Pengembangan Media Belajar Kartu UNO Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31629/ph.v7i1.5706Keywords:
Media Belajar, Kartu UNO, Sistem PencernaanAbstract
Media pembelajaran dapat membantu kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan kartu UNO sebagai media pembelajaran sistem pencernaan (UNO SISCER). UNO SISCER dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah tiga orang validator dan beberapa siswa yang sudah mempelajari sistem pencernaan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Data dianalisis secara deskriptif. Desain UNO SISCER berjumlah 108 kartu, yang terdiri dari 29 kartu materi, 21 kartu master, 21 kartu pertanyaan, 21 kartu jawaban, dan 16 kartu simbol. Setiap kartu UNO memiliki UNO memiliki 4 warna yang berbeda sesuai dengan sub topik sistem pencernaan. Desain UNO SISCER dinilai sangat layak oleh ahli, dengan skor 98%, 89%, dan 75%. Respon siswa sangat dengan persentase rata-rata mencapai 92.21%. Oleh karena itu, UNO SISCER sangat cocok untuk diujicobakan dalam skala besar untuk digunakan seebagai media pembelajaran pada materi sistem pencernaan.
References
Angkotasan, N., Tonra, W. S., & Taib, S. (2019). The excess of Kahoot for pre-service teacher as an evaluation tool. International Journal on Teaching and Learning Mathematics, 2(1), 15. https://doi.org/10.18860/ijtlm.v2i1.9115.
Dwipayana, P. A. P., & I Wayan Redhana, P. P. J. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA SMP. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. 3(April): 49-60. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/24628/14925.
Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315
Hasan, M., & et al. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran. Tahta Media Group.
Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Jurnal) SNF2015, IV, 49–54. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4810.
Herawati, H. (2018). Memahami proses belajar anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IV(1), 27–48.
Hidayatulloh, S., Praherdhiono, H., & Wedi, A. (2020). Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 199–206. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p199.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349.
Larassati, L., & Nurseto, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Uno. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 16(1), 8–15. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7143.
Licorish. (2018). Student perception Kahoot. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 13(9), 1–24. https://telrp.springeropen.com/articles/10.1186/s41039-018-0078-8.
Marpanaji, E., Mahali, M. I., & Putra, R. A. S. (2018). Survey on How to Select and Develop Learning Media Conducted by Teacher Professional Education Participants. Journal of Physics: Conference Series, 1140(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1140/1/012014.
Miftah, M., & Nur Rokhman. (2022). Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 412–420. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.92.
Murdiani. (2018). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Menjumlahkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Siswa Kelas Iv Sdn Hariang Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 35–40. https://rumahjurnal.net/sagacious/article/view/238.
Noorbaiti, R., Fajriah, N., & Sukmawati, R. A. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Visual-Auditori-Kinestetik (VAK) pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII E MTsN Mulawarman Banjarmasin. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 108–116. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5130.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099.
Rahmawati, R., Muttaqin, M., & Listiawati, M. (2019). Peran Permainan Kartu Uno Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 64–75. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/bioeduin/article/view/6221.
Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Simamora, R. (2008). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Wahyuni, S. E., Sudarisman, S., & Karyanto, P. (2013). Pembelajaran Biologi Model POE (Prediction, Observation, Explanation) melalui Laboratorium Riil dan Laboratorium Virtuil Ditinjau dari Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Jurnal Inkuiri. 2(3), 269-278. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains
