PEMBERDAYAAN POTENSI IBU-IBU PESISIR DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA PADA SENTRA INDUSTRI KERUPUK SEI LEKOP KABUPATEN BINTAN
DOI:
https://doi.org/10.31629/jme.v6i2.6776Kata Kunci:
Pemberdayaan, Ekonomi Keluarga, Industri Kerupuk Sei LekopAbstrak
Berdasarkan potensi sumber daya laut dan reputasi yang dimiliki Bintan sebagai pusat produksi kerupuk ikan yang terkenal, maka pengembangan bisnis kerupuk ikan di Bintan memiliki prospek yang menjanjikan. Selain itu, pengembangan bisnis kerupuk ikan di Bintan juga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal, seperti peningkatan pendapatan dan peningkatan lapangan kerja di sektor perikanan dan kerajinan. Target kegiatan pengabdian masyarakat ini melalui sosialisasi dan pelatihan dalam membuat packaging yang baik sesuai aturan yang berlaku telah tercapai dapat ditunjukkan dengan partisipasi peserta (ibu-ibu Sentra kerupuk Sei Lekop Kabupaten Bintan) agar bisa mahir menggunakan alat-alat pembuat kemasan. Untuk selanjutnya target penyusunan laporan finalisasi dan output dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat difinalisasi sesuai jadwal.
Unduhan
Referensi
Akbar D, & Pratama RA. 2021. Penguatan Ekonomi Kelautan Berkelanjutan Melalui Pendampingan Socio-Ecological Market Economy Kepada Masyarakat Pesisir di Kabupaten Bintan. Journal of Maritime Empowerment. 4(1): 1–5. https://doi.org/10.31629/jme.v4i1.3901
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan. 2014. Pengembangan Produk Hasil Perikanan. Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.
Fauzar S. 2022. Menciptakan Inovasi Brand dan Memperluas Pemasaran Produk Olahan Desa Air Glubi. Journal of Maritime Empowerment. 4(2): 43–47. https://doi.org/10.31629/jme.v4i2.4737
Fitriyanti L. 2022. Analisis Pemasaran Kerupuk Ikan dalam Meningkatkan Pendapatan Kebutuhan Rumah Tangga Nelayan. Jurnal Manajemen FE-UB. 10(1): 129-138.
Hasnarika H. 2022. Pelatihan Pengenalan Branding dan Product Packaging Masyarakat Kampung Belakang Sidi. Journal of Maritime Empowerment. 4(2): 37–42. https://doi.org/10.31629/jme.v4i2.4736
Kotler P, & Amstrong G. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Nurlaili N, & Muhartono R. 2017. Peran Perempuan Nelayan dalam Usaha Perikanan Tangkap dan Peningkatan Ekonomi Rumah Tangga Pesisir Teluk Jakarta. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. 12 (2): 203-212. http://dx.doi.org/10.15578/jsekp.v12i2.6481
Prasetyowati D, Rasiman R, Minarti IB, & Setiawan DF. 2020. Peningkatan Kualitas dan Kemasan pada Kelompok Usaha Kerupuk Ikan di Desa Bendar Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. 2(2): 110-119. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i2.68
Ratnawati T, & Lokajaya IN. 2021. Coaching Small Industries Kerupuk Kawasan Wisata Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Abimanyu: Journal of Community Engagement. 2(1): 9–19. https://doi.org/10.26740/abi.v2i1.8188
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Iranita, Bunga Paramita, Kiki Wulandari, Ezky Tiyasiningsih, Dodi Dermawan, Nur Bayti, Lastri Anggi Fani, Sufnirayanti, Imalinda Deryane
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.