Praktikalitas Multimedia Interaktif Dilengkapi Educational Games pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk Siswa Kelas X

Authors

  • Rahmadhani Fitri Biology Department, Universitas Negeri Padang
  • Laila Kurnia Sari Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31629/ph.v3i1.1258

Keywords:

educational games, multimedia interaktif, archaebacteria

Abstract

ABSTRACT. Based on the result of observation and interview, many students were not interested in following the learning because the learning media is less varied. The appropiate learning media could help students learn to master the lesson materials. The solution was by using interactive multimedia was completed by educational games which can be used whenever they want for involving their study. The Biology teacher and the students in SMA Negeri 8 was trained to use interactive multimedia was completed by educational games in biology learning. This training was evaluated through practicality instrument. Data analyzed using descriptive statistical analysis. Based on the results of data analysis obtained the value of practicality is 79,54% by teacher with practice category and by student equal to 89,60 % with very practice category.

ABSTRAK.  Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, banyak siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran karena media yang kurang bervariasi. Media pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa belajar menguasai materi pelajaran. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan multimedia interaktif yang dilengkapi dengan game edukasi yang dapat digunakan kapan saja mereka mau untuk mempelajari materi pelajaran. Multimedia interaktif yang dilengkapi dengan game edukasi dalam pembelajaran biologi diujicobakan pada guru Biologi dan siswa di SMA Negeri 8. Uji coba ini dievaluasi melalui instrumen kepraktisan. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai kepraktisan dengan kategori praktis yaitu dengan nilai 79,54% oleh guru dan 89,60% oleh siswa.

References

Ananda, R. P. (2017). “Pengembangan Multimedia Interaktif disertai Games Duel Otak pada Materi Ekosistem untuk Peserta Didik Kelas X MIA SMAâ€ÂÂ. Bekala Ilmiah Bidang Biologi, Vol. 1, No. 2: 261-268.

BNSP. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: BSNP.

Bjoener, T. dan C. B. Hansen. (2010) “Design an educational Games: Desin Principles from a Holistic Perspectiveâ€ÂÂ. International Journal of Learning, Vol. 17, No. 10: 279-290.

Cairncross, S. dan M. Mannion. (2001). “Interactive Multimedia and Learning: Realizing the Benefitsâ€ÂÂ. Innovations in Education and Teaching International, Vol. 38, No. 2: 156-164.

Priliandhika, V. (2017). “Pengembangan Multimedia Interaktif Bermuatan Games Tebak Kata (MI-GTK) pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMAâ€ÂÂ. Berkala Ilmiah Bidang Biologi, Vol. 1, No. 2: 295-305.

Fathiyati, R. dan R. P. Utami. (2012). “Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Flash sebagai Sumber Belajar bagi Siswa SMA/MA Kelas XI Semester 2 Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusiaâ€ÂÂ. Prosiding Seminar Biologi, Vol. 9, No. 1: 211-217.

Fitri, R., R. Sumarmin, dan Y. Ahda. (2014). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Biologi Berorientasi Pendekatan Kontekstual pada Materi Pewarisan Sifat Untuk Kelas IXâ€ÂÂ. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 5, No. 1: 55-64.

Fitri, R. dan R. Yogica. (2018). “Validitas Game Edukasi Klasifikasi Tumbuhan Berbasis Permainan Koa sebagai Media Pembelajaran Biologi†Jurnal Pedagogi Hayati, Vol. 2, No. 2: 25-30.

Fitriza, Z., Iswendi, Iryandi, dan F. Q. ‘Aini. (2018). “Praktikalitas Penggunaan Media Sosial Pembelajaran Edmodo untuk Program Remedial dan Forum Diskusi Guruâ€ÂÂ. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), Vol. 2, No. 1: 78-84.

Iriantara, Y. (2014). Komunikasi Pembelajaran: Interaksi, Komunikatif, dan Edukatif dalam Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Krisnawati, T. (2014). “Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran untuk Mata Pelajaran Biologi di SMAâ€ÂÂ. Jurnal Ilmiah Guru “COPEâ€ÂÂ, No. 02: 1-7.

Noemi, P. dan S. H. Maximo. (2014). “Educational Games For Learningâ€ÂÂ. Journal of Educational, Vol. 2, No. 3: 230-238.

Satyaprakasha, C. V. dan Y. Sudhanshu. (2014). “Effect of Multi Media Teaching on Achievement in Biologyâ€ÂÂ. International Journal of Education and Psychological Research, Vol. 3, No. 1: 41- 45.

Senam, R. Arianingrum, Rr. L. Permatasari, dan Suharto. (2008). Efektivitas Pembelajaran Kimia untuk Siswa SMA Kelas XI dengan Menggunakan LKS Kimia Berbasis Life Skill. Didaktika, Volume 9, Nomor 3: 280-290.

Taufiq, M., N. R. Dewi, dan A. Widiyatmoko. (2014). “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema ‘Konservasi’ Berpendekatan Science Edutainmentâ€ÂÂ. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 3, No. 2: 140-1.

Zakirman dan Hidayati. (2017). Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, Vol. 06 No. 1: 85-93

Downloads

Published

2019-11-06