Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer



TENTANG JURNAL AKUATIKLESTARIJurnal Akuatiklestari adalah jurnal ilmiah yang dikelola Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji yang diterbitkan secara elektronik. Jurnal Akuatiklestari memiliki filosofi mengenai Pengelolaan Sumberdaya Perairan agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dan ramah lingkungan. Jurnal Akuatiklestari terbit dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan November, dengan setiap terbitan terdiri atas 5 - 8 artikel.

Jurnal Akuatiklestari mempublikasikan naskah penelitian yang memiliki fokus pada bidang Manajemen Sumberdaya Perairan meliputi biologi perikanan, ekologi perairan, pencemaran perairan, pengkajian stok ikan, konservasi perairan, produktivitas perairan, lingkungan perairan, ekowisata perairan, pengolahan limbah, pengelolaan sumberdaya perikanan, dan pengelolaan sumberdaya perairan.

FOKUS DAN CAKUPANJurnal Akuatiklestari mempublikasikan naskah penelitian yang memiliki fokus pada bidang Manajemen Sumberdaya Perairan meliputi : biologi perikanan, ekologi perairan, pencemaran perairan, pengkajian stok ikan, konservasi perairan, produktivitas perairan, lingkungan perairan, ekowisata perairan, pengolahan limbah, pengelolaan sumberdaya perikanan dan pengelolaan sumberdaya perairan.

FREKUENSI PUBLIKASIJurnal Akuatiklestari diterbitkan dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan Bulan November oleh Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia. Artikel yang dimuat tiap terbitan berjumlah 5 - 8 artikel.

Edisi Mei:
Submission Deadline : 31 Maret
Notification of Acceptance : 15 April
Publish : 30 Mei

Edisi November:
Submission Deadline : 31 September
Notification of Acceptance : 15 Oktober
Publish : 30 November

PROSES PEER REVIEWArtikel yang diserahkan ke Jurnal Akuatiklestari akan melalui proses sebagai berikut :

  • Proses review dilakukan oleh reviewer eksternal/mitra bestrai yang ahli dalam bidang sesuai pada section focus and scope
  • Setiap artikel dilakukan review dengan teknik double blind-review (nama author disamarkan, nama reviewer tidak disajikan)
  • Proses review paling cepat dalam kurun waktu 2 minggu
  • Selama proses submit, review, revisi, resubmit dan production, author akan diinformasikan via email

KEBIJAKAN AKSES TERBUKAJurnal Akuatiklestari merupakan jurnal yang melakukan publikasi secara berkala dan menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa publikasi tersedia secara bebas untuk mendukung pertukaran pengetahuan global yang besar, khususnya dalam bidang Manajemen Sumberdaya Perairan dan umumnya pada bidang Kelautan dan Perikanan.

Manfaat akses terbuka ke penulis, antara lain:

  • Akses gratis untuk semua pengguna di seluruh dunia
  • Penulis dapat mempertahankan hak cipta untuk pekerjaan mereka
  • Tingkatkan visibilitas dan jumlah pembaca publikasi cepat
  • Tidak ada kendala.

BIAYA PEMROSESAN ARTIKELSetiap penulis yang mengirimkan dan mempublikasikan artikel pada Jurnal Akuatiklestari :
1. Tidak dikenakan biaya Pengiriman (Free Submission Charge)
2. Dibebaskan biaya pemrosesan artikel (editting, reviewing, publishing) (Free Article Processing Charges (APCs))

Jurnal ini tidak membebankan biaya kepada penulis (Author Fees), antara lain :
Pengiriman Artikel (Article Submission): 0,00 (IDR)
Penulis tidak dikenakan biaya Pengiriman Artikel (Article Submission) sebagai bagian dari proses pengiriman.

Ulasan Jalur Cepat (Fast-Track Review): 0,00 (IDR)
Penulis tidak dikenakan biaya pada Ulasan Jalur Cepat (Fast-Track Review). Proses ulasan, keputusan editorial, dan pemberitahuan penulis pada naskah ini dijamin akan berlangsung dalam waktu 4 minggu.

Publikasi Artikel (Article Publication): 0,00 (IDR)
Jika makalah ini diterima untuk publikasi, Penulis tidak diminta untuk membayar Biaya Publikasi Artikel (Article Publication).

Jika penulis menginginkan dalam versi cetak, maka penulis akan dibebankan biaya cetak dan biaya pengiriman.

INFORMASI DOI JURNALJurnal Akuatiklestari telah terdaftar dalam Crossref sehingga informasi Jurnal, terbitan, dan artikel termuat dalam Crossref Metadata sehingga mudah ditelusuri. Jurnal Akuatiklestari memiliki DOI sebagai berikut https://doi.org/10.31629/akuatiklestari.

Klik Crossref Metadata Search untuk melihat informasi Jurnal Akuatiklestari, terbitan, dan artikel-artikel dalam database Crossref. 



KONTAK JURNALProgram Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji Senggarang

Jl. Politeknik Senggarang Telp. (0771) 4500097 ; Fax (0771) 4500097 PO BOX 155 - Tanjungpinang 29111
Website : https://msp.fikp.umrah.ac.id/
Email : akuatiklestari@umrah.ac.id ; msp@umrah.ac.id

Principal Contact

Susiana, S.Pi., M.Si.
Pemimpin Redaksi
Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan UMRAH
Phone +628114038389

Support Contact
Dedy Kurniawan, S.Pi., M.Si.
Phone +6285272140171
dedykurniawan@umrah.ac.id