Teori Belajar Konstruktivisme dalam Perkuliahan Keanekaragaman Tumbuhan
DOI:
https://doi.org/10.31629/ph.v6i1.5121Keywords:
Teori Belajar Konstruktivisme, Keanekaragaman TumbuhanAbstract
Interaksi belajar mengajar (pembelajaran) merupakan satu bentuk proses pendidikan. Pola pembelajaran ini bisa dipengaruhi oleh penampilan pendidik dalam mengajar. Pendidik di perguruan tinggi dikenal dengan sebutan dosen. Penampilan dosen dalam memberikan perkuliahan dapat didasari oleh pengetahuannya terhadap teori belajar. Pelaksanaan pendidikan terutama dalam proses pembelajaran sangatlah terpengaruh oleh teori belajar dan pembelajaran. Teori belajar merupakan cara menerapkan kegiatan belajar dan mengajar antara pendidik dan peserta didik. Pada prinsipnya, ketika seseorang (pendidik) ingin menerapkan teori belajar, terkadang pendidik menggunakan lebih dari satu teori belajar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan menganalisis artikel terkait teori belajar konstruktivisme dan menghubungkannya dengan perkuliahan keanekaragaman tumbuhan. Pembelajaran konstruktivistik lebih menekankan pada proses belajar dan memberikan kebebasan dan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengkonstruksi pengalamannya sendiri. Proses pembelajaran yang dilakukan diharapkan dapat menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan imajinatif. Hal ini juga dapat menciptakan kondisi lingkungan belajar yang kondusif. Pembelajaran konstruktivisme ini menekankan dan berpusat pada mahasiswa agar mereka aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, pembelajaran yang dilakukan pada perkuliahan keanekaragaman tumbuhan sudah menggunakan teori belajar konstruktivisme. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan dosen menekankan pada mahasiswa untuk melakukan proses penemuan dan konstruksi pengetahuan sendiri.
References
Ansyar, Mohamad. (2015). Kurikulum: Hakekat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedya Group.
Arsyad, M. (2021). Teori Belajar dan Peran Guru pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.
Budyastuti, Y. & Fauziati, E. (2021). Penerapan Teori Konstruktisme pada Pembelajaran Daring Interaktif. Jurnal Papeda, Vol. 3, No. 2: 112-119.
Dangnga, M.S. dan A.A. Muis. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif. Makasar: SIBUKU Makasar.
Danoebroto, S. W. (2015). Teori Belajar Konstruktivis Piaget dan Vygotsky. Indonesia Digital Kournal of Mathematics and Education, 2 (3), 191-198.
Darma, K. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Prestasi Belajar Matematika Terapan pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bali. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14 (70), 157-181.
Herliani, D.T. Boleng, dan E.T. Maasawet. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Hidayati, U. F., Claramita, M., & Prabandari, Y. S. (2017). Aplikasi Teori Belajar Berkaitan dengan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Indonesia, 20(1), 9-16.
Indiati, I. (2021). Penerapan Teori Belajar dalam Pengembangan Program Perkuliahan Berorientasi Etnosainstek. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, 459-462).
Junaidi, Aris, dkk. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khadijah. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2 (1), 49-57.
Muzakki, H., Umah, R. Y. H., Nisa, K. M. 2021. Teori Belajar Konstruktivisme Maria Montessori dan Penerapannya di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, Vol. 6, No. 1: 241-261.
Purba, Sukarman, dkk. (2021). Landasan Pedagogik: Teori dan Kajian. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rangkuti, A. N. (2014). Konstruktivisme dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Darul ‘Ilmi, Vol. 2, No. 2: 61-76.
Rosita, C. D. (2013). Pengembangan Kehidupan Sosial dalam Pembelajaran Matematika di Perguruan Tinggi. Ragam: Jurnal Pengembangan Humaniora, Vol. 13, No.3: 180-187.
Saefiana, Sukmawati, F. D., Rahmawati, Rusnady, D. A. M. (2022). Teori Pembelajaran dan Perbedaan Gaya Belajar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.3, No. 1: 150-158.
Shodiq, J., Maretia, R., & Yulia, L. D. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Negeri 2 Lampung Barat. JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam), Vol. 4, No. 2: 60-69.
Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19 (2), 121-138.
Sumarsih. (2009). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivisme dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-dasar Bisnis. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII, No. 1: 54-62.
Suparlan. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol. 1, No. 2: 79-88.
Supardan, H. D. (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4 (1), 1-12.
Suprapti, E. (2018). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Majamath, 1 (1), 24-32.
Tamrin, M., Sirate, St. F. S., & Yusuf, M. (2011). Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), Vol.3, No.1: 40-47.
Umbara, U. (2017). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3 (1), 31-38.
Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. Ta;lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 1, No.1: 59-72.
Widjajanti, D. B. (2008). Strategi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematikan dan Pendidikan Matematika: 2101-2110.
Zais, Robert S. (1976). Curriculum: Principles and Foundations. New York: Harper & Row Publishers.