KEARIFAN LOKAL CERITA RAKYAT MASYARAKAT KABUPATEN KARIMUN KEPULAUAN RIAU

Authors

  • Julian Anggar Kesuma Siregar, Abdul Malik, Dian Lestari

DOI:

https://doi.org/10.31629/jermal.v1i1.2105

Keywords:

Kearifan lokal, cerita rakyat, Karimun, Kepulauan Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kearifan lokal yang terefleksi dalam cerita rakyat masyarakat Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Objek penelitian adalah cerita rakyat masyarakat Kabupaten Karimun yang didapatkan dari Informan. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, perekaman pencatatan, wawancara, dan pengalihan wacana. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil analisis data yang diperoleh dari cerita rakyat masyarakat Kabupaten Karimun Kepulauan Riau (Legenda Tanjung Gelam dan Tanjung Rambut, Kari Ikan Mentimun, dan Leban Bertuah) ditemukan kearifan lokal yang terefleksi berupa: pandangan hidup (filosofi), sikap hidup sosial, nasihat, iktibar, prinsip, norma, tata aturan sistem sosial, kebiasaan dan perilaku sehari-hari dalam pergaulan sosial.

References

Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Malik, Abdul. 2016. Penelitian Deskriptif untuk Bidang Prndidikan, Sastra,dan Sosial-Budaya.Tanjungpinag. FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Malik, Abdul. 2018. Materi Kuliah Penalitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Tanjungpinang. FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Rasyidin, Al., dkk. 2009. “Penyerapan Nilai-nilai Budaya Lokal dalam kehidupan beragama di Medan: Studi tentang Budaya Lokal di Medan” dalam Afii dan Bahri, Saeful. Harmonisasi Agama dan Budaya Di Indonesia. Jakarta: Balitbang Kemenag.
Sibarani, Robert. 2012. Kearifan Lokal (Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan). Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan (ATL).
Suhardi. 2011. Sastra Kita, Kritik, dan Lokalitas. Depok: Komodo Books.
Suhardi. 2017. “Analisis Nilai-Nilai Budaya (Melayu) Dalam Sastra Lisan Masyarakat Kota Tanjungpinang”.
Dikutip dari http://journal.unnes.ac.id Lingua/article/view/8755.
Suhardi. 2018. “Nilai Budaya Minangkabau Dalam Cerpen ‘Cimuntu Lansie’ Karya Wisran Hadi”. Dikutip dari http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id hp/is/article/view/810.
Suhartono., dkk. 2010. Cerita Rakyat di Pulau Mandangin: Kajian Struktural Antropologi Claude Lévi Strauss. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya: Vol 23, Nomor 4, hlm. 304-311.

Downloads

Published

2020-03-10

How to Cite

Julian Anggar Kesuma Siregar, Abdul Malik, Dian Lestari. (2020). KEARIFAN LOKAL CERITA RAKYAT MASYARAKAT KABUPATEN KARIMUN KEPULAUAN RIAU. Jermal, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.31629/jermal.v1i1.2105

Issue

Section

Articles