ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 PADANG

Authors

  • Rina Anjarwati Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Silvia Marni Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rina Sartika

DOI:

https://doi.org/10.31629/jermal.v3i1.4864

Keywords:

analisis, kebutuhan pembelajaran, membaca kritis

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan pendidikan di sekolah, terutama pada sekolah penggerak yang seharusnya dapat mencapai tujuan belajar yang maksimal terkait literasi dan numerasi sesuai dengan AKM sekolah penggerak yaitu kebutuhan siswa terhadap pembelajaran membaca kritis, dalam hal ini analisis kebutuhan guru juga dipertimbangkan guna mengatasi kesenjangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan pembelajaran membaca kritis baik kebutuhan siswa maupun kebutuhan guru. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena berusaha untuk menggambarkan kebutuhan belajar siswa khususnya pada penguasaan pengetahuan baru yaitu pembelajaran membaca kritis. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh 75% siswa dan 80% guru membutuhkan sumber pembelajaran membaca kritis, 76% siswa dan 83% guru membutuhkan media pembelajaran membaca kritis, serta 57% siswa dan 75% guru membutuhkan metode pembelajaran membaca kritis.
Kata Kunci : analisis, kebutuhan pembelajaran, membaca kritis

References

Abdullah, Ramli. 2012. “Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar.” XII(2):216–31.

Alfiriani, Adlia. 2017. “Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran TI.” Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM 2:1–12.

Da, Feniaren. 2018. “Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Kelas Rendah.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1):11–21.

Fitriani*, Windi, Suwarjo Suwarjo, and Muhammad Nur Wangid. 2021. “Berpikir Kritis Dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 9(2):234–42. doi: 10.24815/jpsi.v9i2.19040.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Framework AKM 2021. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Moelong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitataif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” 11(1):9–16.

Rismansyah. 2011. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang.” Media Wahana Ekonomika 8:16–31.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.

Downloads

Published

2022-10-09

How to Cite

Anjarwati, R., Marni, S., & Sartika, R. . (2022). ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 PADANG. Jermal, 3(1), 264–274. https://doi.org/10.31629/jermal.v3i1.4864