Validitas Game Edukasi Klasifikasi Tumbuhan Berbasis Permainan Koa sebagai Media Pembelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.31629/ph.v2i2.725Keywords:
Validitas, Game Edukasi, Permainan Koa, game edukasi, koa, biologiAbstract
ABSTRACT. Based on observations, not many teachers or lecturers who use educational games are mainly to facilitate students in learning material about taxonomy, especially the classification of plants. Educational game classification of plants based on the koa game is expected to function to facilitate students in learning the classifications that are classified as difficult to memorize. This research is research development. Data collection was carried out by expert validation of educational games and data were analyzed using descriptive statistical analysis. Based on the results of the game education analysis obtained the value of the validity of the game education classification of plants is 89.13 with valid criteria. It can be concluded that the educational game based on koa game is valid, and practicality tests can be done to see the level of practicality of the game.
ABSTRAK. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, belum banyak guru ataupun dosen yang menggunakan game edukasi terutama untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi mengenai taksonomi khususnya klasifikasi tumbuhan. Game edukasi klasifikasi tumbuhan berbasis permainan koa diharapkan dapat berfungsi untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajari klasifikasi yang tergolong susah untuk dihafalkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan memvalidasi game edukasi oleh pakar dan data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis game edukasi didapatkan nilai validitas game edukasi klasifikasi tumbuhan adalah 89,13 dengan kriteria valid. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan game edukasi berbasis permainan koa yang valid dan selanjutnya dapat dilakukan uji praktikalitas untuk melihat tingkat kepraktisan game tersebut.
References
Anggraini, A. F., N. Erviana, S. Anggraini, D. D. Prasetya. (2016). “Aplikasi Game Edukasi Petualngan Nusantaraâ€ÂÂ. Prosiding SENTIA, Poleteknik Negeri Malang, Volume 8: 168-172.
Firdaus, H. (2016). “Istilah, Cara dan Strategi dalam Main ‘Koa’ (Ceki) Untuk Pemulaâ€ÂÂ. www.wonderfulminangkabau.com/koa-ceki/, diakses 26 Januari 2018.
Handriyantini. (2009). Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Malang: Sekolah Tinggi Informasi dan Komputer Indonesia.
Jaya, I. M., I. W. Sadia, dan I. B. P. Arnyana. (2014). “Pengembangan Perangkat Pembelajran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Setting Guides Inquiry untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Siswa SMPâ€ÂÂ. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, Vol. 14: 1-12.
Prasetiyo dan Sumarno. (Tanpa tahun). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Pengelolaan Limbah Berorientasi Kewirausahaanâ€ÂÂ. isjd.pdii. lipi.go.id/admin/jurnal/11116372_2086-5481, diakses 10 Januari 2018.
Pratiwi, H. E., H.. Suwono, dan N. Handayani. (2014). “Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Hybrid Learning ntuk Menuingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XIâ€ÂÂ. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, Pendidikan Hayati, Vol. 1, No.1: 1-12.
Purwanto, D., dan Yuliani. (2013). “Pengembangan Media Komik IPA Terpadu Tema Pencemaran Air sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SMP Kelas VIIâ€ÂÂ. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, Vol. 01, No. 01: 71-76.
Purwanto, M. N. (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sari K. W., S. Saputro, dan B. Hastuti. (2014). “Pengembangan Game Edukasi Kimia Berbasis Role Playing Game (RPG) pada Materi Struktur Atom sebagai Media Pembelajaran Mandiri untuk Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 3, No. 2: 96-104.
Sumbarrancak. (2014). “Istilah, Cara dan Strategi Jitu dalam Main Koa/ Ceki/ Peiâ€ÂÂ. tourdesumbar.wordpress.com/2015/09/23/cara-main-koa/, diakses 26 Januari 2018.
Suswina M. (2011). “Hasil Validitas Pengembangan Bahan Ajar Bergambar Disertai Peta Konsep untuk Pembelajaran Biologi SMA Semester 1 Kelas XIâ€ÂÂ. Ta’dib, Vol. 14, No. 1: 44-51.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Vitianingsih, A. V. (2016). “Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Diniâ€ÂÂ. Jurnal INFORM, Vol. 1, No. 1: 1-8.