Profil Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Tanjungpinang

Authors

  • Jumania nia Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Azza Nuzullah Putri
  • Bony Irawan

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v3i1.1340

Keywords:

KPS, profil, UMRAH, 2019, pedagogi hayati, keterampilan proses sains

Abstract

Abstract: This research aims to describe science process skills in science learning at the eight grade of SMP Negeri 8 Tanjungpinang. This research uses descriptive quantitative approach. The sample of this research were students from VIII A, VIII C, and VIII E grade of SMP Negeri 8 Tanjungpinang. Data in this research was gained from observation sheets instrument and test science process skills. The result of analysis showed science process skills of students VIII grade was good. Based on average result of science process skills from observation sheets is 66% in good category, and the result of science process skills from test is 68% in good category. When viewed from the test result the aspect of submitting hypotheses with a percentage is 54% enough category of the sample used class. Teachers suggested to develop more science process skills in the learning, both in terms of test, discussion, and experiment.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 8 Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan kelas VIII A, VIII C, dan VIII E di SMP Negeri 8 Tanjungpinang. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes keterampilan proses sains. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa kelas VIII dapat dikategorikan baik. Berdasarkan hasil rata-rata keterampilan proses sains dari lembar observasi terukur sebesar 66% dengan kategori baik. Begitu juga dengan hasil tes keterampilan proses sains menunjukkan rata-rata persentase 68% dengan kategori baik. Jika dilihat dari hasil tes aspek mengajukan hipotesis dapat dikategorikan cukup dengan persentase 54% dari kelas sampel yang digunakan. Disarankan kepada guru lebih dapat mengembangkan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran, baik itu dari segi tes, diskusi serta percobaan.

References

Andriani, Ria. 2018. Korelasi Sikap Ilmiah Siswa Dengan Hasil Belajar IPA Kelas VIII Pada Materi Gerak Pada Makhluk Hidup di MTsN Pangian. Skripsi FTIK, Institut Agama Islam Negeri, Batu Sangkar.

Fatonah, Siti., & Prasetyo, Zuhdan, K. 2014. Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Ombak.

Indriastuti, dkk. 2013. Kesiapan Laboratorium Biologi dalam Menunjang Kegiatan Praktikum SMA Negeri di Kabupaten Brebes. Unnes Journal of Biology Education(2).

Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran SAINS. Cetak ke-I, Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Kurniawati, Astri. 2015. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI Semester II MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013 Pada Pembelajaran Kimia Dengan Model Learning Cycle 5e. Skripsi JPK. FMIPA. UNY.

Nurhasanah. 2016. Penggunaan Tes Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa dalam Pembelajaran Konsep Kalor dengan Model Inkuiri Terbimbing. Skripsi FITK, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Riati, Mimis. 2015. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA di SD. http://www.academia.edu/11483235/KETERAMPILAN_PROSES_DAN_PENDEKATAN_SAINTIFIK_IPA_DI_SD. Diakses tanggal 30 November 2018.

Rustaman, N. Y., dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Common Textbook JICA IMSTEP. Bandung: FPMTP A UPI.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cetakan ke-III, Jakarta Barat: Indeks.

Zubaidah, Siti., dkk. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Downloads

Published

2019-11-06