Ecopreneurship Memanfaatkan Sumber Daya Lokal untuk Meningkatkan Minat Wirausaha dan Literasi Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.31629/ph.v4i2.2551Keywords:
Kata Kunci: Ecopreneurship, Minat Wirausaha, Literasi LingkunganAbstract
Upaya guru untuk mengembangkan Life Skill dapat dilakukan melalui proses pembelajaran yang diintegrasikan dengan Entreprenial Skill. Pembelajaran biologi sebagai bagian integral dari pembelajaran yang berorientasi proses dan produk memungkinkan untuk mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan pada pembelajarannnya melalui kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran biologi berbasis Ecopreneurship memanfaatkan sumber daya lokal. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel secara purposive. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Prakarya sebanyak 30 siswa. Tahapan pembelajaran biologi berbasis Ecopreneurship dilakukan melalui lima tahapan, yaitu pendahuluan, pembentukan konsep, integrasi konsep, aplikasi konsep, dan pameran produk. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas tes literasi lingkungan dan non tes berupa angket, observasi pembelajaran serta wawancara. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat wirausaha siswa pada tes awal dan tes akhir tetap pada kategori tinggi dengan kenaikan rata-rata 4 poin dengan skor literasi lingkungan siswa secara keseluruhan berada pada kategori sedang dan respon siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis Ecopreneurship pada kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi berbasis Ecopreneurship memanfaatkan sumber daya lokal dapat meningkatkan minat wirausaha dan literasi lingkungan siswa.
References
Anih, E. (2015). Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , ISSN : 2477-5673 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Subang Volume I Nomor 1 , Desember 2015 Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , ISSN : 2477-5673 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pend. I, 113–121.
Aripin, I. (2017). Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Berorientasi 3R (Reuse, Reduce and Recycle) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Sikap Peduli Lingkungan. Bio Educatio, 2(2), 1–11.
Ariyanto, S. (2018). Pengembangan Ecopreneurship di Sekolah Dasar Inklusif. Rumah Pena Pustaka.
Beveridge, R., & Guy, S. (2005). The rise of the eco-preneur and the messy world of environmental innovation. Local Environment, 10(6), 665–676. https://doi.org/10.1080/13549830500321972
Fitriah, E. (2012). Implementasi Bioentrepreneurship Pada Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Life Skills dan Minat Wirausaha Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren di Cirebon. Scientia Educatiae, 1–19. file:///C:/Users/youhe/Downloads/kdoc_o_00042_01.pdf
Holcombe, R. G. (1999). Entrepreneurship and Economic Growth : Reply. Quarterly Journal of Austrian Economics, 2(2), 73–78.
Isaak, R. G. L. (2002). Ecopreneurship, Theory and Ethics. Greenleaf Publishing.
Istikomayanti, Y., Suwono, H., & Irawati, M. H. (2016). Pembelajaran eksperiensial group investigation (GI) sebagai upaya mengembangkan kemampuan literasi lingkungan siswa kelas IV MI. JPBI: Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 57–71. https://doi.org/10.22219/JPBI.V2I1.3372.G3961
Komariah, N., M. Yusup, P., Saepudin, E., & Rodiah, S. (2017). Pendidikan literasi lingkungan sebagai penunjang desa wisata agro Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(2), 111–115. http://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/download/14781/7897
McBeth, B., Hungerford, H., Marcinkowski, T., Volk, T., Cifranick, K., Howell, J., & Meyers, R. (2011). National environmental literacy assessment, phase two: measuring the effectiveness of North American environmental education programs with respect to the parameters of environmental literacy. Final report. NOAA and NAAEE. Accessed November, 28, 2014.
McBeth, W., & Volk, T. (2009). The national environmental literacy project: A baseline study of middle grade students in the United States. Journal of Environmental Education, 41(1), 55–67. https://doi.org/10.1080/00958960903210031
McEwen, T. (2013). Ecopreneurship as a Solution to Environmental Problems : Implications for College Level Entrepreneurship Education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 3(5), 264–288.
Nasution, R. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Lingkungan Siswa SMA Kelas X di Samboja dalam Pembelajaran Biologi. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 352–358.
Natadiwijaya, I. F. (2016). Kreativitas, Minat Dan Kualitas Wirausaha Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Terapan Berbasis Sumber Daya Lokal: Sebuah Studi Kasus Sebagai Dasar Bagi Program Peningkatan Kualitas Pendidikan Guru Biologi. Mangifera Edu, 1(1), 1–7.
Santini, C. (2017). Ecopreneurship and Ecopreneurs: Limits, trends and characteristics. Sustainability (Switzerland), 9(4). https://doi.org/10.3390/su9040492
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rinekacipta.
Suryana. (2013). Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.
Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Raja Presindo Persada.
Trilling, B and Fadel, C. (2009). 21st Century Skills, Learning For Life in Our Time. Jossey-Bass.
Utari, D. T. (2010). Ecopreneurship dalam Konsep Pembangungan Yang Berkelanjutan. Jurnal Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.
Widiasworo, E. (2017). Inovasi Pembelajaran Berbasis Life Skill dan Entrepreneurship. Ar Ruzz Media.
Widodo, S. (2017). Pengembangan Sikap Ecopreneurship Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Melalui Project-Based Learning (Penelitian Eksperimen Semu di Kelas VII SMPN 2 Wado Kabupaten Sumedang). 5(2), 1–12. http://repository.upi.edu/id/eprint/29539