Analisis Kompetensi Technological Pedagogical Content Knownledge (TPACK) dan CoRes (Content Representation) pada Materi Genetika

Authors

  • Sunarto Arif Universitas Pendidikan Indonesia
  • St. Syahirah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Venty Sugih Hartini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Adi Rahmat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Riandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v8i1.6931

Keywords:

TPACK, Content Representation, Genetika

Abstract

ABSTRACT.  Education plays a critical role in developing the potential of each individual, and the quality of the teaching and learning process is vital for the success of the education undertaken by students. Innovative learning designs that meet student needs are required. Genetic material in biology, which is complex and conceptual, requires deep understanding. Therefore, it is important for educators to use teaching strategies that allow students to better understand genetic concepts. The purpose of this study is to evaluate genetic teaching strategies including curriculum analysis, approaches, and the application of various models, methods, and media in learning. This research method is qualitative with a descriptive approach, aiming to describe current genetic teaching practices, including the use of TPACK by teachers. Data was collected through literature study with stages such as data collection, organization, analysis, interpretation, and conclusion with descriptive qualitative data analysis. The analysis results were verified by experts. The findings show that teachers have implemented various approaches, models, methods, and learning media. The success of the learning process greatly depends on effective teacher planning so that students can clearly understand the material. These findings provide useful information for teachers to implement TPACK in genetics learning.

 

Keywords: TPACK, Content Representation, Genetic

 

ABSTRAK.  Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan potensi setiap individu, dan kualitas proses belajar mengajar sangat menentukan keberhasilan pendidikan yang dijalani Peserta Didik. Diperlukan desain pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan Peserta Didik. Materi genetika dalam biologi, yang bersifat kompleks dan konseptual, membutuhkan pemahaman yang mendalam. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk menggunakan strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa memahami konsep genetika dengan lebih baik. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengevaluasi strategi pengajaran genetika yang mencakup analisis kurikulum, pendekatan, serta penerapan berbagai model, metode, dan media dalam pembelajaran. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan bertujuan untuk menggambarkan praktik pengajaran genetika saat ini, termasuk penggunaan TPACK oleh guru. Data dikumpulkan melalui studi literatur dengan tahapan seperti pengumpulan data, pengorganisasian, analisis, interpretasi, dan kesimpulan dengan analisis data secara kualitatif deskriptif. Hasil analisis diverifikasi oleh tenaga ahli. Hasil menunjukkan bahwa guru sudah menerapkan berbagi pendekatan, model, metode dan media pembelajaran. Kesuksesan proses belajar sangat bergantung pada perencanaan guru yang efektif sehingga siswa dapat memahami materi dengan jelas. Temuan ini memberi informasi yang berguna bagi guru untuk mengimplementasikan TPACK dalam pembelajaran genetika.

 

Kata Kunci: TPACK, Content Representation, Genetika

Author Biography

Adi Rahmat, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

References

Adiatma, L. H., Pranoto & Wahid, A. (2020). Aplikasi Visual Dna Manusia Menggunakan Augmented Reality Sebagai Sarana Media Pembelajaran. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika). 4 (1). 162-168. https://doi.org/10.36040/jati.v4i1.2359.

Agustami, R. P., Wiyanto & Alimah, S. (2017). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Terpadu Serta Implikasinya di SMP. Journal of Innovative Science Education. 6 (1). 96 – 103.

Aina, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Afektif Siswa Pada Materi Substansi Genetik Menggunakan Model Picture and Picture dan Media Audiovisual Serta Papan Tempel di Kelas XII SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Biodik Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 3 (2). 60-72. https://doi.org/10.22437/bio.v3i2.5498.

Aini, M. (2023). Implementasi Pembelajaran STEM Terhadap Keterampilan Komunikasi Oral pada Materi Genetika. SCIENING: Science Learning Journal. 4(2). 208 – 2013. https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.8189.

Amiruddin, A., Simajuntak, R., Meliala, H. P., Tarigan, N. & Ketaren, A. (2023). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5 (1). 5487 – 5492. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11934.

Anggriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Kode Genetik Dan Sintesis Protein Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas Xii Ipa 4 Sma Negeri 4 Pasuruan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Revolusi Pendidikan. 3 (2). 10 – 16. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/524.

Aia, E. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Genetik Melalui Model Pembelajaran Studnent Team Achievment Division di Kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 19 Palembang. Jurnal Edukasi. 6 (1). 25 – 36. https://doi.org/10.51836/je.v6i1.19.

Aqil, M. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Fotosintesis di SMA Negeri 1 Karangannyar. Jurnal Pendidikan Biologi. 16 (2). 145 – 152.

Aripin, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi. 17 (2). 189 – 196. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v18i2.36132

Asia, E. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Genetik Melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Di Kelas XII Mipa 5 Sma Negeri 19 Palembang. Jurnal Edukasi. 6 (1). 25-36. https://doi.org/10.51836/je.v6i1.19.

Azzahra, U. Arsih, F. & Alberida H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education. 3 (1). 49 – 60. https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.550.

Baruno, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Analisis pada Materi Genetik Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Terintegrasi Virtual Lab. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru. 6 (2). 176-182. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.202.

Bimantara, A., Susantini, E., & Lisdiana, L. (2014). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Keterampilan Proses Dasar Pada Materi Ekstraksi Dna Kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 3 (1). 310 – 313.

Fadillah, E, N., Angraini, E. (2018). Pengembangan Modul Praktikum Genetika Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Edubiotik. 3 (1). 34-42. https://dx.doi.org/10.33503/ebio.v3i01.77.

Febriani, W., Syamsurizal, Ristiono & Selaras, G. H. (2023). Validasi Pengembangan Modul Ajar Substansi Genetika berbasi Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7 (2). 15716 – 15721.

Fitriyah, A. & Ramadhani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM berbasis Pjbl (Project Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis Siswa. 10 (1). 209 – 226. https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642.

Gusti, U. K., Rahmi A. S. Sunandar, A. Rahmat, A., Kusnadi & Riandi. (2023). Analisis TPACK (Technological, Pedagogical, And Content Knowlodge) pada Materi Bioteknologi SMA/MA. 3 (1). 65 – 75. https://doi.org/10.25299/baej.2023.13057.

Hardiantini, L, R., Nitiasih, P, K. & Saputra, P, E, D. (2023). Pengembangan Materi Tambahan Bagi Siswa Cepat Belajar SMP Kelas 8. Jurnal Ikatan Keluarga Alumni Undiksa. 21 (2). 71-79.

Hasanah, I. H. (2017). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Prinsip-Prinsip Hereditas Melalui Pendekatan Analogi Di Kelas Xii Ipa 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ciamis. Jurnal Wahana Pendidikan. 4(1). 122-131. http://dx.doi.org/10.25157/wa.v4i1.390.

Hidayah, N, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Peta Konsep Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu Pada Materi Genetika. Journal of Natural Science and Integration. 2(2). 216 - 228. DOI: 10.24014/jnsi.v2i2.8091.

Inayah, N., Hidayat, M, T. & Nur, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Saintifik Pada Materi Hereditas Terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains. 10 (1). 1857-1873. DOI: 10.26740/jpps.v10n1.p1857-1873.

Irawan, D. S. S., Pagarra, H., & Adnan. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Materi Genetik Kelas XII SMA/MA. Jurnal Amal Pendidikan. 4(1). 21-32. DOI: 10.36709/japend.v4i1.36.

Isrika, R., Siburian, J. & Hamidah, A. (2022). Uji Kelayakan Panduan Praktikum Genetika Materi DNA Berbasis Inkuiri Terbimbing. Diklabio. 6 (1). 24-32. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.24-32.

Jannah, M. (2023). Literatur Review: Telaah Pembelajaran Biologi Materi Genetika Di Sekolah Menengah Atas. Normalita. 11 (3). 548-553.

Kapughu, N. M., Sumampouw, H. M. & Manoppo, J. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Genetika Audiovisual Menggunakan Drosophila Melanogaster Pada Konsep Pola Pewarisan Sifat di SMA Negeri 9 Manado. JSPB BIOEDUSAINS. 4 (2). 146 – 156.

Lase, K. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping Pada Mata Kuliah Genetika. Jurnal Edumaspul. 5 (2). 2580-0469. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2976.

Lauren, I., Harahap, F. & Gultom, T. (2016). Uji Kelayakan Penuntun Praktikum Genetika Berbasis Keterampilan Proses Sains Berdasarkan Ahli Materi dan Ahli Desain. Jurnal Pendidikan Biologi. 6 (1). 206 – 2012.

Lidi, M. W. & Haud, M. H. (2019). Penggunaan Media Animasi pada Mata Kuliah Biologi Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Mahasiswa Materi Genetika. D idaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. 3 (1). 1 – 9. https://doi.org/10.32502/dikbio.v3i1.1886.

Marleni, N. 2(021). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik dengan LKPD berbasis Inkuiri pada Materi Persilangan Mendel. Indonesian Journal of Teacher Education. 2 (1). 204 – 208.

Mertha I., Raksun, A. Syachruddin, A. & Bahri, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Preparat Kromosom Politen Drosophila Melanogaster Pada Guru - Guru biologi di Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 3(2):181-188. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.522.

Minakh, N. & Susantini, E. (2023). Kelayakan E-Flipbook berbasis Hands-minds on Activity untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir kritis pada Materi Genetika. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 12 (3). 664 – 672. https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n3.p664-672.

Mufidah, Y, I. (2018). Pengembangan Kemampuan CoRes (Content Representation) Calon Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Merangsang Siswa Berpikir Kritis pada Mahasiswa Semester VII STIT Raden Wijaya Mojokerto PROGRESSA Journal of Islamic Religious Instruction. 2 (1). 103-110.

Munawaroh, S. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Materi Pewarisan Sifat Menggunakan Discovery Learning Berbantuan Kartu Genetika. Prosiding The 3rd Annual Conference on Madrasah Teachers (ACoMT). 5 (12). 115 – 124.

Mustamin, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkat Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Galeri Pendidikan. 3 (1). 112 – 121.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 13 (2). 174 – 183. http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525.

Nainggolan, W, A., Sipahutar, M., Ramadhani, M, A., Thania, O, E. & Tanjung, I, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Genetika di MAS 1 Yaspi Labuhan Deli. Biodik. 9 (1). 79-86. https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19206.

Novembriyanto, D., Ratnasari, E. & Prastiwi, M. S. (2015). Kelayakan Media Slide Power Point Animated Interactive Pada Pokok Bahasan Sintesis Protein Untuk Sma Kelas XII. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 4 (1). 685 – 688.

Nugraha, T. S. (2023). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum. 9 (2). 251 – 262. http://dx.doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301.

Nurmalasari, Aidah, R. S., Diputri, R. L. D. Widianti, S., Suryanda, A., Pudparini, F. Dewahrani, Y. R. & Rini, S. D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Kromosom (KOKRO) pada Materi Kromosom Kelas XII Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 6 (1). 863 – 869. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6145.

Noviati, W. (2020). Kesulitan Pembelajaran Online Mahasiswa Pendidikan Biologi di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan MIPA. 10(1). 7 – 11. DOI: 10.37630/jpm.v10i1.258.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N. & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha. 8(2). 17 – 32. DOI: 10.23887/jeu.v8i2.28921.

Putri, C. E. B. Sunaryo & Kristianto, S. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Materi Substansi Genetika Siswa Kelas XII. Journal of Natural Science and Learning. 1 (1). 30 – 36.

Purnomo, F.A, Eko. H. P., Taufiqurrahman, N. P., Firma. S, & Inda, P. L. (2016). Pembuatan Game Edukasi Petualangan Si Gemul Sebagai Pembelajaran Pengenalan Daerah Solo Raya pada Anak. Jurnal Simetris UNS. 7 (2). 619 – 626.

Rahmadani, W., Harahap, F. & Gultom, T. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi di SMA Negeri Se-Kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (2). 279 – 285. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6546.

Rahim, S, P, A., Samsudin, M, A., Ismail, M, E., Talib, C, A., Amiruddin, M, H. (2020) Undergraduates’ Interest Towards Learning Genetics Concepts Through Integrated STEM Problem Based Learning Approach. Journal of University of Shanghai for Science and Technology. 22 (12). 1125-1149. http://dx.doi.org/10.35631/IJEPC.748003.

Radjabessy, S. A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Genetika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kelas Ix-3 Smp Negeri 2 Kota Ternate. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 8 (1). 81-103. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v8i1.1381.

Rais, M. A., Amin, M. & Lukiati, B. (2021). Pengembangan Pembelajaran Genetika Berbasis Inkuiri Berdasarkan Hasil Penelitian Analisis Variasi Gen Laju Ovulasi. Jurnal Pendidikan: Teori: Penelitian dan Pengembangan. 6 (10). 1562 – 1566. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15054.

Riyanti, T. Irmawanty & Fadhilah, N. (2022).Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Substansi Materi Genetik Di Sman 2 Luwu Utara Sulawesi Selatan. Junal Pendidikan. 23 (1). 16 -23. http://dx.doi.org/10.33830/jp.v23i1.2845.2022.

Roini, C. (2013). Analisis Perencanaan Pembelajaran Genetika Berpendekatan Konsep Pada Perangkat Pembelajaran Buatan Guru Sma Se-Kota Ternate. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS. 10 (1). 1 – 5.

Rusakova, A. & Baranova, S. (2021). The Inclusion Of Non-Tenured Staff In Institutional Quality Culture. Human, Technologies and Quality of Education. 1 (11). 766 – 779. https://doi.org/10.22364/htqe.2021.60.

Rz, R. I., Siburian, J. & Hamidah, A. (2022). Uji Kelayakan Panduan Praktikum Genetika Materi DNA berbasis Inkuiri Terbimbing. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 6(1). 24 – 32. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.24-32.

Saenab, S., Nurhayati dan Hamka. (2016). Humorous Power Point: Integrasi Humorous Power Point: Integrasi Humor dalam Pembelajaran Genetika. Jurnal Biology Science & Education. 5 (2). 112 – 14. https://doi.org/10.33477/bs.v5i2.491.

Sachyani, D., Waxman, P. T., Sadeh, I., Herman, S., Ferber, M. L., Yaacobi, M, Choresh, O., Link, E., Masa, S. R., Ginsburg, S. & Zion, M. (2023). Teachers’ views of Future-Oriented Pedagogy as part of inquiry-based molecular biology teaching in high school biology laboratories. Journal of Biological Education. 20 (2). 1-22. DOI: 10.1080/00219266.2023.2174157.

Sahidin, L., Kadir., Salim. & Prajono, R. (2022). Eksplorasi TPACK dalam Mendukung Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika. 13 (2). 212-227. https://doi.org/10.36709/jpm.v13i2.15.

Setiawati, G. A. D. (2019). Lesson Study dalam Mata Kuliah Genetika Melalui Model Problem Based Learning pada Program Studi Pendidikan Biologi UNMAS Denpasar. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). 1 (2). 63 – 71. http://dx.doi.org/10.31605/ijes.v1i2.257.

Siami, N, W. & Ana, R, F, R. (2023). Analisis Faktor Penyebab Siswa Teridentifikasi Lamban Belajar di SDN 1 Bono Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Iventa : Junal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7 (2). 167-177. https://doi.org/10.36456/inventa.7.2.a7810.

Siregar, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Animasi Terhadap Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah Dan Assesmen Kinerja Siswa Pada Konsep Sintesis Protein. Jurnal EduBio Tropika. 1 (2). 60-100.

Sulistiawati, Lubis, P. M. H., Hakim, L., Sulistyowati, R., Sugiarti , Lia, L. & Lefudin. (2022). Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Dalam Pembelajaran E-Learning Bagi Guru Smk Pembangunan Ypt Palembang. Wahana Dedikasi. 5(1). 71 – 80. http://dx.doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7026.

Wahyuningsih, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. 4 (1). 26 – 33. https://doi.org/10.30738/natural.v4i1.1861.

Wibowo, F. M. & Ramadhani, M. A. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Biologi untuk Peningkatan Pemahaman Materi Genetika. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi). 3 (3). 349-356. https://doi.org/10.29207/resti.v3i3.1058.

Wijayanto, B. (2017). Urgensi Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal Buana. 6(1). 54-60. DOI: 10.24036/geografi/vol6-iss1/178

Zainuddin, M. Wardhani, S. & Hidayat, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Peserta Sisik pada Materi Genetika melalui Sikap Ilmiah Peserta didik pada Materi Genetika melalui Model Cooperative Learning Tipe Peer Tutoring. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 6(2). 447 – 458. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i2.6329.

Zulfiana., Indana, S. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kwl (Know-Want-Learned) Materi Substansi Genetik Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 11 (2). 481-491. DOI: 10.26740/bioedu.v11n2.p481-491

Downloads

Published

2024-06-30