Pengaruh Penerapan Model Rotating Trio Exchange (RTE) Berbantuan Media Couple Card terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik

  • Nurul Oktaviani Biology Education, Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang
Keywords: Rotating Trio Exchange (RTE); Learning Competencies.

Abstract

ABSTRACT. UNP Laboratory Development High School has implemented the 2013 Curriculum, but it is still not optimal. The problem found is that the learning process still often teacher centered which turned students passive. In addition, teachers also do not variation the learning model. The impact is the low student learning competency. This study aims to look at the effect of the application of Rotating Trio Exchange (RTE) by the Couple Card Media on the Learning Competence of Students in Circulation System Material in the UNP Laboratory Development High School. This research is an experimental study with a Randomized Control Group Only Design research design. The population in this study were all students of class XI in the UNP Laboratory Development High School, totaling 54 students distributed in 2 classes. Sampling is done using total sampling techniques. The research instrument used form of posttest questions for aspects of knowledge, observation sheets for aspects of attitude and portfolio assessment for aspects of skills. The data analysis technique used is the t test, which is first performed prerequisite tests, namely the normality test and homogeneity test. The results showed knowledge competence (77.93), attitude competence (82.00), and skills (83.89) in the experimental class were higher than the control class 68.30 respectively; 70.58; and 79.2. These results indicate that the hypothesis is accepted. Therefore, it can be concluded that the Rotating Trio Exchange (RTE) type of cooperative learning model assisted by a couple card media has a significant positive effect on the students' learning competency biology at SMA UNP Laboratory.

ABSTRAK. SMA Pembangunan Laboratorium UNP sudah menerapkan Kurikulum 2013, namun  masih belum optimal. Permasalahan yang ditemukan adalah proses pembelajaran masih teacher centered sehingga membuat peserta didik pasif. Selain itu, kurangnya variasi model pembelajaran. Dampaknya adalah rendahnya kompetensi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model Rotating Trio Exchange (RTE) Berbantuan Media Couple Card terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas XI di SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 54 orang peserta didik yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian untuk aspek pengetahuan berupa soal posttest, untuk aspek sikap berupa lembar observasi dan untuk aspek keterampilan berupa penilaian portofolio. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat lalu dilakukan uji t. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi pengetahuan (77,93), kompetensi sikap (82,00), dan keterampilan (83,89) pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol berturut-turut 68,30; 70,58; dan 79,22. Hasil analisis hipotesis di ketahui bahwa thitung pada ketiga kompetensi ini lebih besar dari ttabel. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan model RTE berbantuan media couple card berpengaruh positif yang berarti terhadap kompetensi belajar biologi peserta didik di SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

References

Amaliah, Rezeki. 2017. Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak dengan Menerapkan Model Rotating Trio Exchange (RTE) pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Bantimurung. Jurnal Dinamika,Vol. 08, No.1: 11-17.

Anggraini, Hasti. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Materi Upaya-upaya Penegakan HAM di Indonesia. Jurnal Forum Ilmu Sosial. Vol. 42, No. 1: 27-37.

Asma, Nur. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: Universitas Negeri

Padang Press.

Asmawati. 2016. Peranan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 4, No. 3: 343-348.

Kelas VIIB SMP Negeri 13 Makassar

Astuti, Rini. 2015. Penerapan Model Rotating Trio Exchange (RTE) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam di Kelas XI IPA SMA N 9 Pekanbaru. Skripsi. Riau: Universitas Negeri Riau.

Dipayana, I Md Dyatma, I Gst. Ngr. Japa, I Md. Suarjana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah. Vol. 6 No. 1: 1-10.

Ekawati, Sri. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi pada Topik Persamaan Dasar Akutansi. Jurnal Pendidikan Tabusai. Vol. 2, No. 2: 176-184.

Frensita, Dina, Dinawati Trapsilasiwi dan Nurcholif D. S. L. 2014. Penerapan Model Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII A pada Sub Pokok Bahasan keliling dan Luas Bangun Segitiga dan Segiempat di SMP Negeri 1 Ajung Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pancaran. Vol. 3, No. 2: 43-52.

Hasanah, Mariawati dan Ahmad Fathoni. 2018. Penerapan Model Tipe Rotating Trio Exchange Berbantu Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Edumatic. Jurnal Pendidikan Informatika, Vol. 3, No. 1: 1-6.

Hasanah, Nor Fajariyatul, Mohammad Edy Nurtaman, dan Umi Hanik. 2018. Pengaruh Model Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN Pinggir Papas 1 Sumenep. Jurnal Widyagogik, Vol. 6, No. 2: 112-121.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Heliyandari, Y. 2018. Penerapan Model Rotating Trio Exchange terhadap Keterampilan Kooperatif dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 9, No. 1: 28-35.

Kemendikbud. 2016. Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta.

Lagawati, Farida Dwi. 2014. Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model RTE. Jurnal Derivat. Vol.1, No.1: 19-28.

Muawanah, Siti Fatimatul, Zainal Abidin, Surya Sari Faradiba. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange dengan Media LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Perbandingan Siswa MTS Al-Amin Malang. Jurnal Pendidikan, Vol 14, No. 7: 1-7.

Neshia, Wisya, Mitri Irianti, Zuhdi Ma’ruf. 2018. Penerapaan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 14 Pekanbaru. Skripsi. Riau: Universitas Riau.

Noviyana, Hesti. 2016. Pengaruh Model Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 17 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Lentera. Vol. 2.

Prasetya, Diky. 2013. Implementasi Metode Think Pair Share dengan Menggunakan Media Couple Card pada Kompetensi Dasar Kenampakan Alam dan Keragaman Suku Bangsa untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Sidorejo 02 Saradan Madiun. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Puspitasari, Ai Nina Karlina. 2019. Penerapan Teams Games Tournament Bermedia Couple Card untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sadikin, Ali. 2017. Pengaruh Penerapan Model Rotating Trio Exchange terhadap Hasil belajar Mata Kuliah Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. Jurnal Biodik. Vol. 3, No. 2: 73-80.

Salafudin, Faisal dan Bambang Sudarsono. 2019. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Rotating Trio Exchange di SMK Tunas Nusantara Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif. Vol. 13, No. 01: 91-95.

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia

Sudjana. 2009. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Satuman. 2019. Peningkatan Keterampilan Mempraktikkan Permainan Bola Voli pada Mata Pelajaran Penjasorkes melalui Pendekatan Model Rotating Trio Exchange siswa Kelas VI SDN Keper Kecamatan Krembung. Jurnal Revolusi Pemdidikan. Vol. II, No. 3: 36-43.

Wahono. 2013. Efektivitas Model Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Hasil Belajar Kompetensi Dasar Atmosfer dan Hidrosfer Kelas VII SMP 9 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Yuliyati, Baharuddin, dan Rafiqah. 2016. Penerapan Model Rotating Trio Exchange (RTE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 4, No. 2: 1-4.

Published
2020-08-05