PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA BERBASIS POTENSI LOKAL, LITERASI LINGKUNGAN DAN SIKAP KONSERVASI
DOI:
https://doi.org/10.31629/ph.v2i2.832Keywords:
perangkat pembelajaran biologi, potensi lokal, literasi lingkungan, sikap konservasiAbstract
ABSTRACT. This research aims to develop high school biology teaching kits based on local potential, environmental literacy, and conservation in Kubu Raya Regency. This research used development method refers to the model Thiagarajan (2007). The definition stage carried out by identifying potential local Kubu Raya regency and analyze the needs of high school biology teaching kits. The design stage done to design a teaching kits format. The development stage of teaching kits already validated by 3 teachers of biology in Kubu Raya high school. Limited trial teaching kits done in class X SMAN 2 Kubu Raya. The average score validation results indicate that teaching kits worthy to use. The practicality of the taching kits test response on average 82% with criteria very well. The teaching kits is very effective learning based on student learning score value of 86.67%. Biology teaching kits have very valid criteria, practical, and effective way so that it can be implemented widely in biology learning at high school.
ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran biologi SMA berbasis potensi lokal, literasi lingkungan, dan sikap konservasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan (2007). Tahap pendefinisian dilakukan dengan mengidentifikasi potensi lokal Kabupaten Kubu Raya dan menganalisa kebutuhan perangkat pembelajaran biologi di SMA Kabupaten Kubu Raya. Tahap perancangan dilakukan untuk merancang format perangkat pembelajaran. Tahap pengembangan menghasilkan perangkat pembelajaran yang sudah divalidasi 3 orang guru biologi. Uji coba terbatas terhadap perangkat (RPP, bahan ajar, dan LKS) dilakukan di kelas X SMAN 2 Kubu Raya. Rata-rata skor hasil validasi menunjukkan bahwa semua perangkat pembelajaran layak digunakan. Kepraktisan perangkat (RPP, Bahan Ajar, dan LKS) pada uji coba mendapatkan respon rata-rata 82% dengan kriteria sangat baik. Perangkat pembelajaran sangat efektif berdasarkan nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 86.67%. Perangkat pembelajaran biologi memiliki kriteria sangat valid, praktis, dan efektif sehingga dapat diimplementasikan secara luas dalam pembelajaran.
References
Achyani. 2010. Pengembangan Model Penulisan Buku Pelajaran Biologi SMA Berwawasan Ekologi dan Berbasis Realitas Lokal. (Disertasi). Program Doktor Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Almutahar AM, Sutjipto DO, Sukandar. 2013. Analisis Strategi Pengelolaan Pelabuhan Perikanan Pantai Sungai Rengas Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. PSPK Student Journal 1(1): 1-10.
Handayani, Putri Lena dkk. 2013. Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk SMP Kelas VII Semester II. UNP.
Ibrohim. 2015. Pengembangan Pembelajaran Ipa/Biologi Berbasis Discovery/Inquiry dan Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Dan Sikap Ilmiah Serta Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Prosiding Semnas Sains & Enterpreneurship II. ISBN:978-602-99975-1-4
Ihat H. 2006. Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal di PKBM. Mimbar Pendidikan 1(25): 39-45.
Keraf AS. 2014. Filsafat Lingkungan Hidup: Alam Sebagai Sebuah Sistem Kehidupan. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Khusniati. 2014. Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3 (1): 67-74.
Lamasai, Muzria S dkk. 2014. Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 10 Gadung. Jurnal Kreatif Tadulako.Vol. 5, No.3. ISSN 2354-614X
Leksono, S.M. et al. 2013. Kemampuan Profesional Guru Biologi dalam Memahami dan Merancang Model Pembelajaran Konservasi Biodiversitas di SMA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 32 (3): 408-419.
Marlina R. 2013. Pemanfaatan Lingkungan Lokal dalam Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Terhadap Kerja Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Biologi. (Tesis). Program Magister Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Mumpuni, Kistantia Elok dkk. 2013. Potensi Tumbuhan Lokal Sebagai Sumber Belajar Biologi. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS.
Muthmainah dkk. 2016. Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Potensi Lokal pada Topik Ekosistem terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X. Proceeding Biology Education Conference. Vol.13 No. 2. ISSN: 2528-5742.
Ni’mah, Durrotun. 2016. Pengembangan Modul Gambar Proses Untuk Pembelajaran Fisika di SMA. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana. Vol. 1. ISBN. 978-602-9286-21-2.
Putri A, Suciati, Ramli M . 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cepogo. Jurnal BIOPEDAGOGI, 3 (2): 81-94.
Santoso AM. 2010. Konsep Diri melalui Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal sebagai Model Pendidikan Berkarakter dan Berbudaya Bangsa di Era Global. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI. Bandung: UPI.
Sitanggang, Netty Demak H dan Yulistiana. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Ekosistem Melalui Penggunaan Laboratorium Alam. Jurnal Formatif. Vol.5.No2. ISSN: 2088-351X.
Situmorang, Risya Pramana. 2016. Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains. Vol. 4, No.1.
Sukardi. 2016. Desain Model Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Ekonomi Kreatif Berdimensi Industri Keunggulan Lokal. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Th XXXV, No.1
Sujarwo, dkk. 2015. Model Pendidikan Sadar Lingkungan Masyarakat Korban Erupsi Merapi Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Cakrawala Pendidikan. TH.XXXIV, No. 1
Surata SP, Vipriyanti SU, Falk I. 2010. Social Network Analysis For Assessing Social Capital In Biosecurity Ecoliteracy. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17 (3): 238-244.
Valentine DA. 2015. Peningkatan Ecoliteracy Siswa dalam Pemanfaatan Kebun Karet Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24 (2): 223-231.
Victorino D. 2004. Global Responsibility and Local Knowledge System. Conference held in Egypt
Yunisfu. 2013. Pembelajaran Kimia Unsur Menggunakan Konteks Keunggulan Lokal Tambang Timah di Pulau Bangka dan Pengaruhnya Pada Literasi Sains Siswa SMA Kelas XII. [Tesis]. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung