Kajian Etnobotani dalam Indigenous Knowledge Arat Sabulungan Masyarakat Mentawai Sebagai Aplikasi Etnopedagogi dalam Materi Biologi pada Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.31629/ph.v8i1.7485Keywords:
Etnobotani, Indigenous Knowledge, Arat Sabulungan, Masyarakat Mentawai, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki integrasi etnobotani dalam pengetahuan asli Arat Sabulungan masyarakat Mentawai sebagai bagian dari implementasi etnopedagogi dalam kurikulum Merdeka. Suku
Mentawai di Indonesia dikenal dengan pengetahuan tradisionalnya yang kaya, khususnya dalam pemanfaatan tumbuhan dan nilai etnobotani. Metode tinjauan literatur sistematis, mengikuti kerangka kerja PRISMA,
digunakan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi literatur yang relevan dengan topik tersebut dari periode 2017-2024 sebanyak 498 dan dilakukan penyaringan menjadi 50 artikel. Studi ini menemukan bahwa integrasi
pengetahuan etnobotani ke dalam materi biologi sekolah mendorong siswa untuk belajar tentang tumbuhan dan manfaatnya dalam konteks kesehatan dan kehidupan sehari-hari, serta memperkuat pemahaman mereka tentang warisan budaya dan nilai-nilai berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan kolaborasi yang lebih erat antara pengetahuan ilmiah dan tradisional untuk menjaga keanekaragaman hayati dan lingkungan. Hal ini juga menyarankan perlunya kurikulum yang inklusif yang memberi tempat pada etnosains dalam pendidikan untuk melindungi warisan budaya dan memperkaya pengalaman pembelajaran biologi.
References
Aji, A. N., Aji, A. N., & Adham, M. J. I. (2021). Analisis Kearifan Lokal dalam Novel Burung Kayu Karya Nidurparas Erlang dan Relavansinya sebagai Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 3318–3331.
Amri, U., Ganefri, G., & Hadiyanto, H. (2021). Perencana Pengembang Dan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2025–2031. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.751
Ardhanari, M., Viphindrartin, S., & Nugrohadi, G. E. (2021). Phenomenology Study of the Socio-Economic Strengthening of the Mentawai Indigenous Peoples. Media Trend, 16(1), 123–129.
Azhari, D., Rosyidie, A., Sagala, S., Ramadhani, A., & Karistie, J. F. (2021). Achieving sustainable and resilient tourism: Lessons learned from Pandeglang tourism sector recovery. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 704(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/704/1/012007
Bagasbas, J. M., & Barroca, R. B. (2020). Development and evaluation of sago (Metroxylon sagu) pith extractor. Journal of Agricultural Engineering, 51(3), 140–147. https://doi.org/10.4081/jae.2020.1058
Chua, S. N. D., Kho, E. P., Lim, S. F., & Hussain, M. H. (2022). Sago palm (Metroxylon sagu) starch yield, influencing factors and estimation from morphological traits. In Advances in Materials and Processing Technologies (Vol. 8, Issue 2, pp. 1845–1866). Taylor and Francis Ltd. https://doi.org/10.1080/2374068X.2021.1878702
Cita, K. D., & Waluyo, P. (2021). Ethnobotany of medicinal plant used by Sundanese Ethnic at Nyangkewok Hamlet, Kalaparea Village, Sukabumi District. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 733(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/733/1/012032
Des, M., Indriati, G., & Sakerengan, S. (2017). Inventory of Drug Plant In Estuary Village Siberut District Siberut Southregency of Mentawai Islands. Bioscience, 1(2), 29–42.
Elfiondri, Zaitul, Pratimaratri, U., Kartika, D., & Amril, O. (2019). Indigenous tradition based-tourism development: Foreign tourist’s memorable tourism experience in Mentawai, Indonesia. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(6), 402–410. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7665
Fatimah, F. (2020). Ethnoecology of Mentawai on Utilization of Plants in Conservation Biodiversity in Siberut, West Sumatra. International Conference on Biology, Sciences and Education (ICoBioSE 2019), 226–229.
Febrian, A., Prasetyo, Z. K., Suyanta, S., Astuti, S. R. D., & Khaerunnisa, N. (2023). The Need Analysis of Ethno-Integrated Science Book Based on Pacu Jalur in Kuantan Singingi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(3), 591–607. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i3.30153
Hazra, S., Ray, A. S., Das, S., Das Gupta, A., & Rahaman, C. H. (2023). Phytochemical Profiling, Biological Activities, and In Silico Molecular Docking Studies of Causonis trifolia (L.) Mabb. & J.Wen Shoot. Plants, 12(7). https://doi.org/10.3390/plants12071495
Kemendikbud. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022.
Kitchenham, B. (2004). Procedures for performing systematic reviews (2004th ed., Vol. 33). Keele University.
Kurniawaty, I., Dahliyana, A., & Faiz, A. (2021). Kearifan Lokal Sunda dalam Kegiatan Rebo Nyunda dan Potensinya untuk Tujuan Wisata Pendidikan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 5035–50425. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1538
Masenya, T. M. (2022). Decolonization of Indigenous Knowledge Systems in South Africa. International Journal of Knowledge Management, 18(1), 1–22. https://doi.org/10.4018/ijkm.310005
Mazzocchi, F. (2020). A deeper meaning of sustainability: Insights from indigenous knowledge. Anthropocene Review, 7(1), 77–93. https://doi.org/10.1177/2053019619898888
Muzakir, M., & Suastra, W. (2024). Kearifan Lokal Suku Sasak sebagai Sumber Nilai Pendidikan di Persekolahan: Sebuah kajian Etnopedagogi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1), 84–95. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6067
Puspita, D., & Prasetyo, S. E. (2023). Studi Etnobotani Pulau Enggano, Provinsi Bengkulu. JURNAL BIOLOGI PAPUA, 15(1), 19–27. https://doi.org/10.31957/jbp.1761
Puspita, W., Sulaeman, A., & Damayanthi, E. (2019). Snack bar berbahan pati sagu (Metroxylon sp.), tempe, dan beras hitam sebagai pangan fungsional berindeks glikemik rendah. In The Indonesian Journal of Nutrition) (Vol. 8, Issue 1). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgi/
Sagugurat, R. P., & Aditiawarman, M. (2019). Semiology Analysis on Sikerei Tattoo in Taileleu Village, Southwest Siberut, Mentawai Island. Jurnal Ilmiah Langue and Parole, 2(2), 47–55.
Setiyaningsih, Dijaya, R., & Suprianto, S. (2021). Ethnosciences Based Augmented Reality on Botanical Garden. JUITA: Jurnal Informatika, 9(2), 173–180.
Shahfiz, M. A., Munian, K., Ruzman, N. H. A., Zakaria, N. A., & Fauzi, N. F. M. (2021). Introduction of Biological Parameters for Environmentally Sensitive Area (ESA) Classification for Permanent Forest Reserve: A Case Study Based on Small Vertebrates’ Assessments in Selangor. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 736(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/736/1/012066
Singh, M., Kaptchuk, T. J., & Henrich, J. (2021). Small gods, rituals, and cooperation: The Mentawai water spirit Sikameinan. Evolution and Human Behavior, 42(1), 61–72. https://doi.org/10.1016/j.evolhumbehav.2020.07.008
Suarmika, P. E., Arnyana, I. B. P., Suarni, N. K., & Marhaeni, A. A. I. N. (2020). Indigenous science: What we can learn?(the exploration of balinese local wisdom for science learning). Journal of Physics: Conference Series, 1567(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042016
Sukarismanti, S., & Samsudin, S. (2021). Integrasi Kearifan Lokal dalam Bahan Ajar Antropolinguistik sebagai Upaya Penguatan Pemahaman dan Karakter Mahasiswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 3339–3349. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1253
Syukma, E. D. (2021). Ethnobotanical Aspects of Mentawai Traditional Agricultural System (Pumonean) and Its Implications for the Conservation of Local Germplasm in Siberut, Mentawai, Indonesia. 3rd KOBI Congress, International and National Conferences (KOBICINC 2020), 176–181.
Virijai, F., & Asrizal, A. (2023). Development of Ethnophysics-Based Augmented Reality Assisted Digital Teaching Material for 21st Century Learning. Pendidikan IPA, Jurnal 9(11), Penelitian 9200–9209. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.4583
