MORAL VALUES IN NOVEL MOON IN PADANG CINTA KARYA FAHRI ASIZA

  • Dwi Mutia Chan Universitas Ekasakti Padang
Keywords: nilai moral, novel Rembulan di Padang Cinta

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh informasi-informasi tentang nilai-nilai moral bagi kehidupan manusia. Nilai-nilai moral dapat memperkaya batin dan pengalaman baru bagi manusia.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral dalam novel Rembulan di Padang Cinta karya Fahri Asiza. Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif untuk melihat dan mendeskripsikan data yang ada dalan novel Rembulan di Padang Cinta karya Fahri Asiza yang terurai dalam bentuk kata-kata, bukan dalam bentuk angka-angka. Data dan sumber data penelitian ini adalah novel Rembulan di Padang Cinta karya Fahri Asiza. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tahapan membaca dan memahami sekaligus menandai aspek-aspek moral yang terdapat dalam novel Rembulan di Padang Cinta karya Fahri Asiza dan menginventarisasi data tersebut ke dalam format inventarisasi data. Selanjutnya, dianalisis dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis data berdasarkan konsep nilai-nilai moral. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan dari nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Rembulan di Padang Cinta, yaitu (1) Nilai moral hati nurani, berkaitan erat dengan kenyataan bahwa manusia mempunyai kesadaran dalam melakukan sesuatu. (2) Nilai moral kebebasan dan tanggung jawab, setiap manusia memiliki kebebasan dan bertanggung jawab terhadap kebebasan tersebut.  (3) Nilai moral hak dan kewajiban, manusia sebagai makhluk sosial tidak lepas dari hak dan kewajiban baik terhadap sesama maupun terhadap diri sendiri. (4) Nilai moral tentang nilai dan norma, baik dan buruk nilai dan norma tergantung baik dan buruknya perbuatan seseorang. Memahami aspek-aspek yang menjadi masalah pada novel ini dapat menambah pengalaman pembaca terhadap variasi permasalahan moral yang dialami dalam kehidupan mayarakat. Setiap tingkah laku manusia dipengaruhi nilai-nilai moral dalam kehidupannya yang mengantarkan orang kepada tingkat yang baik dalam kehidupan.

References

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Asiza, P. (2005). Rembulan di Padang Cinta . Penulis Asiza, Fahri. Tahun terbit 2005. Kota Jakarta Penerbit Gema Insani. 2005.

Atmazaki. (2011). Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. 129, 4.

Bertens. 2004.pdf. (n.d.).

Nurgiyantoro, B. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. 347.

Padang, D. I., Karya, C., & Asiza, F. (n.d.). Abstract This research is motivated by information about moral values for human life . Moral values can enrich the mind and new experiences for humans . This study aims to describe the moral values in Fahri Asiza ’ s novel Rembulan di Padang Cinta . The r.

Rohman, S., & Wicaksono, A. (2018). Tentang Sastra : Orkestrasi Teori dan Pembelajarannya. Garudhawaca, 302.

Sugiarti, E. F. (2018). PERSPEKTIF ETIK DALAM PENELITIAN SASTRA: Teori dan Penerapannya. 163.

Published
2020-11-23
How to Cite
Chan, D. M. (2020). MORAL VALUES IN NOVEL MOON IN PADANG CINTA KARYA FAHRI ASIZA. Jermal, 1(2), 106-117. https://doi.org/10.31629/jermal.v1i2.2733