Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Problem-Based Learning Terintegrasi Isu Kemaritiman

Authors

  • Dios Sarkity Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Adam Fernando Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v6i1.4958

Keywords:

IPA Terpadu, Isu Kemaritiman, Modul, Problem-based learning.

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara maritim terbesar di dunia yang terbilang lambat dalam mengintegrasikan pengetahuan kemaritiman di dalam pembelajaran. Integrasi pengetahuan kemaritiman ke dalam pembelajaran penting dilakukan untuk menanamkan pengetahuan kelautan kepada peserta didik dan menjadikan peserta didik lebih peka terhadap isu-isu kemaritiman. Integrasi pengetahuan kemaritiman salah satunya dapat dilakukan melalui Mata Pelajaran IPA yang bidang kajiannya erat dengan lingkungan. Dengan memiliki pengetahuan tentang kelautan, peserta didik diharapkan dapat memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan kemaritiman.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Modul IPA berbasis Problem based learning terintegrasi isu-isu kemaritiman yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangkan ini dilakukan dengan tahapan model pengembangan ADDIE. Pada artikel ini, penyajian hasil penelitian dibatasi sampai pada tahapan development. Modul yang telah dikembangkan diuji validitasnya dengan melibatkan beberapa validator. Data hasil uji validitas dianalisis dengan menggunakan Skala Likert. Hasil uji validitas modul menunjukkan bahwa modul berada pada kategori sangat valid untuk aspek materi dan aspek kegrafisan. Hasil ini menunjukkan bahwa modul layak diimplementasikan untuk diuji kepraktisan dan keefektifannya.

References

Al Ayubi, I. I., Erwanudin, & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452
Alghasham, A. A. (2012). Effect of students ’ learning styles on classroom performance in problem-based learning. Medical Teacher, 34(suppl 1), S14–S19. https://doi.org/10.3109/0142159X.2012.656744
Anjarwati, P. G. P., Sajidan, S., & Prayitno, B. A. (2018). Problem-Based Learning Module of Environmental Changes to Enhance Students’ Creative Thinking Skill. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 10(2), 313–319. https://doi.org/10.15294/biosaintifika.v10i2.12598
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (Ninth Edit). The McGraw-Hill Companies.
Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Mosharafa?: Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa?: Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa%0AI.
BSNP. (2017). Standar Buku Ajar dan Modul Ajar. Ristekdikti, 1–9.
De Cock, M. (2012). Representation use and strategy choice in physics problem solving. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 8(2), 1–15. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.8.020117
Dinatha, M., Ngurah, D., Laksana, L., & Junjung, R. P. (2017). Nilai nilai karakter dalam pembelajaran ipa di perguruan tinggi 1). 2017(November), 177–187.
Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 10(2), 1–58. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.10.020119
Docktor, J. L., Strand, N. E., Mestre, J. P., & Ross, B. H. (2015). Conceptual problem solving in high school physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(2), 1–13. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.020106
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609
Golightly, A., & Raath, S. (2015). Problem-Based Learning to Foster Deep Learning in Preservice Geography Teacher Education. Journal of Geography, 114(2), 58–68. https://doi.org/10.1080/00221341.2014.894110
Guest, H., Lotze, H. K., & Wallace, D. (2015). Youth and the sea: Ocean literacy in Nova Scotia, Canada. Marine Policy, 58, 98–107. https://doi.org/10.1016/j.marpol.2015.04.007
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(1), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671
Hegde, B., & Meera, B. N. (2012). How do they solve it? An insight into the learner’s approach to the mechanism of physics problem solving. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.8.010109
Hindrasti, N. E. K. (2018). Reorientasi Pembelajaran Sains Berbasis Literasi Kelautan. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 79–84.
Ibrahim, B., & Rebello, N. S. (2012). Representational task formats and problem solving strategies in kinematics and work. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 8(1), 1–19. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.8.010126
Kemdikbudristek. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendi (Vols. 1–384, Issue ABSTRACT).
Kemlu, D. A. (2017). Posisi Geografis Provinsi Kepualauan Riau. https://pasaramerop.kemlu.go.id/id/news/posisi-geografis-provinsi-kepulauan-riau
Lin, S. Y., & Singh, C. (2013). Using an isomorphic problem pair to learn introductory physics: Transferring from a two-step problem to a three-step problem. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 9(2), 11–19. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.9.020114
Lozano, E., Gracia, J., Corcho, O., Noble, R. A., & Gómez-Pérez, A. (2015). Problem-based learning supported by semantic techniques. Interactive Learning Environments, 23(1), 37–54. https://doi.org/10.1080/10494820.2012.745431
Maemanah, S., Suryaningsih, S., & Yunita, L. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Kimia Abad Ke 21. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 143–154. https://doi.org/10.19109/ojpk.v3i2.4901
Manik, T., Iranita, Eryanto, H., & A. Sebayang, K. D. (2019). Development of Maritime Economy and Coastal Economy To Improve Competitiveness and Coastal Economic Growth in Riau Island Province Pengembangan. ECSOFiM, 06(02), 158–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21776/ub.ecsofim.2019.006.02.04
Maryati, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 129–140. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.300
Matsumoto, K., Takeno, K., & ... (2017). Evaluation of Marine Education’s Effect in Elementary and Junior High Schools—Analysis of the Value Consciousness Using Text Mining. … of Educational …, 5(1), 76–81. https://doi.org/10.12691/education-5-1-12
McGriff, S. J. (2000). Instructional system design (ISD): Using the ADDIE model. Retrieved June, 10(2003), 513–553.
Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8–13. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2025
Mendikbudristek. (2022). SURAT EDARAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 7 TAHUN 2022 TENTANG DISKRESI PELAKSANAAN KEPUTUSAN BERSAMA 4 (EMPAT) MENTERI TENTAN G PAND UAN PENYELEN GGARAAN PEMB ELAJARAN Dr MASA PANDEMT CORONAVTRUS D/SEASE 2Or9 (COVID-19) Yth.
Perwitasari, S., Wahjoedi, & Akbar, S. (2018). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kontekstual. Jurnal Pendidikan?: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 278–285.
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Rahayu, R., & Ismawati, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sebagai Upaya Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Smk. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2). https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.706
Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Sari, Y. P., Sunaryo, Serevina, V., & Astra, I. M. (2019). Developing E-Module for fluids based on problem-based learning (PBL) for senior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012052
Sarkity, D., & Fernando, A. (2021). Pengalaman Praktik Mengajar Calon Guru Biologi di Masa Pandemi COVID-19. 6(2), 133–151. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.2772
Sarkity, D., Yuliati, L., & Hidayat, A. (2016). Kesulitan Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi. In Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM: Vol. I (pp. 166–173).
Satriawan, M., & Rosmiati, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Mahasiswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1212. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1212-1217
Serevina, V., Sunaryo, Raihanati, Astra, I. M., & Sari, I. J. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology –, 17(3), 26–36.
Sockalingam, N., & Schmidt, H. G. (2013). Does the extent of problem familiarity influence students ’. 921–932. https://doi.org/10.1007/s11251-012-9260-3
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3).
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, Desember, 1–17.
Zubaidah, S. (2017). Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pemecahan Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Dengan Tema Mengimplementasikan Pendidikan Biologi Berwawasan Konservasi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter, June, 1–17.

Downloads

Published

2023-01-03