Pengembangan Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran Berbasis Case Method
DOI:
https://doi.org/10.31629/ph.v6i2.4972Keywords:
Buku Ajar, Belajar dan Pembelajaran, Case MethodAbstract
Saat ini perguruan tinggi dihadapkan dengan tantangan dalam menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing di dunia kerja. Agar kemampuan tersebut dapat dikuasai oleh lulusan maka diperlukan adanya inovasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi, tidak terkecuali pada pembelajaran yang diterapkan oleh dosen. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan oleh dosen dalam pembelajaran yaitu dengan melakukan pengembangan buku ajar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Buku ajar juga sangat penting dalam mengatasi keterbatasan frekuensi tatap muka antara dosen dan mahasiswa. Mahasiswa dapat belajar secara mandiri dengan menggunakan buku ajar, terlebih pada kondisi pandemic Covid-19 saat ini. Selain meningkatkan hasil belajar penerapan case method dalam buku ajar ini juga bertujuan mendukung pencapaian IKU perguruan tinggi khususnya IKU 3.2. Untuk itu perlu dikembangkan Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran berbasis Case Method. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp namun hanya dibatasi 2 tahapan awal yang terdiri dari fase investigasi awal (preliminary research), fase pembuatan prototype (prototyping phase). Hasil dari penelitian ini diperoleh buku ajar belajar dan pembelajaran berbasis case method yang sangat valid dan sangat praktis.
References
Alpindo, O dan D. Dahnuss. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbantuan Games Pada Matakuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan Biologiâ€Â. Jurnal Kiprah 7 (2), 117-124.
Djumadiono. 2019. “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Studi Kasus Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Wawasan Kebangsaan Dalam NKRIâ€Â. MONAS: Jurnal Inovasi Aparatur 1(1), 24-29.
Febrianto, R. dan F. Puspitaningsih. 2020. “Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaranâ€Â. Education Journal: Journal Education Research and Development 4 (1), 1-18.
Karyono, H dan M. Subandowo. 2019. Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik Berbasis Kompetensi Pedagogik. Buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa Surabaya Vol 15 (27).
Kurniawan, A. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Matsun. 2017. “Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Elektronika Lanjut Berbasis Eksperimenâ€Â. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains 6 (1), 95-101.
Natalina, M., W. Syafi’I dan S. Heryeni. 2016. “ Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Biologi Berorientasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Materi Struktur Tumbuhan. Jurnal Biogenesis 13 (1), 141-148.
Plomp, T. 2013. Educational Design Research: An Introduction. Enschede: Netherlands Institute For Curriculum Development.
Roza, S., Erida dan A. P. Siregar. 2022. “Implementasi Pembelajaran Case Method dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Mata Kuliah Pemasaran Jasa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 22 (3), 1795-1799.
Sadriani dan Hamdi. 2021. “Praktikalitas dari Pengembangan E-book Edupark Fisika dengan Pendekatan Saintifik Berdasarkan Destinasi Rumah Gadangâ€Â. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika 7 (1), 94-100.
Safitri, P.T. dan K.A. Purbaningrum. 2020. “Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kasus (Case Based) Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika 13 (2), 256-267.
Sobri, M., A. Muid dan S. M. Daud. 2021. “Penggunaan Model Pembelajaran case method dalam Mengatasi Demotivasi Belajar During Mata Kuliah Muhadatsah Lil Mubtadiin Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambiâ€Â. AD-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam 2 (2).
Suwarni, E. 2015. “Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba Di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi Untuk Siswa SMA Kelas X. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi 6 (2), 86-92.
Syah, M. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syam, S. 2022. “Penerapan Case Method dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswaâ€Â. Jurnal Ilmiah Mandala Education 8 (2), 1397-1401.
Utama, Z. P., dan Festiyed. 2020. “Analisis Validitas dan Praktikalitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan 4 C melalui Model Research Based Learning untuk Pembelajaran Fisikaâ€Â. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 11 (2), 179-184.
Wospakrik, F., S. Sundari dan L. Musharyanti. 2020. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Case Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Jounal Health of Studies Vol 4 (1).
Wulandari, I. dan N. M. Oktaviani. 2021. Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Vol 7 (1).
Yuliati, Y. 2017. “Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinyaâ€Â. Jurnal Bio Educatio 2 (2), 50-58.
Yulinda, R. M. M. Sari, F. Hayati dan A. Rahman. 2022. “Validitas dan Praktikalitas Buku Ajar Mikrobiologi Berbasis Proyek Bioentrepreneurshipâ€Â. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 12 (2), 162-171.