PELATIHAN ASPEK MARKETING MIX UNTUK USAHA KERAJINAN TANGAN DALAM PEMANFAATAN POTENSI ALAM BINTAN DI KECAMATAN BINTAN UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31629/jme.v3i2.3496Kata Kunci:
Aspek Marketing Mix, KKerajinan Tangan Hasil Laut, Kecamatan Bintan UtaraAbstrak
Untuk menciptakan ekonomi kreatif dibutuhkan kerjasama oleh seluruh pihak baik pemerintah, para intelektual dan dunia pengusaha. Pemerintah bertugas menetapkan regulasi yang berkaitan dengan ekonomi kreatif dan memberikan ruang kepada masyarakat untuk menggali kreatifitas masyarakat yang bisa bersumber dari nilai budaya daerah masing-masing. Salah satu lini bisnis di Indonesia yang memiliki perkembangan cukup baik adalah bisnis kerajinan tangan. Hal ini dikarenakan kekayaan alam yang berlimpah terutama hasil laut di Indonesia, sehingga banyak produk dibuat kerajinan tangan dengan pemanfaatan limbah hasil laut. Inilah yang kemudian mendorong banyak pihak untuk mencoba peluang bisnis yang satu ini. Salah satu nya adalah Kelurahan Tanjung Uban Utara Kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan Kepulauan Riau. Cukup beragam produk kerajinan tangan yang dihasilkan terutama Kelurahan Tanjung Uban Utara. Usaha ekonomi masyarakat itu yang memiliki potensi untuk dipasarkan dan dikembangkan dengan manajemen pemasaran yang lebih luas. Bentuk yang ada sudah bagus, dan perlu ditingkatkan lagi khususnya yang menyangkut produk, harga, promosi dan distribusinya. Desain kerajinan tangan masyarakat cukup menarik dan perlu ditingkatkan penjualan di pasar, baik pasar lokal maupun potensi pasar luar negeri, sehingga potensi pasar semakin luas. Strategi yang diterapkan untuk memasuki pasar adalah bauran pemasaran (marketing mix), bagaimana produk bisa memiliki keunggulan bersaing dan diminati konsumen.
Unduhan
Referensi
Batam News, 2019. Road Safety Melenial tahun 2019. Polda Provinsi Kepulauan Riau.
BPS-Kepri (2016), Perkembangan pertumbuhan Ekonomi Provinsi Kepulauan Riau
Iranita dan Lia Suprihartini, 2016, Pengantar Praktis Manajemen Pemasaran, cetakan 1, ISBN. 978-602-6770-30-1, Penerbit. UmrahPress, Tanjungpinang
Kotler, P.,& Armstrong.G, 2014, Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 (13th Ed), Jakarta : Erlangga
_________, 2013, Manajemen Pemasaran Jilid 2 (13th Ed), Jakarta:Erlangga
_________ dan Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, edisi ketigabelas Jilid 1, alih Bahasa oleh Bob Sabran, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Majalah marketing, 2018, Welcome to digital Economy , edisi 01/XVIII / Januari, Gramedia :Jakarta