MENCIPTAKAN INOVASI BRAND DAN MEMPERLUAS PEMASARAN PRODUK OLAHAN DESA AIR GLUBI

Authors

  • Selvi Fauzar Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan, Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31629/jme.v4i2.4737

Keywords:

Menciptakan, Inovasi, Brand, Pemasaran, Produk Olahan

Abstract

Salah satu peran lembaga pendidikan tri dharma perguruan tinggi poin ke tiga yaitu “pengabdian kepada masyarakat” dimana program yang dibuat demi mewujudkan poin ketiga ini yaitu Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (KKN P2EM). Desa Air Glubi merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Bintan Pesisir, kabupaten Bintan yang berada di sekitar 6 mil dari ibu kota kabupaten Bintan dan luas wilayah Desa Air Glubi kurang lebih 1800 Ha, Adapun tujuan dari kegiatan KKN P2EM ini ialah untuk menciptakan inovasi brand yang menarik dan memperluas pemasaran produk olahan yang ada di Desa Air Glubi dengan menggunakan metode sosialisasi. Sosialisasi yang diberikan yaitu apa saja yang diperhatikan pada saat membuat suatu brand, logo, packaging serta kemasan produk. Dan mempromosikan produk melalui WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Dari desa tersebut dapat dilihat kurangnya antusias warga khususnya laki-laki dalam berbisnis serta peserta KKN yang masih sangat minim pengetahuan tentang inovasi dan perluasan pasar. Peserta KKN perlu mengetahui bahwa inovasi dan pemasaran merupakan salah satu faktor yang penting juga selain rasa produk dan packaging.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini N. 2014. Pengolahan Tepung Ubi Jalar dan Produk–produknya untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pedesaan. [Tesis]. Sekolah Pascasarjana IPB. Bogor.

Fauzar S. 2021. Pemberdayaan Potensi Alam dan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Perekonomian Pada Desa Air Glubi. Journal of Maritime Empowerment. 4(1): 19-23. https://doi.org/10.31629/jme.v4i1.3904

Hamzah UB. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara. Jakarta.

Kotler P, & Keller K. 2012. Marketing Management. 13 New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Zakaria AA. 2012. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. PT. Prenhalindo. Jakarta.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Fauzar, S. . (2022). MENCIPTAKAN INOVASI BRAND DAN MEMPERLUAS PEMASARAN PRODUK OLAHAN DESA AIR GLUBI. Journal of Maritime Empowerment, 4(2), 43–47. https://doi.org/10.31629/jme.v4i2.4737