PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMKN 3 TANJUNGPINANG
DOI:
https://doi.org/10.31629/jme.v4i2.4738Kata Kunci:
Media Sosial, Pembelajaran, Bahasa Inggris, TanjungpinangAbstrak
Sosialisasi Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan bahasa Inggris bagi siswa. Materi sosialisasi yang diberikan mencakup skil-skil dasar yang sangat berguna untuk menunjang kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis. Dalam realisasi kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMKN 3 Tanjungpinang dilakukan dengan melalui 3 tahapan, antara lain : tahap 1 (diskusi), tahap 2 (tutorial) dan tahap 3 (observasi dan evaluasi). Pemanfaatan internet sebagai media pendidikan di sekolah dapat menunjang proses belajar mengajar bahasa Inggris. Penggunaan internet dapat mendorong siswa lebih aktif belajar sehingga prestasi belajarnya meningkat. Meskipun internet dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran, tetapi ada beberapa kelemahan yang harus diatasi oleh guru sebagai pendidik di sekolah dan sebagai praktisi media internet. Tugas guru tidak hanya menggunakan keunggulan internet saja, tetapi juga perlu memikirkan cara-cara untuk mengurangi kelemahan tersebut.
Unduhan
Referensi
Bitner N, & Bitner J. 2002. Integrating Technology into the Classroom: Eight Keys to Success. iThe Journal of Technology and Teacher Education. 10: 95-100.
Grey D. 1990. The Internet in School. London and New York: Cassell.
Jasmadi. 2004. Panduan Praktis Menggunakan Fasilitas Internet. Yogyakarta: CV. Andi.
Mali YCG. 2017. EFL Students’ Experiences in Learning CALL Through Project Based Instructions. TEFLIN Journal. 28(2):170-192.
Kutluca T. 2011. A Study on Computer Usage and Attitudes Toward Computers of Prospective Preschool Teacher. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. 2(1): 1-17.
Sanjaya W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudiran. 2011. A Model of The Use of Internet Media in Reading Comprehension. CELT: A Journal of Culture, English Language Teaching & Literature. 11(2): 177-210.
Sumintono B, Wibowo SA, Mislan N, & Tiawa DH. 2012. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengajaran: Survei pada Guru-guru Sains SMP di Indonesia. Jurnal Pengajaran MIPA. 17(1): 122-131.
Tanti M. 2012. Literacy Education in the Digital Age: Using Blogging to Teach Writing. Teaching English with Technology Journal, Special Issue on LAMS and Learning Design. 12(2): 132-146.