Pengembangan Program Perkuliahan Biologi Konservasi Berbasis Citizen Science Project
DOI:
https://doi.org/10.31629/ph.v5i1.3590Keywords:
Program, Biologi Konservasi, Citizen Science ProjectAbstract
Pendidikan konservasi memiliki relevansi untuk diimplementasikan dalam kurikulum pendidika tinggi di Indonesia, hal ini tidak terlepas dari posisi Indonesia yang termasuk dalam jajaran negara megabiodiversity dan memiliki sejumlah hotspot biodiversity. Laju loss biodiversity Indonesia yang sangat tinggi mengharuskan segera mendapatkan penanganan melalui kegiatan konservasi dan membangun kesadaran secara kolektif melalui pendidikan biodiversitas. Pendidikan biodiversitas dapat dilakukan melalui jalur pendidikan formal dan informal. Pada pendidikan formal di Universitas dilakukan melalui mata kuliah seperti Biologi Konservasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan memperoleh data empirik pengembangan program perkuliahan biologi konservasi. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen angket, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Data empirik yang diperoleh melalui kegiatan Preliminary reseach ini kemudian dianalisis dan ditafsirkan sesuai temuan penelitian. Hasil penelitian pendahuluan menemukan bahwa perkuliahan belum mengarahkan pada peningkatan literasi biodiversitas sebagai pondasi literasi konservasi pada mahasiswa. Hasil studi analisis kebutuhan perkuliahan biologi konservasi berbasis CSP memerlukan beberapa perangkat pendukung seperti RPS berbasis CSP, bahan ajar/buku/modul, toolkit, aplikasi OCS, pelatihan kegiatan CSP, pelatihan riset biodiversitas dan pelatihan keterampilan konservasi biodiversitas.
References
Bonney, R., Ballard, H., Jordan, R., McCallie, E., Phillips, T., Shirk, J., & Wilderman, C. C. (2009). Public Participation in Scientific Research: Defining the Field and Assessing Its Potential for Informal Science Education : A CAISE Inquiry Group Report; Center for Advancement of Informal Science Education (CAISE). Center for Advancement of Informal Science Education.
Cardak, O., & Dikmenli, M. (2017). Science Student Teachers ’ Ideas About Biological Diversity. Journal of Education and Practice, 8(25), 92–95.
Cohn, J. P. (2008). Citizen science: Can volunteers do real research? BioScience, 58(3), 192–197. https://doi.org/10.1641/B580303
Dinata, M., & Sembiring, A. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Standing Banner Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi Konservasi. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 183–186.
Disinger, J. F., & Roth, C. E. (1992). Environmental Literacy: EEIC Digest. Environmental Education, 1–7.
Esa, N. (2010). Environmental knowledge, attitude and practices of student teachers. International Research in Geographical and Environmental Education, 19(1), 39–50. https://doi.org/10.1080/10382040903545534
Gayford, C. (2010). Biodiversity Education : A Teacher’s Perspective. Environmental Education Research, 6(4), 347–361.
IBSAP. (2016). Indonesian Biodiversity Strategy and Action Plan (IBSAP) 2015-2020. BAPPENAS.
Imanuddin, et al. (2016). A Practical Toolkit For Identifying And Monitoring Biodiversity In Oil Palm Lanscapes (Vol. 4, Issue 1).
Indrawan, M., Primack, R. B., & Supriatna, J. (2012). Biologi Konservasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Irawan, B., & Muhartati, E. (2019). Identifikasi Nilai Etnosains pada Kearifan Lokal Berkarang dan Menyondong Ikan Pada Masyarakat Pesisir Bintan. Jurnal Pedagogi Hayati, 3(1), 1–6.
KOBI. (2015). Rumusan Naskah Akademik Standar Nasional Berbasis KKNI.
Kobori, H., Dickinson, J. L., Washitani, I., Sakurai, R., Amano, T., Komatsu, N., Kitamura, W., Takagawa, S., Koyama, K., Ogawara, T., & Miller-Rushing, A. J. (2016). Citizen science: a new approach to advance ecology, education, and conservation. Ecological Research, 31(1), 1–19. https://doi.org/10.1007/s11284-015-1314-y
Kurniasih, M. D. (2019). Menumbuhkan Karakter Konservasi Biodiversitas Melalui Penerapan Species Identification and Response Software. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(2), 30. https://doi.org/10.23971/eds.v6i2.991
Leksono, S. M., & Rustaman, N. (2012). Pengembangan Literasi Biodiversitas sebagai Tujuan Pembelajaran Biologi Konservasi Bagi Calon Guru Biologi.
Leksono, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Mini Riset Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Penguasaan Materi Biologi Konservasi. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 575–578. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/9580
Leksono, S. M., Rustaman, N., & Redjeki, S. (2015). Pengaruh Penerapan Program Perkuliahan Biologi Konservasi Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Literasi Biodiversitas Mahasiswa Calon Guru. Cakrawala Pendidikan, 1, 89–96.
McKinley, D. C., Miller-Rushing, A. J., Ballard, H. L., Bonney, R., Brown, H., Cook-Patton, S. C., Evans, D. M., French, R. A., Parrish, J. K., Phillips, T. B., Ryan, S. F., Shanley, L. A., Shirk, J. L., Stepenuck, K. F., Weltzin, J. F., Wiggins, A., Boyle, O. D., Briggs, R. D., Chapin, S. F., … Soukup, M. A. (2017). Citizen science can improve conservation science, natural resource management, and environmental protection. Biological Conservation, 208, 15–28. https://doi.org/10.1016/j.biocon.2016.05.015
Meadows, A. (2011). Wildlife Conservation Education Programmes. The Journal of Animal and Plant Sciences, 21, 305–316.
Mitchell, N., Triska, M., Liberatore, A., Ashcroft, L., Weatherill, R., & Longnecker, N. (2017). Benefits and challenges of incorporating citizen science into university education. PLoS ONE, 12(11), 1–15.
Moss, A., Jensen, E., & Gusset, M. (2015). Evaluating the contribution of zoos and aquariums to Aichi Biodiversity Target 1. Conservation Biology, 29(2), 537–544. https://doi.org/10.1111/cobi.12383
Nahdi, M. S. (2019). Biologi Konservasi : Integrasi Pandangan Islam dan Peran Masyarakat Dalam Konservasi Ekosistem Menuju Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). In Biologi Konservasi.
Nations, U. (1992). Convention on Biological Diversity. In United Nations. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-384719-5.00418-4
Rawat, U. S., & Agarwal, N. K. (2015). Biodiversity: Concept, threats and conservation. Environment Conservation Journal, 16(3), 19–28. https://doi.org/10.36953/ecj.2015.16303
Redondo, M. L., Dios, M. A. Q., Manzanares, M. C. S., & Navarro, S. J. (2018). Citizen Science in School. Hand-on Science. Advancing Science. Improving Education, July, 1–5.
Rustaman, N. Y. (2015). Integrasi Aspek Afektif-Kognitif Melalui Pembelajaran Bioresources Berorientasi Local Wisdomdan Berpikir Sistem Untuk Membekali Perilaku Konservasi Melalui Klasifikasi-Generalisasi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 1–11.
Sachs, S., Super, P., & Prysby, M. (2008). Citizen Science: A Best Practices Manual and How it Can be Applied. 280–284. http://digitalcommons.unl.edu/natlpark/37/
Setyaningsih, E., Sunandar, A., & Setiadi, A. E. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Potensi Lokal Kalimantan Barat Pada Materi Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Jurnal Pedagogi Hayati, 3(1).
Singh, S. K., Madhu, S., & Pandey, A. (2017). Biodiversity-Threats and Conservation. In Environmental Science and Engineering (Vol. 2, pp. 282–316). Studium Press, Llc.
Strasser, B. J., Baudry, J., Mahr, D., Sanchez, G., & Tancoigne, E. (2020). Rethinking Science and Public Participation. Science & Technology Studies, 32(2), 52–76.
Suhartini. (2009). Peran Konservasi Keanekaragaman Hayati Dalam Menunjang Pembangunan Yang Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNY.
Supriatna, J. (2018). Konservasi Biodiversitas Teori dan Praktik di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Trombulak, et al. (2004). Principles of Conservation Biology: Recommended Guidelines for Conservation Literacy from the Education Committee of the Society for Conservation Biology. Conservation Biology, 18(5), 1180–1190. https://doi.org/10.1111/j.1523-1739.2004.01851.x
UN. (1992). Convention on Biological Diversity. USA : United Natios
UNESCO. (2016). Education for people and planet: Sustainable Development Goals United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. The Global Education Monitoring Report 2nd Edition.
Van Haeften, S., Milic, A., Addison-Smith, B., Butcher, C., & Davies, J. M. (2021). Grass Gazers: Using citizen science as a tool to facilitate practical and online science learning for secondary school students during the COVID-19 lockdown. Ecology and Evolution, 11(8), 3488–3500. https://doi.org/10.1002/ece3.6948
World Wildlife Fund. (1996). The Development of a