Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMPN 13 Padang
DOI:
https://doi.org/10.31629/ph.v3i2.1635Keywords:
Literasi Sains, Model Scramble, Kompetensi Belajar, Sistem Pernafasan, Pedagogi HayatiAbstract
This research is based on the problems that exist in SMPN 13 Padang, namely the learning model that is less varied, students learning abilities are still low, teacher-centered learning. The effort that can be done to apply the scramble learning model with science literacy in the human respiratory system at SMPN 13. The purpose of this research was to determine the effect of applying the scramble learning model with scientific literacy on the learning competencies of grade VIII students of SMP 13 Padang. This research was an experimental research with a randomized control group posttest only design. The study population was grade VIII students of SMP 13 Padang in the 2018/2019 academic year which spread to eight classes. The research sample was taken using purposive sampling. The results were selected class VIII.3 as the experimental class and class VIII.2 as the control class. The hypothesis in this study was tested using the t-test. The results of the study using the t-test can be concluded that the competency of students knowledge about the value of tcount 2.83> ttable 1.67, the competency attitudes of tcount 5.77> ttable 1.67, and competency skills of tcount 1.91> ttable 1.67. This point that the hypothesis is accepted. So, it can be concluded that the application of the scramble learning model with scientific literacy can improve the competency of knowledge, attitudes, and skills of grade VIII students of SMP 13 Padang.
ABSTRAK: Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ada di SMPN 13 Padang, yaitu model pembelajaran yang kurang beragam, kemampuan belajar siswa masih rendah, pembelajaran yang berpusat pada guru. Perlu upaya untuk menerapkan model pembelajaran dengan orientasi literasi sains dalam sistem pernapasan manusia di SMPN 13. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dampak penerapan model pembelajaran dengan literasi sains terhadap kompetensi belajar siswa kelas VIII SMP 13 Padang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan randomized control group posttest only design. Populasi dalam studi ini adalah siswa kelas VIII SMP 13 Padang pada tahun akademik 2018/2019 yang menyebar ke delapan kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan purposive sampling. Hasil yang dipilih adalah kelas VIII. 3 sebagai kelas eksperimental dan kelas VIII. 2 sebagai kelas kontrol. Hipotesis dalam studi ini diuji menggunakan t-Test. Hasil penelitian menggunakan t-Test dapat disimpulkan bahwa kompetensi siswa dengan nilai t-hitung 2,83 > t-tabel 1,67, kompetensi sikap dengan t-hitung5,77 > t-table 1,67, dan keterampilan dengan t-hitung 1,91 > t-tabel 1,67. Dengan demikian hipotesis alternative diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran dengan literasi sains dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa kelas VIII SMP 13 Padang.
References
Artini, A. A. Ayu Sri Vidya. I Wyn, Sujana. dan I Km Ngurah Wiyasa. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompiang Sujana. E- Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan PGSD. Vol 02. No 1.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Diani, R., Yuberti dan S, Syafitri. 2016. Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni.Vol 05. No 2.
Diena, B, B., Pujiastuti dan Siti,M. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Scrambledan Time Token untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Jember (Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Manusia). Jurnal Edukasi.Vol 02 No 3.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Imami, F., Wasitohadi, Rahayu, T.S. 2018. Peningkatan Minat Belajar Tematik Mupel IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Siswa Kelas 5 SDN Salatiga 09 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Berkarakter. Mataram.
Jumania, Irawan Bony, Putri, A.N. 2019. Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas Viii Di SMP Negeri 8 Tanjungpinang. Pedagogi Hayati Volume 3 No 1.
Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Novidsa, I., Syamsurizal, dan R. Darusyamsu. 2017. “Peningkatan Kompetensi Sikap Peserta Didik Dengan Penerapan Strategi Learning Community Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas VIII di SMPN 12 padangâ€ÂÂ. Bioeducation Journal.Vol01. No 2.
OECD. 2016. Programme For International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2015.
Risdiyanto, T. A., E. Yuniarti., R. Yogica., Syamsurizal. 2019. PengaruhModel Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan Manusia.Atrium Pendidikan Biologi.Volume 4 No 1.
Sudarmi dan Burhanuddin. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar.Eralingua : Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra.Volume 1 No 1.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Taniredja, T., Faridli, E.M., Harmianto, S. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Yuliati, Y. 2017. Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas.Vol 3. No 2