Pengembangan Instrumen Uji Validitas dan Praktikalitas Media Pembelajaran IPA

Authors

  • Adam Fernando Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Dios Sarkity Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v6i2.5212

Keywords:

instrument, learning media, validity, practicality, science.

Abstract

Metode riset dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa sehingga dapat menghasilkan suatu karya yang inovatif. Metode riset dapat mendukung kegiatan pembelajaran penelitian bagi mahasiswa. Namun, metode ini membutuhkan penguatan khususnya penelitian pengembangan mahasiswa karena belum mampu menyusun instrumen penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen validitas dan praktikalitas media pembelajaran IPA yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan tiga dari empat tahapan dalam model pengembangan 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen uji validitas dan praktikalitas yang dikembangkan berada dalam kategori valid dan sangat reliabel. Oleh karena itu, instrumen yang dikembangkan layak dan dapat dipercaya untuk digunakan oleh peneliti lainnya.

References

Afandi R. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). 2015;1(1).

Arikunto S. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2010. Manajemen Penelitian. 2010.

Arifuddin, D., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Konten E-learning Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28942

Ariyanti I. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Angket Kemandirian Belajar Matematik. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika. 2019;1(2).

Asmara AP. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika. 2015;15(2).

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Gusti UA, Syamsurizal S. Uji Validitas Booklet Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi. 2021;6(1).

Harahap J, Sari N, Pane SA-Y, Nuraini N. Analisis Kelayakan Buku Panduan Praktikum Kimia Kelas XII Semeter II Berdasarkan BSNP Sesuai Kurikulum 2013. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST). 2019;2(1).

Hiasa F. Development Of Non-Test Instruments For Learning Classic Indonesian Literature Cross Puzzles Based On Android. In: International Conference Of Humanities And Social Science (ICHSS). Surakarta; 2022. p. 69–75.

Khumaedi M. Reliabilitas Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes. 2012;12(1).

Matondang Z. Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 2019;6(1).

Mudanta KA, Astawan IG, Jayanta INL. Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu. 2020;25(2).

Nengsih, N. R., Yusmaita, E., & Gazali, F. (2019). Evaluasi Validitas Konten dan Konstruk Bahan Ajar Asam Basa Berbasis REACT. EduKimia, 1(1). https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104017

Putra, I.P.S., I Wayan Lasmawan, & Ni Ketut Suarni. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.290

Sari FK, Farida F, Syazali M. Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar?: Jurnal Pendidikan Matematika. 2016;7(2).

Srirahayu, R. R. Y., & Arty, I. S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran Fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2). https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270

Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Creative Problem Solving. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15378

Syahlani A, Setyorini D. Pengembangan Instrumen Minat Belajar Matematika Siswa (Non Tes Skala Likert). Jurnal Akrab Juara. 2020;7(1).

Thiagarajan S, Semmel DS, Semmel MI. Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Minneapolis, Minnesota: Indiana University; 1974.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Downloads

Published

2023-04-01