Pengembangan Media Album Herbarium Tumbuhan Spermatophyta di Wilayah Kota Tanjungpinang

  • Erda Muhartati universitas maritim raja ali haji
  • Azza Nuzullah Putri universitas maritim raja ali haji
Keywords: Album Herbarium, Spermatophyta, Hannafin dan Peck

Abstract

Herbarium merupakan media awetan tumbuhan yang dapat berfungsi untuk menunjang proses pembelajaran. Khususnya pembelajaran pada matakuliah dimana tumbuhan (spermatophyta) adalah objek kajian utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media album herbarium yang layak serta valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa pendidikan biologi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development dengan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck yang meliputi tahap: need assessment (analisis kebutuhan), design (perancangan), dan development/implementation (fase pengembangan dan implementasi) yang pada tiap tahapnya dilakukan evaluasi dan revisi. Data hasil penilaian kelayakan dikumpulkan melalui angket validasi yang dinilai oleh validator ahli. Proses pengembangan berjalan dengan baik mengikuti model pengembangan Hannafin dan Peck. Hasil penilaian terhadap album herbarium yang dikembangkan yaitu pada aspek isi diperoleh persentase rata-rata 95% dengan kriteria sangat layak. Begitu juga pada aspek desain media diperoleh persentase rata-rata 83,5 % dengan kriteria sangat layak. Album herbarium yang dikembangkan dapat menjadi alternatif media yang menarik untuk digunakan dalam pembelajaran biologi.

References

Afif, M., Wisanti, Isnawati. (2014). Pengembangan Herbarium Paku-Pakuan Sebagai Media Realita Dalam Materi Keanekaragaman Tumbuhan Untuk Siswa Kelas X SMA. 3(3), 472–478.
Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asra, R., Johari, A., & Haryadi, B. (2019). Pemanfaatan Media Herbarium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Pondok Pesantren Al Hidayah. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(1 SE-), 41–46. https://doi.org/10.22437/jkam.v3i1.7008
Febriani, N., Yelianti, U., & Gardjito. (2013). Pengembangan media pembelajaran berupa awetan daun untuk mata kuliah Struktur Tumbuhan pada prodi pendidikan Biologi. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 2013, 159–164.
Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hannafin, M.J. & Peck, K.L. (1988). The design, development, and evaluation instructional software. New York: Macmillan Publishing Company
Kamisa. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Cahaya Agency.
Koemadji, Wirjosoemarto,et al. (2000). Teknik Laboratorium. FPMIPA UPI.
Lopes, Yos F. Da. 2014.“Pembuatan Herbarium Basah dan Herbarium Kering.”Jurnal Politeknik Pertanian Negeri Kupang 3 (2).
Majid, I., & Mulaicin, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Herbarium Pada Siswa Madrasah Aliyah Kota Ternate. Bioedukasi, (Vol 2, No 1 (2013)). Retrieved from http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/bioedukasi/article/view/179
Marlina, S. (2016). Pengembangan Herbarium Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Su. Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 1–12.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Rohani, Ahmad. (2014). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rohman, Muhammad. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Sadiman, Arief S. (2012). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slavin, Robert. E. (1992). Research Methods in Education. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Susilo, M. J. (2015). Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium untuk Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah. Jurnal Bioedukatika, 3(1), 10. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4141
Suwono, Hadi. (2011). Panduan Belajar Pengembangan Media Mata Pelajaran Biologi. Malang: UM Press.
Tjitrosoepomo, G. (2012). Taksonomi Tumbuhan (Spermatophyta). Gajah Mada University Press.
Published
2021-07-16