Pengembangan Media Belajar Kartu UNO Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31629/ph.v7i1.5706Keywords:
Media Belajar, Kartu UNO, Sistem PencernaanAbstract
Media pembelajaran dapat membantu kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan kartu UNO sebagai media pembelajaran sistem pencernaan (UNO SISCER). UNO SISCER dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah tiga orang validator dan beberapa siswa yang sudah mempelajari sistem pencernaan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Data dianalisis secara deskriptif. Desain UNO SISCER berjumlah 108 kartu, yang terdiri dari 29 kartu materi, 21 kartu master, 21 kartu pertanyaan, 21 kartu jawaban, dan 16 kartu simbol. Setiap kartu UNO memiliki UNO memiliki 4 warna yang berbeda sesuai dengan sub topik sistem pencernaan. Desain UNO SISCER dinilai sangat layak oleh ahli, dengan skor 98%, 89%, dan 75%. Respon siswa sangat dengan persentase rata-rata mencapai 92.21%. Oleh karena itu, UNO SISCER sangat cocok untuk diujicobakan dalam skala besar untuk digunakan seebagai media pembelajaran pada materi sistem pencernaan.