SOSIALISASI PENGENALAN EMOSI BERBASIS FILM INSIDE OUT PADA SISWA SDN 010 BINTAN UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31629/jme.v8i1.7677Kata Kunci:
Pengenalan Emosi, Film Inside Out, Siswa Sekolah DasarAbstrak
Siswa yang berada pada tahap peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa, akan mengalami terjadinya perubahan signifikan dalam aspek fisik, psikologis, dan sosial-emosional. Untuk mengembangkan kematangan emosi, siswa dituntut untuk mengenali emosi, mengungkapkan perasaan secara wajar, memahami berbagai macam emosi dan ekspresi emosi dari diri sendiri dan orang lain, serta mengungkapkan perasaan berdasarkan pertimbangan kontekstual. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang mengenali emosi yang dimiliki kepada siswa SDN 010 Bintan Utara melalui media film Inside Out. Film Inside Out sendiri menceritakan sosok Riley yang memiliki 5 jenis emosi yang memiliki perannya masing-masing dalam mengungkapkan emosi yang dimiliki yaitu Joy (senang), Sadness (sedih), Fear (takut), Angry (marah) dan Disgusting (jijik/muak). Metode pelaksanaan menggunakan ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan mengisi LKPD Termometer Emosi dengan melibatkan 38 siswa kelas 6. Kegiatan dilaksanakan selama 1 hari. Hasil kegiatan menunjukkan siswa dapat mengenali 5 jenis emosi berdasarkan film Inside Out dan menuangkannya dalam LKPD Termometer emosi. Selain itu selama kegiatan menunjukkan antusiasme yang tinggi dari siswa maupun guru.
Referensi
Azizah, A., & Fatimah, N. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN Kapopo. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 9–17. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.123
Bahari, J. I. (2021). Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak di TK Al Islam. Incare: International Journal of Educational Resources, 1(6), 508–521. https://doi.org/10.59689/incare.v1i6.209
Dalimunthe, A. Q., Sinulingga, N. N., Mariati, M., Chandra, M. D., & Syaifani, M. I. (2025). Penerapan Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) dalam Pembentukan Karakter Islami pada Anak Usia Dini. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 93–109. https://doi.org/10.69552/alihsan.v6i1.3346
Febriyanti, N. A., Kifani, A. P., Herani, C., & Siswoyo, A. A. (2024). Dampak Media Audiovisual Pada Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SDN Lawangan Daya 3 Dalam Pembelajaran IPA: Perspektif Guru Dan Siswa. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(11). https://doi.org/10.62281/v2i11.997
Fitriana, R. A., Mustika, I., & Hidayah, N. (2024). Psikoedukasi untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 3(6), 169–174.
Hadian, M. I., & Mutaqin, F. (2023). Analisis Visual Karakter Emosi Dalam Film Inside Out Dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes. Prosiding Seminar Nasional Desain, Pariwisata Dan Industri Kreatif, 2, 124–138.
Kusumawati, N. V. (2021). Mengenali Intelegensi Emosional dari film Inside Out! Kumparan. Kumparan. Retrieved from https://kumparan.com/viorakurniawati/mengenali-intelegensi-emosional-dari-film-inside-out-1x5cCExzZkh
Luthfiyah, H., Apriliya, S., & Muharram, M. R. W. (2025). Literasi Emosi Aspek Mampu Mengetahui Perasaan Diri: Studi Etnografi Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 406–420. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26090
Marsari, H., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Perkembangan Emosi Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1816–1822. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1182
Maulida, J., Apriliya, S., & Nuryadin, A. (2025). Analisis Kemampuan Literasi Emosi : Aspek Mengelola Emosi Pada Siswa Kelas V SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 387-401. https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.30634
Mulyana, E. H., Gandana, G., Zamzam, M., & Muslim, N. (2017). Kemampuan Anak Usia Dini Mengelola Emosi Diri Pada Kelompok B di TK Pertiwi Dwp Kecamatan Tawang. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 214–232. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9361
Novadian, A. (2022). Termometer Emosi sebagai Pengendalian Diri. Kompasiana. Retrieved from https://www.kompasiana.com/ariananovadian6984/6234ace7cfca516ccd440274/termometer-emosi-sebagai-pengendali-diri
Pulukadang, W. T., Monoarfa, F., & Aries, N. S. (2024). Program Kreatif untuk Menciptakan Masyarakat Literasi di Kawasan Pesisir Desa Potanga Kabupaten Boalemo. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 74–80. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1733
Rahmadhani, D. (2024). Representasi Pengendalian Emosi Dasar dalam Film Animasi Anak “Inside Out”. [Skripsi]. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Ramadhani, D. A. R. K. (2018). Emosi Dasar Dalam Film (Studi Analisa Semiotika dalam Film Animasi “Inside Out”). [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Sindy, S. S., Eka, N. N., & Munawaroh, H. (2025). Keterkaitan Regulasi Emosi dan Prestasi Akademik Siswa: Perspektif Psikologi Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 2(3), 229–237. Retrieved from https://journal.pipuswina.com/index.php/jippsi/article/view/167
Syafruddin, D., & Putri, D. A. (2023). Psikoedukasi Pengenalan Emosi Pada Siswa Kelas 4 SDI Baitut Taqwa Desa Belung, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Jurnal Karinov, 6(1), 54-59. https://doi.org/10.17977/um045v6i1p54-59
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Sekolah Dasar SD Negeri 4 Bilokka Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Diri Dalam Proses Pembelajaran PKn. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 11–29. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.325
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nina Irawan, Keysa Puspita Sari, Hesti Setyo Mardani, Fikri Hassan Rizqullah, Andry Hafiz Ramadhan, Nindy Monica Putri , Desma Tri Anggriani, Fatahurrazak Fatahurrazak

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



