PENDAMPINGAN APARATUR DESA DALAM PENYUSUNAN ALUR PELAYANAN PUBLIK DESA DUARA KABUPATEN LINGGA

Authors

  • Okky Rizki Azizi Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Chaereyranba Sholeh Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Edison Edison Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v3i1.5072

Keywords:

Pendampingan Aparatur Desa, Pelayanan Publik, Standar Pelayanan Desa

Abstract

Dalam proses penyediaan layanan pada kenyataannya masih banyak pelayanan yang tidak baik atau kurang bersifat transparan kepada masyarakat. Kasus-kasus yang berkaitan dengan buruknya pelayanan publik dapat ditemukan contohnya pada beberapa instansi, seperti mental aparat yang kurang simpatik, adanya korupsi, kolusi dan nepotisme. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan bagi aparatur desa untuk mewujudkan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya Desa Duara Kabupaten Lingga. Gagasan yang diusung dalam pengabdian masyarakat ini adalah memberikan edukasi kepada aparatur pemerintahan desa untuk menyusun alur pelayanan publik di pemerintahan Desa Duara Kabupaten Lingga. Metode pelaksanaan dalam pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dengan melakukan kegiatan peningkatan kapasitas melaluiedukasi ilmiah dan pendampingan penyusunan alur pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik pemerintahan desa. Dalam pemberian pendampingan, aparatur desa melakukan diskusi serta simulasi dalam pelaksanaaan penyusunan alur pelayanan publik terhadap masyarakat desa. Pada tahap akhir kegiatan pengabdian ini melakukan evaluasi dampak yang ditimbulkan untuk dinilai kontribusinya pada peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan Desa Duara dalam mendukung peningkatan Pelayanan Publik Desa Duara Kabupaten Lingga.

References

Armasyah, A. Y. (2022). Analisis Kinerja Aparatur Desa Pada Kualitas Pelayanan Masyarakat Di Desa Busung Kabupaten Bintan . Jurnal Manajemen .

Batubara, S. S. (2022). Efektivitas Kinerja Aparatur Pemerintah Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik . Jurnal Pembangunan Perkotaan , 43-47.

Diana Natalia Ganda, D. M. (2017). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Studi Kasus di Desa Watudambo Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Unsrat, 1-10.

Fatmasari, D. (2020). Peran Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Pada Desa Teluk Kepayang Tanah Bumbu. Eprints Uniska , 1-11.

Karlina, R. (2021). Manajemen Publik Kantor Desa Pemarunan Dalam Memberikan Pelayanan Satu Atap Kepada Masyarakat Studi Kantor Desa Pamaruan, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau. Jurnal UPR.

Novianty Djafri, S. Q. (2018 ). Manajemen Administrasi Desa Dalam Peningkatan Pelayanan Aparatur Desa Di Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.

Ratminto, & Winarsih, A. (2005). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Satria, A. (2021). Pemberdayaan SDM Aparatur Pemerintahan Desa. Proceeding Seminar Bisnis Seri V, (pp. 1-11). Pontianak.

Sekti, A. (2019). Manajemen Pemerintahan Desa . Scribd .

U, D. (2014). Peningkatan Kapasitas Aparat Desa Timbulharjo Kecamatan Sewon Dalam Pemberian Pelayanan Prima kepada Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional FIS UNY. Yogyakarta.

Published

2023-06-19

How to Cite

Azizi, O. R., Sholeh, C., & Edison, E. (2023). PENDAMPINGAN APARATUR DESA DALAM PENYUSUNAN ALUR PELAYANAN PUBLIK DESA DUARA KABUPATEN LINGGA. Takzim : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 28–39. https://doi.org/10.31629/takzimjpm.v3i1.5072