengan melihat normalitas dan homogenitas hasil ulangan siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa memiliki nilai Sig 0,018. Kesimpulan dalam penelitian ini LKS IPA Terpadu Berorientasi model Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.
References
Af’idah, A. R., Erman dan M. Budiyanto. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Korosi Besi Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bungah Gersikâ€ÂÂ. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa Vol. 1 (1) Hal. 66-70.
Ahmadi, I. K. dan S. Amri. 2014. Pengembangan dan Model PembelajaranTematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Bariroh, S. L., Muchlis, dan A. N. M. Fauziah. 2014. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Terpadu Berbasis Pembelajaran Berdasarkan Masalah Tema Polusi Cahaya Kelas VIII MTs Negeri Ngronggot Nganjukâ€ÂÂ. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa Vol. 02 (01) Hal. 123-128.
Jalilehvand, M. 2012. “The Effect of Text Lenght and Picture on Reading Comprehension of Iranian EFL Studentsâ€ÂÂ. Journal Asian Social Science Vol. 8 (3) Hal. 329-337.
Minarti, I. P., S. M. E. Susilowati, dan D. R. Indriyanti. 2012. Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Bervisi SETS Berbasis Edutainment Pada Tema Pencernaan. Journal of Innovative Science Education Vol 1 (2) Hal. 105-111.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Setyo, A. 2011. Pembelajaran Bermakna Berpendekatan SETS Pada Pelajaran Biologi Untuk Menumbuhkan Kepedulian Terhadap Lingkungan. Bioma Vol. 1 (2) Hal. 161-170.
Sudijono, A. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Tan, O.S. 2009. Problem-Based Learning And Creativity. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.