Pengembangan E-Modul Terintegrasi Informasi COVID-19 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi

Authors

  • Alif Yanuar Zukmadini Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Bengkulu
  • Neni Murniati Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Bengkulu
  • Bhakti Karyadi Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Bengkulu
  • Irwandi Ansori Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Bengkulu
  • Syaiful Rochman Program Studi S-1 Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v6i1.4289

Keywords:

E-Modul, Bahan Ajar COVID-19, Virus, Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi.

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa.  kelas. Bahan ajar yang baik memuat materi yang kontekstual dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul terintegrasi informasi COVID-19 yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah R&D menggunakan model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persentase kevalidan e-modul dari ahli bahan ajar sebesar 95,60% (sangat valid), ahli materi sebesar 96,57% (sangat valid), dan Praktisi (guru) sebesar 96,05% (sangat valid). Adapun persentase kepraktisan e-modul sebesar 87,5% (sangat praktis). Hasil N-Gain pada uji coba skala terbatas memiliki nilai 0,34 (sedang), sedangkan pada uji coba skala luas, nilai N-Gain kelompok kontrol sebesar 0,26 (rendah) dan nilai N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,53 (sedang). Nilai signifikansi N-Gain yang diperoleh dari uji independent sample t saat uji coba skala yaitu < 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah E-modul terintegrasi informasi COVID-19 adalah bahan ajar yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi virus di kelas X SMA.

Kata Kunci: E-Modul, Bahan Ajar COVID-19, Virus, Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi.

References

Afifulloh, M., & Cahyanto, B. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar elektronik di era pandemi covid-19. JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 31-36.

Ananda, R. & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan (teori dan praktik dalam pendidikan). Medan: CV. Widya Puspita.

Andrey., & Maulana, A. (2021). Pengembangan bahan ajar e-modul untuk mata kuliah gambar teknik II di prodi pendidikan teknik bangunan. jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 10(3), 160-165.

Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan media pembelajaran daya antibakteri ekstrak buah sawo berbasis macromedia flash. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72-80.

Arianti, F. (2021). Pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa melalui model pembelajaran prepospec berbantuan tik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 208-216.

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, W., Anwar, K., & Kurniawan, D. A. (2019). Effectivenes of using e-module and e-assessment. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 13(09), 21–39.

Asyana, V., & Arini. (2020). Optimalisasi penggunaan e-modul dan phet simulation sebagai virtual lab di masa pandemi covid-19. Komunikasi Fisika Indonesia, 17(3), 160-165.

Azizah, A. R. (2020). Penggunaan smart apps creator (sac) untuk mengajarkan global warming. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) 2020 “Peluang-Strategi Pembelajaran dan Penelitian pada Masa Pandemi COVID 19 Menuju New Normal” Surabaya, 17 Oktober 2020, 72-80.

Boopathi, S., Poma, A. B., & Kolandaivel, P. (2020). Novel 2019 coronavirus structure, mechanism of action, antiviral drug promises and rule out against its treatment. Journal of Biomolecular Structure and Dynamics, 1-10.

Budiarti, M. I. E., Faozun, I., Nalle, C. Y. A., & Yulianingsih, L. (2021). Pengembangan e-modul berbasis technological, pedagogical, and content knowlodge (tpack). Jurnal PATRIA BAHARI, 1(2), 57-68.

Chen, Z.-M., Fu, J.-F., Shu, Q., Chen, Y.-H., Hua, C.-Z., Li, F.-B., … Yuan, T.-M. (2020). Diagnosis and treatment recommendations for pediatric respiratory infection caused by the 2019 novel coronavirus. World Journal of Pediatrics, 16(3), 240-246.

Fadda, D., Rios, O., & Vinay, R. (2021). Teaching Modalities During the COVID-19 Pandemic. Proceedings of the 2021ASEE Gulf-Southwest Annual Conference Baylor University, Waco, TX, 1-5.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagment versus traditional methods: a six thousand students survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics Research, 66(1), 66-74.

Hakim, M. & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh penggunaan media daring dan motivasi belajar terhadap kepuasan mahasiswa pada saat pandemi covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 4(2), 154-160.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180-191.

Hildayatni, D., Triwoelandari, R., Hakiem, H. (2019). Kelayakan modul pembelajaran ipa terintegrasi nilai agama untuk mengembangkan karakter rasa ingin tahu. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 3(2), 203-218.

Huwaidi, F., Nandiyanto, A. B. D., & Muhammad, N. (2021). The urgency of online learning media during the covid-19 pandemic at the vocational school in indonesia. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 1(2), 35-40.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh penggunaan e-modul interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kesehatan dan keselamatan kerja. Volt: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11-16.

Inayah, I. N., Septiana, N., & Lestariningsih, N. (2018). Pengaruh model active learning berbantu media animasi terhadap keaktifan dan hasil belajar. J. Pedagogi Hayati, 2(2), 42-55.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Pedoman Edukasi Perubahan Perilaku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Khairani. S., Asrizal., & Amir, H. (2017). Pengembangan bahan ajar ipa terpadu berorientasi pembelajaran kontekstual tema pemanfaatan tekanan dalam kehidupan untuk meningkatkan literasi siswa kelas VIII SMP. Pillar of Physics Education, 10, 153-160.

Khasanah., Muhlas, M., Marwani, L. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-learning smart apps creator (sac) bagi karyawan penjual pada tv berbayar. Akademika, 9(2), 129-142.

Komalasari, R. (2020). Manfaat teknologi informasi dan komunikasi di masa pandemi covid 19. TEMATIK-Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 38-49.

Kusumo, G. (2017). Pengembangan Bahan Ajar terintegrasi dengan pendidikan karakter pada mata pelajaran bahasa indonesia SD kelas IV. Transformatika, 1(1), 1-18.

Lestari, D., & Sadapotto, A. (2021). Edukasi pencegahan penularan covid-19 dan pembelajaran matematika bagi siswa sd kelas iv di hante-hante, desa salumokanan utara, rantebulahan timur, mamasa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin (JPMH), 2(1), 1-7.

Lusiana, B., & Maryanti, R. (2020). The effectiveness of learning media used during online learning. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 9(2), 81-92.

Mahardika, B. N., Degeng, I. Y. S., & Sitompul, N. C. (2020). E-module application development based on android in thematic learning for 3rd grade elementary school. AKADEMIKA Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 13-24.

Maknuni, J. (2020). Pengaruh media belajar smartphone terhadap belajar siswa di era pandemi covid-19. Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL), 2(2), 94-106.

Marisa, U., Yulianti., & Hakim, A. R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Peduli Lingkungan di Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 323-330.

Masliana, A., Mardhatillah., & Fahreza, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong. Ganta Mulia, 12(1), 211-217.

Matsun., & Saputri, D. F. (2020). Pengembangan E-Modul Fisika Berbantuan Whatsapp Sebagai Alternatif Pemebalajaran Di Masa Pandemi Covid 19. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 213-220.

Mutmainnah., Aunurrahman., Warneri. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal BASICEDU, 5(3), 1625-1631.

Nana (2020). Pengembangan Inovasi Modul Digital dengan Model POE2WE Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Daring di Masa New Normal. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 167-176.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.

Nursamsu., Mustika, D., Nafaida, R., & Manurung, N. (2020). Analisis kelayakan dan kepraktisan modul praktikum berbasis literasi sains untuk pembelajaran ipa. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 4(1), 29-40.

Palgunadi, N. P. P. D., Sudiarta, I. G. P., Ardana, I. M. (2021). Pengaruh model pembelajaran alc berbasis e-modul terhadap kemampuan pemecahan masalah pada masa pandemi covid-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(2), 114-125.

Permatasari, I., Ramdani, A., Syukur, A. (2019). Pengembangan bahan ajar ipa berbasis inkuiri terintegrasi sets (science, environment, technology and society) pada materi sistem reproduksi manusia. J. Pijar MIPA, 13(3), 74-78.

Pinontoan, K. F., Walean, M., & Lengkong, A. V. (2021). Pembelajaran daring menggunakan e-modul pada flipped classroom statistika untuk meningkatkan kemampuan bernalar dan intensi berwirausaha. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 8(1), 1-10.

Pramana, M. W., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan hasil belajar biologi melalui e-modul berbasis problem based learning. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 17-32.

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prihatiningtyas, S., Tijanuddarori, M. W., & Sholihah, F. N. (2021). Media interaktif e-modul biologi materi virus sebagai pendukung pembelajaran daring di man 3 jombang. Journal of Education and Management Studies (JoEMS), 4(3), 1-8.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual pada materi himpunan berbantu video pembelajaran. Aksioma, 4(1), 67-77.

Puspaningtyas, A., & Rachmadiarti, F. (2018). Validitas dan kepraktisan buku ajar ipa smp berbasis etnosains untuk meningkatkan keterampilan klasifikasi siswa smp. Ejournal-pensa, 6(1), 18-22.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17-25.

Putri, A., Sjaifuddin, Berlian, L. (2022). pengembangan e-modul ipa berbasis adobe flash pada tema makananku kesehatanku untuk kelas viii smp. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 143-150.

Putri, N. A., & Zulela, M. S., & Otib, S.H. (2021). Faktor-faktor penyebab peningkatan nilai siswa sekolah dasar dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2164 – 2170.

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas modul elektronik terintegrasi multiple representation pada materi ikatan kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162-167.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.

Saputri, F., & Nugraheni, A. S. (2021). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis multimedia interaktif untuk siswa sekolah dasar di era covid-19. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1), 59-68.

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), edisi khusus (1), 73-80.

Suhardi, A., Rosalina, S. S., Sutrisno, N. (2020). The effectiveness of science multimedia interactive based on aurora 3d presentation on student learning outcomes. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 3(2), 110-119.

Susanto., Sidqi, M. F., & Fajar, D. A. (2021). Pelatihan e-modul menggunakan flip pdf untuk pembelajaran masa pandemi covid 19. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 2(1), 9-16.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S.,& Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teacher of exceptional children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Vitrianingsih, D., Aulianingsih, I., & Yuliani, H. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan modul elektronik (e -module) ipa terintegrasi islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 27-37.

Wang, J., & Du, G. (2020). COVID-19 may transmit through aerosol. Irish Journal of Medical Science, 189, 1143–1144.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) Situation Report– 121. Data as received by WHO from national authorities by 10:00 CEST, 20 May 2020.

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis manfaat penggunaan e-modul interaktif sebagai media pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139-144.

Wu, Y.-C., Chen, C.-S., & Chan, Y.-J. (2020). The outbreak of COVID-19: An overview. Journal of the Chinese Medical Association, 83(3), 217-220.

Downloads

Published

2023-01-03