Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Etnobotani Berbasis Sains Keislaman
DOI:
https://doi.org/10.31629/ph.v7i1.6738Keywords:
Buku Ajar, Etetnobotani, Sains Keislaman.Abstract
Ketersediaan buku ajar merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujujan untuk mendeksripsikan kebutuhan mahasiswa Program Studi Tadris Biologi IAIN Kerinci terhadap buku ajar etnobotani. Metode peneltian menggunakan deskriptif eksploratif dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa semester enam program studi tadris Biologi IAIN Kerinci sebanyak 30 orang. Mahasiswa yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa yang telah atau sedang menempuh mata kuliah etnobotani. Sampel penelitian diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan angket mahasiswa. Adapun teknik analisis data yaitu secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya kebutuhan terhadap pengembangan buku ajar etnobotani berbasis sains keislaman.
References
Angela, L., Alfian, M., & Herningrum, I. (2022). Studi Etnobotani Pada Prosesi Pernikahan Masyarakat Desa Tanjung Pauh Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmiah Biosaintropis (Bioscience-Tropic), 8(1), 27-32.
Angelina, S. (2021). Literature Review Sistematis tentang Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA di SMP.
Anugrahana, A. (2019). Pengembangan modul sempoa sebagai alternatif dalam mata kuliah inovatif matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 462-470.
Artha, P. Y. G., Saptasari, M., & Mahanal, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Etnobotani melalui Studi Etnobotani Kawasan Masyarakat Lokal Desa Trunyan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 603-607.
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Ginting, R. U. (2013). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar dan Belajar Mandiri dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar Termodinamika Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(01), 1-7.
Guntur, A. G., Dharmono, D., & Sri, A. (2019). Validitas Buku Etnobotani Tumbuhan Maranthes corymbosa di Kawasan Hutan Bukit Tamiang Kabupaten Tanah Laut.
Hartini, T. I., & Martin, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Sistematis terhadap Hasil Belajar Fisika Dasar 2 Materi Listrik Arus Searah pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 163-174.
Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar mata kuliah pengantar profesi guru biologi di pendidikan biologi universitas ahmad dahlan yogyakarta. BIO-PEDAGOGI, 7(2), 96-99.
Istiawan, N., & Kusdianto, H. (2018). Pengaruh bahan ajar myologi berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa PJKR pada mata kuliah anatomi. Jp. Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 2(1), 13-19.
Kurniasari, D. A. D., Rusilowati, A., & Subekti, N. (2014). Pengembangan Buku Suplemen IPA Terpadu dengan Tema Pendengaran Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 3(2).
Kurniawan, W., Pujaningsih, F. B., Alrizal, & Latifah, N. A. (2018). Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Bahan Ajar sebagai Acuan Pengembangan Modul Fisika Gelombang Bola dan Tabung. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 17–23.
Luzyawati, L., & Lissa, L. (2020). Pengembangan buku ajar biodiversitas berbasis kajian etnobiologi suku dayak losarang. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(1), 173-184.
Mukmin, Bagus Amirul, And Farida Nurlaila Zunaidah. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Delikan Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Kota Kediri.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi. Doi: 10.24235/Al.Ibtida.Snj.V5i2.2788.
Nomleni, F. T., Manu, T. S. N., Daud, Y., & Meha, A. M. (2020). Buku Ajar Etnobotani Masyarakat Lokal Desa Kakaniuk. Penerbit Lakeisha.
Nurfatma, N., Dharmono, D., & Amintarti, S. (2020). Validitas Buku Ilmiah Populer Etnobotani Tumbuhan Leucosyke capitellata di Kawasan Hutan Bukit Tamiang Kabupaten Tanah Laut. Wahana-Bio: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 12(2), 115-124.
Othman, M. R., Ahmad, K., Yusoff, Z. M., Awang, K., Ariffin, M. F. M., & Othman, R. (2021). Lawsonia inermis Linn.(Inai) dalam Perspektif Hadith: Aplikasi dalam Etnobotani Melayu dan Kehadiran Aktiviti Antioksida. Islamiyyat: International Journal of Islamic Studies, 43(1).
Paredes, R., Hopkins, A. L., & Villanueva, F. (2020). Ethnobotany in the north coast of Peru: Use of plants in the fishing community of huanchaco for subsistence. Economic Botany, 74, 32–45.
Prastowo, A. (2018). Pengembangan bahan ajar tematik tinjauan teoretis dan praktik. Yogyakarta: Kencana.
Purwanto, Y. O. H. A. N. E. S. (2020). Penerapan Data Etnobiologi Sebagai Wahana Mendukung Pengelo-laan Sumber Daya Hayati Bahan Pangan Secara Berkelanjutan. In Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia (Vol. 6, No. 1, pp. 470-483).
Ridanti, C., Dharmono, D., & Riefani, M. K. (2022). Kajian Etnobotani Aren (Arenga pinnata Merr.) Di Desa Sabuhur Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 200–215.
Salem, M. A., Perez de Souza, L., Serag, A., Fernie, A. R., Farag, M. A., Ezzat, S. M., & Alseekh, S. (2020). Metabolomics in the context of plant natural products research: From sample preparation to metabolite analysis. Metabolites, 10(1), 37
Setyawan, D., Al-Mudhar, M. H. I., & Saptasari, M. (2021). Studi Kebutuhan Bahan Ajar Matakuliah Etnobotani untuk Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(6), 869-873.
Siteppu, B. P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sitepu, B. P. (2014). Pengembangan sumber belajar.
Soleha, S., Maharta, N., & Rosidin, U. (2017). Pengembangan Buku Suplemen Siswa Berbasis Multi Representasi pada Materi Hukum II Newton. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 31-40.
Sukaesih, S., & Kartijono, N. E. (2014). Pengembangan buku ajar microteaching biologi berbasis kompetensi dan karakter konservasi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).
Taher, T. (2022). Etnobotani tumbuhan obat etnis gamkonora di Kabupaten Halmahera Barat sebagai bahan pengembangan buku ajar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Walujo, E. B. (2017). Sumbangan ilmu etnobotani dalam memfasilitasi hubungan manusia dengan tumbuhan dan lingkungannya. Jurnal Biologi Indonesia, 7(2).