IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TECHNO-SOCIOPRENEUR DENGAN MEMANFAATKAN KEANEKARAGAMAN HAYATI LOKAL GUNA MENDUKUNG PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMPN 42 BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.31629/jme.v8i1.7642Kata Kunci:
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Keanekaragaman Hayati, KewirausahaanAbstrak
Mitra dalam pelaksanaan PKM ini adalah SMPN 42 Bandar Lampung yang terletak di Jalan Pulau Pasaran, Kelurahan Kotakarang, Kecamatan Teluk Betung, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Permasalahan prioritas yang dihadapi mitra antara lain: 1). Masih rendahnya pengetahuan mitra terkait Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5); 2). Belum adanya pemanfaatan potensi keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar sekolah. Solusi yang ditawarkan tim PKM kepada mitra berdasarkan masalah prioritas yang harus ditangani adalah 1). Sosialisasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5); 2). Pelatihan pembuatan akuaponik. Tujuan PKM ini adalah 1). Meningkatkan pengetahuan mitra terkait Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5); 2). Pemanfaatan potensi keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar sekolah melalui pembuatan media akuaponik. Pelatihan ini dilaksanakan secara luring selama dua hari dengan melibatkan 15 peserta. Metode pelaksanaan PKM yaitu meliputi ceramah, sesi tanya jawab, diskusi kelompok, dan latihan praktis. Hasil kegiatan PKM ini berupa adanya peningkatan pengetahuan para guru terkait Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan menghasilkan 1 unit media akuaponik yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah dalam mendukung Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kewirausahaan.
Referensi
Anggraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian Akademik : Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran (1st ed.). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Jakarta. Retrieved from: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/Kajian_Pemulihan.pdf
BPPDPL. (2018). Policy Paper: FGD Pengelolaan Sampah Teluk Lampung. Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Lampung. Lampung. 10p.
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. (2025). Data Pokok SMP Negeri 42 Bandar Lampung. Data Pokok Pendidikan (DAPODIK). Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Retrieved from: https://dapo.kemendikdasmen.go.id/sekolah/4FE2E258F9FA8C035409
Herjayanto, M., Munandar, A., Pratama, G., Syamsunarno, M. B., Yanuarti, R., Ilhamdy, A. F., & Kurniawan, I. D. (2021). Gerakan Ketahanan Pangan melalui Budidaya Ikan dalam Ember dalam Menghadapi Pandemik Covid-19 di Desa Kareo, Kabupaten Serang. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 5(1), 7–13. https://doi.org/10.20961/prima.v5i1.43968
Imroatun, Mubin, N., & Rizqi, S. (2025). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Tema Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Project Market Day di SD Negeri 2 Kalibeber. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 2(3), 180-188. https://doi.org/10.62017/jppi.v2i3.4283
Melati, P. D., Rini, E. P., Musyaiyadah, M., & Firman, F. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil PelajaMelati, P. D., Rini, E. P., Musyaiyadah, M., & Firman, F. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikukulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas (SMA). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 2808–2819. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.6762
Munir, M., Yusuf, M., & Suwardana, H. (2020). Penguatan Teknik Budidaya Ikan Lele (Clarias sp) Sistem Kolam Terpal Berbasis Penyuluhan dan Pendampingan di Desa Patihan Kecamatan Widang Kabupaten Tuban. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram, 2(2), 21-26. https://doi.org/10.29303/amtpb.v2i2.53
Pratiwi, A. (2022). Kewirausahaan UMKM (Metode dan Implementasi Pemasaran UMKM). UNISRI Press. Surakarta.
Rini, D. S., Hasan, H., & Prasetio, E. (2018). Sistem Akuaponik dengan Jenis Tumbuhan yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Tengadak (Barbonymus scwanenfeldii). Jurnal Ruaya, 6(2), 14–20. https://doi.org/10.29406/rya.v6i02.1007
Satria, R., Adiprima, P., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Jakarta. 149p. Retrieved from: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf
Shobihah, H. N., Yustiati, A., & Andriani, Y. (2022). Produktivitas Budidaya Ikan Dalam Berbagai Konstruksi Sistem Akuaponik. Jurnal Akuatika Indonesia, 7(1), 34–41. https://doi.org/10.24198/jaki.v7i1.39441
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Warlani, L. (2019). Pengelolaan Sampah Plastik untuk Mitigasi Bencana Alam. Seminar Nasional FST Universitas Terbuka, 89-110. Retrieved from: https://repository.ut.ac.id/8865/1/20S0005.pdf
Zahra, N. N. A., Dewanti, A. K., Yona, D., Aliviyanti, D., Dewi, C. S. U., & Yamindago, A. (2024). Analisis Karakteristik Sampah Laut dan Tingkat Kebersihan di Pantai Sendang Biru dan Pelabuhan Perikanan Pondokdadap, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jurnal Ilmu Lingkungan, 22(4), 852–860. https://doi.org/10.14710/jil.22.4.852-860
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Arhan Rajab, Harmiansyah Harmiansyah, Tefur Nur Rohman, Chalida Syari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.