PEMANFAATAN INTERNET SEHAT MENUJU GENERASI UNGGUL DI ERA MILENIAL

Authors

  • Adji Suradji Muhammad Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • Imam Yudhi Prastya Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31629/jme.v2i2.2402

Keywords:

Internet Sehat, Literasi, Pelajar

Abstract

Perkembangan informasi dan komunikasi melalui teknologi saat ini begitu cepat, sehingga tidak mengenal batas wilayah dan batas privasi. Perkembangan teknologi tersebut juga memicu hadirnya media baru yang dikenal dengan Media Sosial. Media sosial pada umumnya adalah media yang digunakan untuk bersosialisasi atau berhubungan, baik secara personal maupun impersonal antar penggunanya. Beberapa aplikasi media sosial yang ada saat ini antara lain adalah WhatsApp, Facebook, Twiter, Blackberry Massager, Path, Skype, Instagram SNS dan Communication Network. Secara garis besar media sosial dan jaringan sosial menggunakan sistem yang sama yaitu media daring yang terhubung dengan internet. Pada media sosial dan jaringan sosial, ada banyak orang yang saling terhubung satu sama lain tanpa dibatasi dengan batas fisik seperti geografis, ruang, bahkan waktu dengan tujuan untuk saling berkomunikasi, berbagi sesuatu, berpendapat, menjalin komunikasi yang lebih intens. Sehingga banyak mengakibatkan timbulnya hubungan yang tidak sesuai dengan norma dan etika ditengah-tengah masyarakat. Tujuan diadakannya kegiatan literasi media adalah dalam rangka melindungi masyarakat (terutama pelajar) dari pengaruh negatif media sosial serta menciptakan audiens yang kritis. Kegiatan ini merupakan hal baru yang signifikansi dan daya Tarik tersendiri sehingga perlu dilakukan sosialisasi. Kegiatan tentang literasi media sosial dalam tataran konkret dilaksanakan dengan metode turun kelapangan yaitu mengunjungi sekolah. Tiga aspek dasar program literasi yaitu: Pertama, pembentukan aspek kognitif dalam pengetahuan menggunakan media sosial di kehidupan sehari-hari.  Kedua, pembentukan aspek afektif dalam pembentukan pribadi yang bertanggungjawab sebagai generasi penerus bangsa. Ketiga, pembentukan aspek psikomotorik (keterampilan siswa) yang menjadikan siswa tanggap dan kreatif dan cerdas dalam menggunakan media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreini, N. M., Nasir, B. M. S., & Noor, I. L. S. S. M. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Twitter di Kalangan Pelajar SMK Negeri 5 Samarinda. Sosiologi, 4(2), 239–251. Retrieved from https://ejournal.sos.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/06/02_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_genap-1 (06-16-16-07-26-19).pdf

Asniati.et.all. (2020). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Kenakalan Remaja (Siswa). Jurnal Bening, 4, 17–26. Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/bening/article/view/10485/7354

Dewi, N. (2011). Hubungan Antara Kecanduan Internet dan Kecemasan Dengan Insomnia Pada Mahasiswa S1 FK UNS Yang Sedang Skripsi. Surakarta: UNS Press.

Dewi, N., & Trikusumaadi, S. K. (2017). Bahaya Kecanduan Internet dan Kecemasan Komunikasi terhadap Karakter Kerja Sama pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 43(3), 220. https://doi.org/10.22146/jpsi.16829

Hidayanto, F., & Zidni Ilmi, M. (2015). Pentingnya internet sehat. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(1), 21–24.

Maryono dan Istiana. (2007). Pemanfaatan Internet Dan Dampaknya Pada Pelajar Sekolah Menengah Atas Di Surabaya. Libri-Net, 3(1), 407–412. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/filerPDF/ln5ba2011865full.pdf

Nugraha, A. (2018). Edukasi Internet Sehat dan Aman. Pelita Ilmu, 1(1), 22–32. Retrieved from http://jurnal.stiapembangunanjember.ac.id/index.php/pelitailmu/article/view/94/120

Rofadhilah, Taufik, O. A., & Hakim, L. (2018). Dampak Penggunaan Teknologi Internet Terhadap Di Jakarta Utara. Jisamar, 2(1), 25–46.

Rosyidah, R. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penyimpangan Perilaku Pada Siswa. Millah, XIV(2), 47–66. https://doi.org/10.20885/millah.volxiv.iss2.art3

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur, 513–521. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/9144

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Adji Suradji Muhammad, & Imam Yudhi Prastya. (2020). PEMANFAATAN INTERNET SEHAT MENUJU GENERASI UNGGUL DI ERA MILENIAL. Journal of Maritime Empowerment, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.31629/jme.v2i2.2402