Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Media Video Animasi Tiga Dimensi (3D)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v3i2.1641

Keywords:

PTK, Media Video, Hasil belajar, Pedagogi Hayati, Pembelajaran Biologi

Abstract

ABSTRACT: Three-dimensional (3D) animation video is one of the media that can be applicated by teachers in the learning process. The use of this media is an alternative for teachers as an effort to improve the learning quality, especially in biology subjects. This study aims to determine the increase in student biology learning outcomes through the application of three-dimensional (3D) animation video media. This research is a classroom action research conducted in two cycles. The research subjects consisted of the students of State Junior High School Number 19 of Kerinci. Data collection techniques through observation and test sheets. Based on the results of data analysis, the average post-test score obtained in the first cycle was 74,94 with the percentage of students achieving Minimum Mastery Criteria (KKM) was 55,5%. In the second cycle, the average post-test score was 81,27 with the percentage of students who reached the minimum mastery criteria (KKM) was 88,8%. The results showed that the application of three-dimensional (3D) animation video media influenced the improvement of student biology learning outcomes.
Keywords: 3D Animation Video, Biology Learning Outcomes, Learning Media


ABSTRAK: Media video animasi tiga dimensi (3D) adalah salah satu media yang dapat diaplikasikan guru dalam proses pembelajaran. Penggunakan media ini menjadi alternatif bagi guru sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan media animasi tiga dimensi (3D). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian terdiri dari siswa SMP Negeri 19 Kerinci. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata nilai post-test pada siklus pertama adalah 74,94 dengan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 55,5% . Pada siklus kedua diperoleh rata-rata nilai post-test adalah 81,27 dengan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 88,8%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media video animasi tiga dimensi (3D) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar biologi siswa.
Kata Kunci: Video Animasi 3D, Hasil Belajar Biologi, Media Pembelajaran

References

Deporter, B & Hernacki. 2005. Quantum Learning, Bandung: Kaifa

Ferry, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa Melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Mata Kuliah Evolusi. Journal on Education, 1(4), 809-816. Retrieved from http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/249

Miftania, A. 2001. Film Animasi 2D Berbasis 3D Menggunakan Teknik Cell Shading Berjudul The Postman Story. Surabaya: STIKOM

Purwanto, N. 2013, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N & Rivai, A. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sukardi, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya, Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Sukiyasa, K & Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 3 No 1. DOI: 10.21831/jpv.v3i1.1588

W. S. Anwar, W. Liliawati, J. A. Utama . 2013. Penerapan Pembelajaran Konseptual Interaktif dengan Menggunakan Media Animasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPBA dan Mengetahui Profil Aktivitas Siswa SMP. WAPFI Journal. Vol. 1. No. 1. DOI:10.17509/wapfi.v1i1.4892

Yunita, L. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan di SMP 1 Darussalam. Skripsi. Banda Aceh : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Downloads

Published

2019-11-27