Pengaruh Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Ekosistem

Authors

  • Andini Novianti Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nevrita Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Adam Fernando Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v7i2.6727

Keywords:

Hasil Belajar, Motivasi, Role Playing.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode role playing terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X IPA MAN Tanjungpinang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara total sampling.  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes (post-test) untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar angket untuk mengukur motivasi siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode role playing. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis hasil tes, analisis data angket motivasi, analisis data observasi keterlaksanaan, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh menunjukkan hasil uji T dan uji F, yaitu: 1). terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode role playing terhadap hasil belajar siswa: 2). terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode role playing terhadap motivasi siswa: 3). terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode role playing terhadap hasil belajar dan motivasi siswa. Metode role playing ini dapat direkomendasikan sebagai metode pembelajaran alternatif untuk menunjang proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa di dalam kelas pada pembelajaran Biologi.

 

References

Andriani, R., & Rasto, R. 2019. Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Anggita, N., Rasyid, H.R.E., & Aswadi. 2019. Pengaruh Metode Role Playing terhadap Pembelajaran Drama. Jurnal Cakrawala Indonesia.Vol 4(2)

Asilestari, P.2019. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Teknik Ego-Involvement di Kelas IV SDN 008 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 5(3)

Azizi, AI., & Irwansyah. 2020. Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa. Bioscientist:Jurnal Ilmiah Biologi, 8(2).

Has, N. 2020. Pengaruh Metode Role Playing Pada Materi Pokok Dunia Hewan Terhadap Hasil Belajarr :Siswa Kelas X Sma Negeri 9 Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar

Hasyim., & Mauliana, N. S. 2022. Pengaruh Metode Role Playing terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiah. Jurnal Ibtida. Vol 3(2).

Johariah. 2021. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) pada Pembelajaran Sholat Jumat. Jurnal Ilmiah IKIP Matairam, Vol 8(2)

Khatimah, K., AIzisah, ST., & Maulana, A. 2022. Kompetensi Guru dalam Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Kurikulum 2013. Jurnal of Management Education. Vol 2(1)

Lestari, E. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusa Kelas XI SMAN 2 Pinrang. Universitas Islam Negeri AIlauddin Makassar.

Maigdailenai, I., Faijriyaiti I.N., Raisid, E. AI., & Diaisty, N. T. 2020. Tigai Rainaih Taiksonomi Bloom Dailaim Pendidikain. In EDISI: Jurnail Edukaisi dain Saiins (Vol. 2, Issue1).https://ejournail.stitpn.aic.id/index.php/edisi

Muawanah, E. I., & Muhid, A. 2021. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid- 19. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. Vol 12(1).

Paudi, Z. I. 2020. Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 111–120. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14022

Rahman, S. 2021. Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal PPG, Vol 3(2)

Rosyid, Zaiful., Mustajab., A. A. R. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Downloads

Published

2024-08-16