LKS Berbasis Konstruktivisme Dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP N 3 Tanjungpinang

Authors

  • Nevrita , Dra, M.Pd, M.Si, Pendidikan Biologi FKIP UMRAH

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v1i1.35

Keywords:

LKS berbasis Konstruktivisme, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini meningkatkan aktivitas belajar melalui kemampuan siswa bertanya/menjawab pertanyaan, kemampuan bekerjasama dalam kelompok, menyelesaikan laporan LKS tepat waktu. Kedua; meningkatkan hasil belajar siswa melalui penilaian LKS dan Ulangan Harian. Karakteristik LKS berbasis kontruktivisme dalam penelitian ini  adalah LKS tersebut mengembangkan kemampuan siswa berpikir kitis dan berfikir kreatif. Sebagai sampel dalam penelitian ini kelas 9D, dengan pertimbangan kelas ini merupakan kelas yang memiliki hasil belajar  IPAnya rendah dan aktivitas belajarnya kurang.  Data yang diukur dalam penelitian ini meliputi aktivitas belajar siswa dan  hasil belajar siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data melalui tes tertulis berupa soal UH dan pertanyaan LKS, kumpulan laporan kegiatan, dan pengamatan aktivitas siswa.  Analisis data dalam penelitian ini pertama, aktivitas belajar siswa pada kemampuan bertanya/menjawab siklus I sebesar 27% siklus II sebesar 54%. Kemampuan bekerjasama dalam kelompok pada siklus I sebesar 65% siklus II sebesar 89%. Kemampuan siswa menyelesaikan laporan/LKS tepat waktu pada siklus I sebesar 51% siklus II sebesar 68%.. Kedua Hasil belajar siswa melalui Nilai Ulangan Harian yang dicapai siswa pada siklus I rata-rata 63,7 siklus II rata-rata 72,8. Siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 19 siswa siklus II 30 siswa. Pada siklus I nilai terendah 25 siklus II nilai terendah 45. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa Pembelajaran IPA dengan menggunakan LKS berbasis kontruktivisme dapat meningkatkan aktifitas belajar siswadan meningkatkan hasil belajar siswa kelas 9.

Published

2016-11-29