Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Literasi Sains Pada Konsep Fungi Untuk Siswa Kelas X SMA

Authors

  • Rida Khastini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Masitoh
  • Indah Sari
  • Dwi Ratnasari

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v7i1.6744

Keywords:

LKS, literasi sains, fungi

Abstract

ABSTRACT.  The purpose of this study is to create a scientific literacy-based student worksheet (LKS) on the topic of fungus for grade X high school students. Thiagarajan et al.'s R&D design technique was modified to create the LKS since it only addresses the define, design, and develop phases. A student response questionnaire and product feasibility test instruments from media and subject matter experts were the tools employed in this study. Based on evaluations by media professionals and subject matter experts, the LKS's feasibility received scores of 86.3% and 95.3%, respectively, exceeding the requirements for being extremely practical. A score of 87.7% on the student response test indicated good feasibility. Expert feasibility tests and student answers support the conclusion that the science literacy-based learning kit (LKS) for grade X high school students focusing on fungus is a highly appropriate teaching resource for biology.

 

ABSTRAK.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis literasi sains pada konsep fungi untuk siswa kelas X SMA. LKS dikembangkan dengan metode R&D desain Thiagarajan et al. dengan modifikasi karena pada penelitian ini hanya meliputi tahap define, design, dan develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument uji kelayakan produk oleh ahli materi dan ahli media serta angket respon siswa. Berdasarkan penilaian ahli materi, kelayakan LKS memperoleh nilai 95,3% dan penilaian ahli media memperoleh nilai 86,3% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji respon siswa memperoleh nilai 87,7% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan uji kelayakan ahli dan respon siswa dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis literasi sains pada konsep fungi untuk siswa kelas X SMA sangat layak digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas X SMA pada mata pelajaran biologi.

 

 

References

Abidin, Y., T. Mulyati., & H. Yunansah. 2018. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara, Jakarta : xii + 320 hlm.

Aima, Z., M. Suryani & Afrilinita. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Realistik pada Materi Segi Empat. Jurnal Pelangi. 8 (2): 237-242

Ardianto B, Rubini B (2016) Literasi Sains Dan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Shared. Unnes Science Education Journal 5 (1):1167-1174

Asyhari, A., C.G Putri. 2017. Pengaruh Pembelajaran Levels of Inquiry Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Scienteae Education. 6(2): 87-101

Cairney, P., & Kippin, S. (2022). The future of education equity policy in a COVID-19 world: a qualitative systematic review of lessons from education policymaking. Open research Europe, 1, 78. https://doi.org/10.12688/openreseurope.13834.2

Corley, M. A., & Rauscher, W. C. (2013). Deeper learning through questioning. TEAL Center Fact Sheet. The Teaching Excellence in Adult Literacy (TEAL) Center. Retrieved from https://lincs.ed.gov/sites/default/files/12_TEAL_Deeper_Learning_Qs_complete_5_1_0.pdf

Khastini, R. O., Wahyuni, I., Saraswati, I., Alimuddin, A.,& Nuangchalerm, P. (2019). Ethnobotanical study of medicinal plants utilized by the Baduy tribe used as a learning resource.JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(2), 196-206. doi: https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i2.7219

Kurnia, F., Zulherman & A. Fathurohman. 2014. Analisis Bahan Ajar Fisika SMA kelas IX di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 1(1) : 43-47

Kurnia, F., Zulherman & A. Fathurohman. 2014. Analisis Bahan Ajar Fisika SMA kelas IX di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 1(1) : 43-47

Messi & Harapan E,. 2017. Menanamkan Nilai-nilai Kejujuran didalam Kegiatan Madrasan Berasrama (Boarding School). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan.10 (1): 278-290

Organisation For Economic Cooperation and Developman. 2016. Programme For International Student Assesment (PISA) Result From PISA 2015. 8 hlm. http://www.oecd.org.edu/pisa 05 januari 2018, pk 01.04

Susiani. 2017. Validitas Dan Efektivitas LKS Berbasis Literasi Sains Pada Materi Tumbuhan Untuk Siswa Kelas X. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(1): 60--67.

Thiagarajan, S., D. S. Semmel & M. I. Semmel. 1974. Intructional Development For Training Teachers Of Exceptional Childern. Indiana University Bloomington, Indiana : x + 193 hlm.

Downloads

Published

2024-07-17