Korelasi Capaian dan Persepsi Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTs) Siswa Di Kota Palembang

Authors

  • Safira Permata Dewi Universitas Sriwijaya
  • Siti Huzaifah
  • Djunaidah Zen
  • Lucia Maria Santoso

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v6i1.4460

Keywords:

Capaian Siswa, Persepsi siswa, Higher Order Thinking Skills, Palembang

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara capaian dan persepsi siswa dalam menyelesaikan soal-soal higher order thinking skills di Kota Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan jumlah sampel penelitian berjumlah 404 siswa yang merupakan siswa dari sekolah berstatus negeri dan swasta dengan akreditasi A. Data penelitian diambil dengan memberikan soal-soal higher order thinking skills yang berjumlah 42 soal dan angket persepsi siswa tentang kemampuang HOTs yang dimilikinya. Persepsi yang dilihat dari angket ini antara lain kemampuan penguasaan HOTs, pengaplikasian HOTs, pengaplikasian HOTs dalam tugas yang diberikan, dan penyelesaian soal HOTs yang diberikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara capaian siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTs dengan persepsi siswa terhadap kemampuan HOTs yang dimilikinya sangat lemah dengan keofisien korelasi 0,09. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi tentang kemampuan HOTs yang dimiliki oleh siswa tidak diikuti dengan capaian siswa tersebut dalam menyelesaikan HOTs. Hasil ini membuktikan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan di kelas harus ditekankan pada aktivitas pembelajaran yang berfokus pada pembiasaan cara berpikit tingkat tinggi untuk siswa, sehingga siswa terbiasa menggunakan HOTs dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya dimasyarakat.

References

Anderson, L.W., and Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy of Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York Longman.

Aprillia, A. (2019). Pengaruh Persepsi Siswa Dan Kepercayaan Diri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris (Studi Kasus SMA Swasta Bekasi). Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1), 79–90. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i1.5209

de Bruin, E. J., van Run, C., Staaks, J., & Meijer, A. M. (2017). Effects of sleep manipulation on cognitive functioning of adolescents: A systematic review. Sleep Medicine Reviews, 32, 45–57. https://doi.org/10.1016/j.smrv.2016.02.006

Dewi, K. C., & Roshayanti, F. (2022). Pola Overconfidence Siswa Dalam Pembelajaran Biologi SMK Nusaputera 2 Semarang. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 14(1), 10–17.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Fakhomah, D. N., & Utami, M. S. (2019). Pre-Service English Teacher Perception About Higher Order Thinking Skills (HOTS) in the 21st Century Learning. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 3(1), 41–49.

Fitriana, E., Utaya, S., Geografi, P., & Malang, P. N. (2016). Proses Pembelajaran Dengan Hasil. Jurnal Pendidikan, 1(4), 662–667.

Hidayati, N., Pangestuti, A. A., & Prayitno, T. A. (2019). Biosfer : Jurnal Pendidikan Biologi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 94–108.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2019). Environmental Learning based on Higher Order Thinking Skills: A Needs Assessment. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 21. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i1.1389

Irwansyah, N., & Munasiah, M. (2018). Hubungan antara Persepsi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi di SMA Tugu Ibu Depok. Deiksis, 10(03), 280. https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2470

Joynes, C., Rossignoli, S., & Amonoo-Kuofi, E. F. (2019). 21st Century Skills: Evidence of issues in definition, demand and delivery for development contexts. In Institute of Development Studies: K4D Helpdesk Report (Issue August).

Kangaslampi, R., Asikainen, H., & Virtanen, V. (2022). Students’ perceptions of self-assessment and their approaches to learning in university mathematics. Lumat, 10(1), 1–22. https://doi.org/10.31129/LUMAT.10.1.1604

Köszegi, B. (2006). Ego utility, overconfidence, and task choice. Journal of the European Economic Association, 4(4), 673–707. https://doi.org/10.1162/JEEA.2006.4.4.673

Kristiyono, A. (2018). Urgensi dan Penerapan Higher Order Thingking Skills. Jurnal Pendidikan Penabur, 17(31), 36–46.

Limbach, B., & Waugh, W. (2010). Developing higher level thinking. Journal of Instructional Pedagogies, 9. https://aabri.com/manuscripts/09423.pdf

Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2019). Memberdayakan Keterampilan Mengembangkan Soal Hots pada Guru Biologi di Kabupaten Bekasi. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(4), 151–159. https://doi.org/10.32672/btm.v1i4.1718

Mustofa, R. F., Corebima, A. D., Suarsini, E., & Saptasari, M. (2019). The Problem-Based Learning Model and Students’ Generic Skills of the Faculty of Teachers Training and Education the Universitas Siliwangi Tasikmalaya on the Animal Structure Course. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 53. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i1.1466

OECD. (2019). PISA 2018 Result: Combined executive summaries. In OECD: Vol. I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Paramita, S., Isbanah, Y., & Purwohandoko. (2018). Bias Kognitif Dan Kepribadian Individu: Studi Perilaku Investor Muda di Surabaya. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 214–235.

Pratama, Y. M. P., Iswari, R. S., & Ngabekti, S. (2018). Korelasi Persepsi Dan Minat Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 10 Lintas Minat Biologi Sman 1 Ambarawa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 57–67. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.1.2183

Rikizaputra, & Wulandari, F. (2017). Hubungan antara motivasi dan persepsi siswa terhadap kinerja guru dengan hasil belajar Biologi siswa Kelas X SMAN 13 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Bioluctura: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 97–110.

Saputri, E. Z., & Saifuddin, M. F. (2022). Student Perception on Biology Subject Using Virtual Laboratory. Indonesian Journal of Biology …, 4(2), 1–6. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijobe/article/view/4522%0Ahttps://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijobe/article/download/4522/2305

Setyowati, R. (2020). Scientific-Based Learning Scenario to Improve Student’s Higher Order Thinking Skills: A Development Concept. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Universitas PGRI Madiun 2020, 2, 244–254. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Siow, L.-F. (2015). Students’ perceptions on self- and peer-assessment in enhancing learning experience. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 3(2), 21–35.

Su Ling, L., Vincent, P., & Lajium, D. (2020). Evaluation of Students’ Perception of Biology Classroom Learning Environment. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 5(36), 94–113. https://doi.org/10.35631/ijepc.536007

Suwarto, S., Wahyuni, S., & Yamsih, S. (2021). Persepsi Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Tawangsari terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Online dimasa Pandemi. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 20–25. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7530

Thahir, R., Magfirah, N., & Anisa. (2021). Hubungan Antara High Order Thinking Skills dan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi: (The Relationship Between High Order Thinking Skills and Science Literacy Abilities of Biology Education Students). Biodik, 7(3), 105–113.

Uliyandari, M., Emilia Candrawati, Anna Ayu Herawati, & Nurlia Latipah. (2021). Problem-Based Learning To Improve Concept Understanding and Critical Thinking Ability of Science Education Undergraduate Students. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(1), 65–72. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i1.56

Vlckova, J., Kubiatko, M., & Usak, M. (2019). The perception of biology by Czech lower secondary school students. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(5). https://doi.org/10.29333/ejmste/105277

V.S. Mullis, Michael O. Martin, Pierre Foy, Dana L. Kelly, and B. F. (2018). TIMSS 2019 International Results in Mathematics and Science. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Xiao, Q. Chen, L. Xie, M. Wang, C. (2021). Optimal contact design in sustainable supply chain: Interactive impacts of fairness concern and overconfidance. Journal of the Operational Research Society, 72(7), 1505-1524.

Yee, M. H., Md. Yunos, J., Osman, N., Ibrahim @ Sulong, S., and Tee, T. K. (2010). The Perception of Student On Mastering The Level Of Higher Order Thinking Skills. RCEE & RHEd, (June). Kuching.

Downloads

Published

2023-01-03