Analisis Kesesuaian Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menurut Surat Edaran Kemendikbud No. 14 Tahun 2019 Berdasarkan Standar Proses Di SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.31629/ph.v6i2.6807Keywords:
biology learning, curriculum 2013, learning process standard, lesson planAbstract
Perkembangan pendidikan di Indonesia menuntut penilaian yang mendalam terhadap implementasi rencana pembelajaran di tingkat SMA/MA. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap kesesuaian komponen rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh Surat Edaran Kemendikbud No. 14 Tahun 2019, serta mempertimbangkan standar proses yang berlaku di SMA Negeri 1 Madang Suku III dan MA Darussalam Batumarta VI Kecamatan Madang Suku III. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jumlah populasi 50 guru SMA/MA di Kecamatan Madang Suku III. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu dua orang guru biologi yang mengajar pada kelas X. Hasil penelitian menujukkan komponen RPP yang dibuat telah masuk dalam kriteria sesuai. Pada RPP guru biologi SMA Negeri 1 Madang Suku III, komponen yang berada dalam kriteria sesuai adalah tujuan pembelajaran dan penilaian pembelajaraan serta beberapa komponen pelengkap lainnya. Namun pada komponen langkah-langkah pembelajaran termasuk dalam kriteria kurang sesuai sedangkan pada RPP guru biologi MA Darussalam Batumarta VI, komponen tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaraan serta komponen pelengkap lainnya termasuk dalam kriteria yang sesuai. Disarankan untuk guru agar terus mempelajari buku pedoman dan aturan standar pembuatan RPP, melakukan refleksi pada tujuan pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dan variatif, serta terus melakukan evaluasi pada pembelajaran.