Efektifitas Rehabilitasi Hutan Mangrove di Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau

  • Diana Azizah Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Indonesia 29111
  • Yales Veva Jaya Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Indonesia 29111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung tingkat efektifitas kegiatan rehabilitasi penanaman bibit mangrove di Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Metode yang dilakukan mengacu pada P-Dirjen BPDAS dan Hutsos No.P.1/V-SET/2013.  Efektifitas dihitung dalam satuan persentase yang meliputi pengukuran luas tanaman, jumlah dan jenis tanaman serta persentase tumbuh tanaman sehat. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan di Kelurahan Tanjung Ayun, maka hasil penanaman bibit mangrove pada seluas 50 Ha area rehabilitasi selama penanaman awal (P0) hingga tahun berikutnya (P1) dengan jenis tanaman yang berhasil adalah Rhizophora sp dan rataan nilai keberhasilan tumbuh tanaman sehat yang efektif adalah 75,89%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa efektifitas keberhasilan kegiatan rehabilitasi mangrove di Pulau Dompak memperoleh kategori baik dan berhasil.

References

Hendri, 2012. Struktur Vegetasi Mangrove Pesisir Perairan Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang. Universitas Maritim Raja Ali Haji, 100 hal.
Kementerian Kehutanan Direktorat Jenderal Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, 2013. Peraturan Direktorat Jenderal Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Perhutanan Sosial No. P.1/V-SET/2013 tentang Petunjuk Teknis Kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan. Jakarta. 69 Hal.
Pusat Penelitian Sumberdaya Pesisir dan Laut Universitas Maritim Raja Ali Haji, 2013. Laporan Penilaian RHL Mangrove di Dompak, Kota Tanjungpinang. Kerjasama dengan BPDAS Kepulauan Riau, 24 hal.
Pusat Penelitian Sumberdaya Pesisir dan Laut Universitas Maritim Raja Ali Haji, 2014. Laporan Penilaian RHL Mangrove di Dompak, Kota Tanjungpinang. Kerjasama dengan BPDAS Kepulauan Riau, 18 hal.
Published
2017-11-30
How to Cite
Azizah, D., & Jaya, Y. V. (2017). Efektifitas Rehabilitasi Hutan Mangrove di Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Akuatiklestari, 1(1), 21-26. https://doi.org/10.31629/akuatiklestari.v1i1.2356