Respon Guru Terhadap Flip Book Pembelajaran Bioteknologi Berbasis Fermentasi Khas Kalimantan Barat Di SMA Kubu Raya

Authors

  • Mutia ulyanti Mutia Muhammaddiyah
  • Hanum Mukti Rahayu
  • Mahwar Qurbaniyah

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v3i1.1302

Keywords:

biotechnology, flip book, SMA and MA kubu raya

Abstract

ABSTRACT. The learning process of biotechnology material in SMA and MA Kubu Raya still has problems such as the lack of learning media that only textbooks and LKS. The textbooks and LKS have drawbacks, including only showing a few images, too much writing and material that does not yet contain the potential of local West Kalimantan biotechnology. So that development is carried out, namely the flip book that has gone through a validation process. However, the untrue response to the flip book is unknown, so the purpose of this study was to determine the teacher's response to the West Kalimantan-based biotechnology flip book learning typical of the Kubu Raya High School. The method used is descriptive with quantitative and qualitative approaches. The data collection tool in this study was using a closed questionnaire. Determination of the sample using purposive sampling technique with consideration of the area and school accreditation. The results showed that the average response of teachers of SMA and MA Kubu Raya to flip books in aspects of attraction was 84.99%, material aspects 82.34%, language aspects 84.73%, and media aspects 74.73%. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that the teacher's response to the West Kalimantan-based biotechnology flip book learning typical of SMA Kubu Raya has positive criteria based on aspects of interest, material aspects, language aspects and media aspects.

ABSTRAK.  Proses pembelajaran materi bioteknologi di SMA dan MA Kubu Raya masih memiliki permasalahan seperti kekurangan media ajar yang hanya menggunakan media berupa buku paket dan lembar kerja siswa (LKS). Buku paket dan LKS tersebut memiliki kekurangan antara lain hanya menampilkan sedikit gambar, terlalu banyak tulisan dan materi belum memuat potensi bioteknologi konvensional lokal Kalbar. Sehingga dilakukan pengembangan yaitu flip book yang telah melalui proses validasi. Namun respon giru terhadap flip book tersebut belum diketahui sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon guru terhadap flip book pembelajaran bioteknologi berbasis fermentasi khas Kalimantan Barat di SMA Kubu Raya. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini ialah dengan menggunakan angket tertutup. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan wilayah dan akreditasi sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata respon guru SMA dan MA Kubu Raya terhadap flip book pada aspek ketertarikan sebesar 84,99%, aspek materi 82,34%, aspek bahasa 84,73%, dan aspek media 74,73%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa respon guru terhadap flip book pembelajaran bioteknologi berbasis fermentasi khas Kalimantan Barat di SMA Kubu Raya memiliki kriteria positif berdasarkan aspek ketertarikan, aspek materi, aspek bahasa dan aspek media.

References

Alvitri Wijayanti, dkk. (2015). Respon Petani Terhadap Inovasi Budi daya dan pemanfaat sorgum dikecamatan srandakan kabupaten Bantul. Jurnal Argo Ekonomi. 26(2).

Nurhidayati, S., & Khaeruman. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Bioteknologi Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Jupe. 2(2) 87-91.

Putra, B.F., Ardi., & Leilani, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Aplikasi Flash Flip Book tentang Materi Animalia untuk Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Pariaman. Journal Biosains. 1(2): 165-173.

Ramdayana, (2014). Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Media flip book (Kvisoft flip book Maker Pro) Sub Materi Atmosfer. Samarinda : Universitas Mulawarman.

Rafikayuni.,dkk. (2017). Respon siswa terhadap lks berbasis predict Observe explanation (poe) pada submateri Keanekaragaman hayati kelas X. Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak.: 343.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, D.P., dkk. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) pada Materi Balok dan Kubus untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(5): 534-549.

Yulistiani, dkk. (2014). Evaluasi Proses Fermentasi Pada Kualitas Tempoyak. Jurnal Rekapangan. 8(1): 84.

Yani suryani, dkk. (2017). Pengaruh penambahan urea dan sulfur pada limbah padat bioetanol yang difermentasikan em-4 terhadap kandungan protein dan serat kasar. Jurnal ilmiah peternakan terpadu. 5 (1):13.

Zainal, B., dkk. (2016). Pengaruh Kuantitas Garam Terhadap Kualitas Bekasam. Jurnal Biota. 2(2): 154.

Downloads

Published

2019-11-06