Efektivitas Penggunaan Herbarium Book Sebagai Media Pembelajaran Morfologi Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pasir Pengaraian

Authors

  • Dahlia Universitas Pasir Pengaraian
  • Nurhikmah Sasna Junaidi Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v8i1.6868

Keywords:

Herbarium book, Media Pembelajaran, Hasil belajar

Abstract

Media pembelajaran mempunyai peranan penting dalam menunjang proses pembelajaran. Seorang pendidik harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Penggunaan Media visual berupa herbarium book adalah salah cara yang bisa dilakukan. Media pembelajaran herbarium book mampu membantu mahasiswa dalam memahami materi yang disampaikan, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas pengunaan herbarium book sebagai media pembelajaran pada materi bangun daun terhadap hasil belajar mahasiswa semester 3 Biologi Universitas Pasir Pengaraian. Jenis penelitian penelitian ini adalah Quasi exsperiment. Rancangan yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiwa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UPP. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 3 Pendidikan Biologi FKIP UPP yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data  menggunakan uji validitas,  uji normalitas, uji homogenitas, dan beda rerata Wilcoxon dengan menggunakan bantuan software SPSS  16. Uji Wilcoxon memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05  dengan nilai mean pretest sebesar 26,04 dan mean posttest sebesar 68,79 maka H0 ditolak dan Ha diterima . Artinya, media herbarium book efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian.

References

Afif, M, Wisanti, dan Isnawati. 2014. Pengembangan Herbarium Paku-pakuan Sebagai MediA Realita Dalam Materi Keanekaragaman Tumbuhan Untuk Siswa Kelas X SMA. BioEdu Berkala ilmiah Pendidikan biologi. 3 (3): 472-478.

Afifah, N., Sudarmin, Widianti,T. 2014. Efektifitas Penggunaan Herbarium dan Insektarium Pada Tema Klasifikasi Mkhluk hidup Sebagai Suplemen Media Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VII MTs.Unnes Science Education Journal. 3 (2):494-501.

Asra, R., Asni,J., dan Bambang, H. 2019. Pemanfaatan media Herbarium untuk Meningkatkan hasil belajar Siswa di Pondok Pasantren AL Hidayah. Jurnal Karya Abdi Masyarakat. 3 (1): 41-46.

Asyhar,R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press: Jakarta.

Dikrullah. 2018. Pengembangan Herbarium Book Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Mata Kuliah Struktur Tumbuhan Tinggi. Jurnal Biotek. 6 (1): 15-25.

Djamarah,S.B.danZain,A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Fariroh, I., & Rusdiana, R. Y. (2022). Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Teknologi Pertanian Tugusari Melalui Herbarium Kering Dan Perpustakaan Mini. Jurnal Abditani, 5(2), 96-100.

Hamiyah dan Jauhar, M. 2014. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Hasugian,H dan Napitupulu, M,A. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Spermatophyta Siswa Yang Diajar Menggunakan Media Herbarium Dan Tanpa Herbarium Di Kelas X SMA Negeri 2 Kisaran. Jurnal Pelita Pendidikan. 4 (3): 40-44.

Hidayah, N dan Mucharomah, S,A. 2021. Validasi Ahli Terhadap Koleksi Herbarium Tumbuhan Yang Digunakan dalam Upacara Adat Tedhak Siti di Kabupaten Jombang. 1 (2): 53-61.

Lufri. 2007. Staregi Pembelajaran Biologi Teori, Praktek dan Penelitian. UNP Press: Padang.

Mahesa, S., Nerita, S., & Abizar, A. (2023). Pteridophyta in the Puncak Gaduang Area, Lubuk Basung, Agam Regency as a Learning Media for Plantae Materials. Journal Of Biology Education Research (JBER), 4(1), 42-50.

Minah, F,N., Mucharomah, S.A., dan Ospa, P,Y,M. 2018. Pengembangan Herbarium Pterydophyta yang Diperoleh Di Area Wisata Kedung Cinet Jombang Sebagai Media Pembelajaran Botani Tumbuhan Rendah. Journal of Educatio and Management Studies. 1 (2): 40-49.

Mertha, I.G., Idrus,A,I.,Ilhamdi, M,L dan Zulkifli. 2018. Pelatihan Teknik Pembuatan Herbarium Kering Dan Identifikasi Tumbuhan Berbasis Lingkungan Sekolah Di SMAN 4 Mataram. Jurnal pendidikan dan pengabdian masyarakat. 1 (1): 82-87.

Mualimaturrochmah, Retnoningsih,A, dan Rahayuningsih, M. 2020. Pteridophyta Herbarium Based on Science, Technologi, Engineering, and Mathematic in Plantae Material in Senior High School. Journal of Innovative Science Education. 9 (2): 126-135.

Murni,P.,Muswita.,Harlis.,Yelianti,U.,Kartika,W,D. 2015. Lokakarya pembuatan herbarium untuk pengembangan media pembelajaran biologi MAN Cendikia Muaro Jambi. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. 2 (30): 1-6

Nisaa,R,A.,Suci L.,Yuni,A. 2019. Training in Making Herbarium as an Development of Environmental – Based Biology Learning Media at Muhammadiyah 1 and 2 High School Tangerang . Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. 3 (01): 4-10.

Prayogo, M. S., Sakdiyah, U. S., & Fashokha, N. F. (2023). Pembuatan Media Herbarium Kering Dalam Pembelajaran Dikotil dan Monokotil di Madrasah Ibtidaiyah. EduBase: Journal of Basic Education, 4(2), 243-251.

Pujiasti, D. A., Dewi, C. K., &Muslihah, N. N. (2021). Analisis kelayakan media pembelajaran herbarium dalam meningkatkan kemampuan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Caxra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 22-28.

Rusman., Kurniawan,D dan Riyana,C.2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Rahmi, A., & Nurleli, D. (2023). Analisis Penggunaan Media Hibarium pada Pembelajaran IPA di Kelas 4 SDT Muhammadiyah 36 Denai. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 100-105.

Septiani, K.S, Noorhidayati, Riefani, M.K. 2020. The Validity of Question Wheel "Karunia" Learning Media in the Archaebacteria and Eubacteria Students of Class X IPA of SMAN 7 Banjarmasin. BIO-INOVED. 1 (2): 7-13.

Seshagirirao,K, Harikrishnanaik,L, Venumadhav,K, Nanibabu,B, Jamir, B, Ratnamma,B,K, Jena,R and Babarao, D,K. 2016. Preparation Of Herbarium Specimen For Plant Identification And Voucher Number. Education Article. Roxburghia 6(1-4): 111-119.

Susilo, M.J. 2015. Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium untuk Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah. Jurnal Bioedukatika. 3 (1): 10-15.

Suyanto dan Jihad,A. 2013. Menjadi Guru Profesional. Esensi Erlangga: Jakarta.

Taofik, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Membuat Herbarium Dan Insektarium Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Kecamatan Mlarak. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 4(2), 27-34.

Widjaya, A. F., Sulistina,A.,&Khaleda, I. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPA dengan Materi Struktur Bagian Tumbuhan dan FungsinyaMelalui Media Specimen Herbarium Kelas IV SDN 2 CikarangJampang Kulon Sukabumi. utile: Jurnal Kependidikan, XI(1), 62-71.

Downloads

Published

2024-06-30