PELATIHAN INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMKN 3 TANJUNGPINANG

Authors

  • Hollanda Arief Kusuma Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Tonny Suhendra Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Anton Hekso Yunianto Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Tauriq Fuji Nur Akbar Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Hardiansyah Hardiansyah Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v3i1.5539

Keywords:

Pelatihan IoT; Peningkatan Kompetensi; Buku Panduan

Abstract

Pelatihan IoT telah dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kompetensi guru SMKN 3 Tanjungpinang dalam mendukung pembelajaran. Pelatihan dilakukan dengan metode transfer knowledge dan training of trainer, dalambentuk pelatihan dan hands-on training. Pelatihan berfokus pada board ESP 8266, aplikasi Arduino IDE, Wemos D1 Mini Board, dankomponen terkait lainnya. Para guru juga diajari cara upload firmware, membaca data dari sensor DHT11, dan menampilkannya di LCD. Dalam tes akhir, para guru menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi pelatihan. Hasilnya, sebuah buku panduan telah dihasilkan dan dapat diunduh secara online. Buku panduan ini diharapkan dapat membantu siapa saja yang tertarik dengan pemrograman IoT, terutama bagi mereka yang belum memiliki pengalaman di bidang ini. Kegiatan PKM ini memberikan manfaat bagipara guru SMKN 3 Tanjungpinang serta memberikan kontribusi dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang pemrograman IoT melalui publikasi buku panduan. Kegiatan PKM ini dapat dijadikan contoh untuk meningkatkan kompetensi danpengetahuan dalam berbagai bidang serta memperkaya wawasan dan pengetahuan masyarakat.

References

Arafat, Ika, D., & Rahmah, Nu. A. (2020). Pelatihan Alat Monitoring Untuk Pengendali Suhu Dan Kelembaban Greenhouse Pada SMK PP Negeri Banjarbaru. 178–185.

Imandiar, Y. (2021). Kemendikbud Rombak Kurikulum SMK, Ini 5 Aspek Perubahannya. https://news.detik.com/berita/d-5327323/kemendikbud-rombak-kurikulum-smk-ini-5-aspek-perubahannya

Khodadadi, F., Dastjerdi, A. V., & Buyya, R. (2016). Internet of Things: an overview. In R. Dastjerdi & B. A. Vahid (Eds.), Internet of Things (pp. 3–27). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-805395-9.00001-0

Khurniawan, A. W. (2020). Mencermati Kembali, Anomali Angka Pengangguran SMK di Indonesia. https://smk.kemdikbud.go.id/konten/4770/mencermati-kembali-anomali-angka-pengangguran-smk-di-indonesia

Setiadi, H. (2019). TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0?: PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SMK. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 395–401.

Srilaksmi, N. K. T., & Indrayasa, K. B. (2020). Inovasi Pendidikan Dalam Peningkatan Strategi Mutu Pendidikan. Pusat Penjaminan Mutu, 1(1), 28–35. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurnalmutu/article/view/896

Yonanda, A., Harmen, H., Risano, A. Y. E., Prayitno, H., Riszal, A., & Martinus, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Karya Teknologi Sederhana Menggunakan Mikrokontroler Arduino Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa SMA Al-Husna Bandar Lampung. Nemui Nyimah, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.23960/nm.v2i1.28

Published

2023-06-26

How to Cite

Arief Kusuma, H., Suhendra, T., Yunianto, A. H., Akbar, T. F. N., & Hardiansyah, H. (2023). PELATIHAN INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMKN 3 TANJUNGPINANG. Takzim : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 55–62. https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v3i1.5539